Cara Menghapus Virus dengan CMD

0

Apakah kalian tahu cara menghapus virus dengan CMD? Ya. Virus memang menjadi musuh utama para pengguna laptop dan komputer.

Apabila kalian adalah salah satu pengguna dari kedua perangkat tadi dan cukup sering berurusan dengan virus, maka cara menghapus virus dengan memakai CMD bisa menjadi salah satu solusi yang cukup efektif.

CMD adalah singkatan dari Command Prompt yang menjadi baris perintah penerjemah yang disediakan oleh Microsoft pada OS/2. Salah satu fungsi dari CMD adalah membantu pengguna komputer untuk melindungi perangkatnya dari penyebaran virus lewat media flashdisk.

Cara hapus virus dengan CMD ini bisa dikatakan cukup mudah. Sebab, penyebaran virus lewat flashdisk yang dipasang dari komputer umum menjadi kasus yang paling sering terjadi. 

Yang terjadi kemudian, komputer atau laptop yang kalian pakai biasanya akan langsung terkena virus shortcut. Kalau sudah begini, kinerja komputer kalian pun akan terganggu. Lalu bagaimana cara menghapus virus dengan CMD yang benar?

Cara Menghapus Virus dengan CMD Pertama

Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan dengan cara ini, Gaes. 

Langkah awal, kalian perlu menampilkan program Command Prompt (CMD) lebih dulu. Caranya dengan menekan tombol Windows +R dengan memakai keyboard.

Program CMD ini juga bisa dibuka dengan cara yang lain, yaitu dengan mengklik menu start lalu ketikkan cmd pada kolom “search program and files”.

Apabila program CMD sudah ditampilkan pada layar perangkat yang diapakai, maka langsung klik saja.

Kemudian, program Command Prompt (CMD) terbuka, ketikan cd/ dan langsung tekan enter.

Langkah selanjutnya, ketikan nama drive yang akan dicek dengan memakai CMD. Contohnya, jika kalian ingin mengecek drive C apakah terkena virus atau tidak, maka ketikan C: lalu tekan enter.

Setelah itu, ketik attrib dan tekan enter lagi.

Pada tahap terakhirnya, kalian bisa langsung mengecek model file-file yang muncul.  Bila kalian menemukan nama file yang aneh atau mencurigakan, maka kalian bisa langsung menghapusnya dengan mengetikkan DEL pada lokasi virus yang terdeteksi.

Cara menghapus virus dengan command prompt pertama ini memungkinkan kalian untuk melihat nama-nama file yang ada di perangkat terlebih dahulu.

Dengan begitu maka diperlukan analisis yang kuat untuk mengetahui sebuah file bisa dikategorikan sebagai virus atau tidak. Jika kalian yakin file mana yang merupakan virus maka langsung bisa dihapus. 

Cara Menghapus Virus dengan CMD Kedua

Pertamanya, tampilkan program Command Prompt (CMD) dengan cara menekan tombol Windows + R atau bisa juga dengan mengklik menu Start lalu ketikkan cmd pada kolom search.

Setelah program ini muncul, kalian perhatikan kolom state. Jika ada tulisan LISTENING, maka komputer ada di kondisi yang aman. Tetapi, jika kalian melihat tulisan ESTABILISHED, maka komputer kemungkinan sudah terinfeksi oleh virus.

Cara mengatasinya adalah dengan memakai Task Manager dan klik tab service. Lalu buka aplikasi Task Manager untuk mencocokkan PID di CMD yang bermasalah dengan PID yang ada pada aplikasi tersebut.

Kalian bisa langsung Klik kanan lalu klik opsi Stop Service. Selesai.

Cara yang kedua ini memang mungkin sedikit lebih rumit dari cara pertama, terutama bagi mereka yang baru pertama kali memakai program CMD untuk menghapus virus pada komputer ataupun laptop. Akan tetapi, jika seluruh prosesnya dilakukan dengan hati-hati dan benar tentu menghapus virus sendiri di rumah dengan memakai program CMD bisa sukses dilakukan.

Ternyata mudah bukan? tak perlu waktu lama untuk membasmi viurs di perangkat kalian.

Apalagi cara ini sangat efektif untuk menghapus virus shortcut yang sering menyembunyikan file atau folder-folder penting di komputer kalian.

Itu tadi cara menghapus virus dengan CMD. Semoga bermanfaat untuk kalian ya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.