Cara Menghapus File Google Drive yang Penuh

0

Google Drive adalah salah satu produk google yang bisa kalian pakai untuk keperluan penyimpanan secara online. Google Drive biasanya dipakai untuk melakukan backup data-data dari smartphone atau komputer.

Google Drive dipakai banyak orang sebab beberapa alasan seperti kecepatan download, ruang penyimpanan 15gb gratis dan masih banyak lainnya.

Di samping itu untuk menambah kapasitas pada Google Drive kalian dapat membelinya. Google Drive support banyak file atau dokumen seperti foto, video, software dan lainnya.

Google Drive cocok dipakai kalau kalian mempunyai data-data yang penting dan untuk menjaga kehilangan atau kerusakan yang disebabkan oleh virus pada komputer atau smartphone kalian.

Baca Juga : Cara Mengatasi Limit Google Drive dengan Mudah

Google Drive juga dapat diakses dimana saja dan hanya memakai Google mail atau Gmail. Sebab untuk free user penyimpanan dibatasi hanya sekitar 15gb, maka kalian tidak dapat menyimpan file banyak dengan ukuran besar. Jika tidak Google Drive akan penuh.

Tapi tenang saja kalau Google Drive sudah penuh kalian dapat menghapus beberapa file bahkan semua file sekaligus.

Cara Menghapus File Google Drive yang Penuh

Kalaian harus tahu kalau penyimpanan Google Drive disatukan oleh beberapa produk google lainnya seperti Google email atau gmail, Google Photos dan Google Drive. Untuk menghapus atau mengosongkan Google Drive sampai benar-benar kosong kalian dapat mengikuti langkah yang saya bagikan berikut.

Pertamanya, kalian buka browser dan akses website Google Drive https://drive.google.com/

Apabila kalian sudah login, nanti kalian akan melihat semua file yang kalian punya di google drive jika berhasil login.

Selanjutnya, kalian blok semua file yang ingin kalian hapus dengan menekan tombol keyboard CTRL + A. Setelah itu lakukan penghapusan dengan menekan icon berbentuk tong sampah pada bagian kanan atas.

Baca Juga : Cara Upload File di Google Drive

READ  Cara Menjadi Youtuber Sukses Dengan 10 Langkah Mudah

Kemudian kalian akses menu Trash yang ada pada sidebar kiri. Lalu blok semua file dengan CTRL + A dan klik kembali icon tong sampah tersebut.

Dengan cara ini maka kalian sudah menghapus semua file yang ada di Google Drive secara permanen.

Baca Juga : Cara Berbagi Link Download Google Drive

Berikutnya, untuk benar-benar mengosongkan google drive kalian harus menghapus beberapa pesan yang ada pada google mail atau gmail.

Kalian bisa login ke google email atau gmail.com, kemudian cari email yang ingin dihapus. Kalai ingin menghapus secara keseluruhan silahkan klik tanda kotak di atas sampai muncul tanda centang. Lalu klik icon tong sampah untuk menghapus. Jangan lupa bersihkan juga pada bagian atau menu trash. Setelah itu tap opsi menu trash pada bagian sidebar kiri. Pilihlah semua email dengan menekan kotak paling atas sampai muncul icon centang. Terakhir, kalian tekan tombol Delete Forever, untuk menghapus sampah selamanya.

Menghapus Beberapa File Google Photos

 

Langkah berikutnya, kalian akan menghapus beberapa file atau foto yang ada di Google photos untuk benar-benar mengosongkan Google Drive.

Caranya mudah. Kalian tinggal buka website photos.google.com dan pastikan kalian sudah login. Lalu centang seluruh foto yang tidak perlu dan ingin dihapus. Setelah itu kalian akan melihat icon tong sampah di atas kanan dan klik

Baca Juga : Cara Dwonload File di Google Drive

Cara di atas bisa kalian pakai di komputer atau laptop memakai browser, untuk pengguna android atau iOS kalian bisa melakukan langsung di smartphone.

Kalian bisa memakai browser atau mendownload langsung aplikasi yang sudah tersedia seperti Google Drive, Google Photos, Google Mail atau Gmail.

Umumnya untuk pengguna android aplikasi tersebut sudah secara otomatis ada, karena memang Android juga menjadi produk dari Google.

Itu tadi beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghapus Google Drive yang sudah penuh. 

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.