Cara Menghemat Baterai Xiaomi

0

Smartphone saat ini seperti kebutuhan primer. Semua orang membutuhkannya. Akhirnya mereka berlomba-lomba mencari smartphone murah dengan spesifikasi sesuai kebutuhan mereka. Misalnya smartphone Xiaomi.

Yang jadi masalah kemudian, Xiaomi yang menerapkan baterai tanam ini sering sekali baterainya cepat panas. Kalian pun harus mengontrol kondisi baterai. Pengendalian secara rutin misalnya kalian pakai suatu aplikasi untuk memantau kondisi, kesehatan dan peforma baterai tanam xiaomi.

Memang masih tak banyak orang yang mengenai cara hemat baterai ini, dan di artikel ini saya ingin menjelaskannya.

Tipe Xiaomi yang sering boros baterai adalah Redmi 2, Redmi 3, Xiaomi note 2, Redmi 4x, Redmi note 4 mediatek, Redmi note 4, xiaomi 4A, MI A1, MI4I, redmi 5A, MIUI 9, redmi 3S dan sebagainya.

Mungkin kalian punya salah satu tipe di atas? Berarti kalian wajib tahu cara memperbaiki masalah pada baterai cepat habis.

Di bawah ini akan saya berikan cara menghemat baterai Xiaomi supaya lebih awet dan tahan panas.

Penyebab Baterai Xiaomi Boros

Beberapa penyebab smartphone Xiaomi baterainya boros adalah sering digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kemudian sering juga dipakai sampai suhu panas banget. Penyebab lain, Xiaomi sering dipakai untuk bermain game. Dan penyebab lain seperti terkena sinar matahari, jatuh, dan lainnya.

Jadi, adakah aplikasi yang bisa membantu menormalkan atau setidaknya memberikan peforma daya ke baterai Xiaomi lebih awet lagi?

Aplikasi Penghemat Baterai Xiaomi

Smartphone baik sudah di root atau belum, tidak selalu berpengaruh pada performa baterainya. Cara terbaik dengan memakai aplikasi hemat baterai. Beberapa pilihannya yaitu, Greenify, Battery Doctor, Avast Battery Saver, Kaspersky Battery Life, Battery Saver Pro, DU Battery Saver, dan MAX Battery.

Cara Mengatasi Smartphone Redmi Boros Baterai

Di bawah ini ada beberapa tips agar kalian bisa menghemat konsumsi baterai. Ikuti langkah-langkah yang saya bagikan ya, Gaes.

Atur Kecerahan Layar Seminim Mungkin

Kecerahan atau brightness merupakan komponen yang paling sering menghabiskan daya. Hal ini terbukti saat kalian masuk ke pengaturan, dan tap opsi baterai usage, maka kalian akan melihat konsumsi daya pada layarlah yang paling banyak memakainya.

Biasanya semakin cerah pengaturan kontras layar, maka semakin cepat juga daya baterai akan dipakai dan habis.

Karena itu setting seminim mungkin supaya lebih hemat, atau bisa pakai mode otomatis gar menyesuaikan dengan cahaya di sekitar.

Bersihkan Cache

Cache ini dihasilkan secara otomatis saat kalian melakukan aktivitas seperti browsing, membuka foto di galeri dan bahkan membuka aplikasi atau game.

kalau dibiarkan, cache akan menumpuk dan membuat perfroma smartphone turun serta berpotensi menghabiskan daya lebih cepat dari biasanya. Karena itu, bersihkan chache di smartphone kalian.

Nonaktifkan fitur Data, Gps, Wifi dan Bluetooth Saat Tak Dipakai

Ada yang bilang smartphone tanpa internet itu bagai sayur tanpa garam, kurang lengkap?

Benar, karena smartphone saat ini sudah jadi alat komunkasi utama yang umumnya memakai internet sebagai media perantaranya.

Tapi tahukah kalian bahwa aktivitas tersebut bisa menyebabkan penggunaan daya yang besar? Saran saya, Gaes. Non-aktifkan fitur-fitur tersebut saat tidak dipakai. Seperti saat tidur, sekolah dan saat tidak terlalu memerlukannya.

Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Di Xiaomi sendiri sudah ada fitur power saving atau penghemat baterai yang akan aktif otomatis saat indicator baterai menyentuh angka 19%. Pada mode tersebut biasanya akan dinonaktifkan beberapa fitur seperti sinkronisasi otomatis dan juga fitur yang menguras daya.

Tetapi kalau kalian ingin mengaktifkannya secara manual, kalian bisa langsung aktifkan di menu toggle (Tarik dari status bar) maka akan tampil tombol untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Aktifkan Mode Auto Close App / Tutup Aplikasi Otomatis

Salah satu fitur dari smartphone Xiaomi yang saya suka adalah dia dapat menutup secara otomatis aplikasi yang sebelumnya kita buka saat smartphone dikunci.

Dengan begitu proses ini akan secara otomatis membersihkan RAM. Dengan ram yang lega, smartphone akan berjalan lancar tanpa lag.

Kalian cukup masuk ke Pengaturan, tap opsi Baterai, lalu klik Profile dan tambah Profile. Lanjutkan dengan “bersihkan memori” dan pilih rentan waktu yang kalian inginkan dari saat dikunci.

Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Walaupun sudah ada fitur penghemat baterai bawaan seperti yang sudah dibahas di atas, tapi kalian merasa masih kurang powerfull dan fiturnya masih terbatas. Maka kalian bisa memakai aplikasi penghemat baterai.

Batasi Instal Aplikasi

Walaupun ada banyak sekali aplikasi dan game yang bisa didownload secara gratis di play store, bukan berarti mempunyai aplikasi berdampak positif terhadap smartphone Xiaomi kalian. Biasanya memasang aplikasi juga bisa membuat smartphone jadi lemot dan boros baterai.

Kecuali kalian pengguna smartphone flagship seperti Xiaomi Black Shark dengan kapasitas memori yang lebih besar serta penyimpanan yang lebih gahar. Dilengkapi dengan dapur pacu yang tinggi, maka menginstal banyak aplikasipun tidak masalah.

Mengatur Sleep Display

Bagi kalian yang belum tahu dengan sleep display, ia adalah batas waktu layar saat menyala dan mati sendiri sampai terkunci. Kalau mode ini di aktifkan dalam rentan waktu yang singkat bisa menghemat baterai sampai 50%.

Fitur ini bisa kalian temukan di pengaturan ponsel Xiaomi dengan pilihan rentan waktu mulai dari 15 detik sampai 30 menit.

Kurangi Penggunaan Aplikasi Sosmed

Kalau saya boleh sarankan saat ini terlalu banyak aplikasi sosmed seperti facebook, Instagram, whatsapp, twitter dan masih banyak lagi. Padahal itu semua hanya media, tetap teman yang kita hubungi ya paling itu-itu saja. Beda lagi kalau kalian adalah pebisnis yang membutuhkan banyak platform sosmed sebagai media komunikasi.

Mengapa aplikasi sosmed bisa menyebabkan baterai boros? Satu hal adalah notifikasi. Sering kita memperoleh notifikasi yang membuat kita akhirnya membukanya lalu berjam-jam kita larut dalam scroll yang indah, baterai pun terkuras.

Nonaktifkan Location Service di Akun Google

Mungkin fitur ini adalah pasangannya GPS dimana dengan saat fitur tersebut diaktifkan, kalian bisa melacak lokasi terakhir keberadaan akun atau tepatnya perangkat Xiaomi yang login degan akun tersebut.

Tentu saja fitur ini banyak menguras baterai, sebab setiap saat selalu tersinkron dengan server Google dan melaporkan tempat dimana perangkat itu berada. Makanya kalau ingin baterai Xiaomi lebih hemat, nonaktifkan saja fitur ini.

Menghemat Baterai Xiaomi Saat Bermain Game

Game sudah menjadi jiwa yang melekat pada tubuh seseorang penikmat permainan. Terutama pada game online saat ini yang banyak pengembang merilis game terbarunya.

Nah, saat bermain game, smartphone Xiaomi akan boros baterai, terutama untuk game berat. Karena itu, solusi mengatasi baterai Xiaomi boros saat main game ini adalah mengaktifkan mode hemat baterai, memilih pengaturan grafis game ke mode low, mengaktifkan mode pesawat (khusus game offline), menutup aplikasi yang sedang aktif di belakang, menurunkan kecerahan layar, dan mematikan mode getar.

Gaes, itu tadi cara menghemat baterai Xiaomi. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian. Perhatikan pemakaian smartphone dan usahakan tidak membuat smartphone Xiaomi kalian jadi boros baterai agar bisa maksimal menyelesaikan pekerjaan dengan bantuan smartphone kalian tersebut.

Salam teknologi!

READ  Cara Mudah Menggunakan Fitur Pesan Sementara di WhatsApp

Leave A Reply

Your email address will not be published.