Cara Menghilangkan Iklan di Android

0

Beberapa situs yang ada di internet banyak yang tidak memasang Iklan, dan ada pula yang memakai iklan untuk penghasilan tambahan dari internet. Hanya saja, kadang iklan yang ditampilkan tidak diperhatikan peletakannya.

Ditambah lagi apabila aplikasi android yang sudah disisipi iklan admob, membuat kalian kesal saat tiba-tiba iklan itu muncul saat kita sedang bermain atau fokus dalam aplikasi tersebut.

Biasanya, khusus aplikasi ini pembuatnya membagi dua versi, yaitu versi gratis atau free dan premium. Versi premium ini bebas dari iklan yang menganggu.

Kalian bisa menghilangkan iklan di beberapa merk vendor smartphone. Mulai dari Xiaomi Redmi, Asus zenfone, Vivo, Oppo, Samsung, Andromax dan merk smartphone lainnya.

Akan tetapi, sebelum kita bahas cara menghilangkan iklan, ada baiknya kita cari tahu dulu penyebab banyaknya iklan di smartphone android kalian.

Penyebab Munculnya Iklan di Android

Ada beberapa penyebab yang membuat smartphone android kalian sering muncul iklan yang mengganggu.

Pertama, akibat aplikasi yang kalian pakai. Biasanya karena gratis maka muncul iklan. Meskipun keluarnya saat aplikasi kalian dijalankan saja.

Kedua, adanya iklan karena virus. Bisa saja meski kita tak memakai aplikasi, tiba-tiba ada iklan pop op tampil. Iklan ini tidak pergi sebelum kita klik tombol close. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan merestart android kalian. Tetapi saya sendiri tidak bisa menjamin iklan tersebut tidak keluar lagi.

 

Ciri Ciri Smartphone Terkena Malware

Ada beberapa ciri-ciri smartphone kalian terkena malware. Ini penting agar kalian tahu cara blokir iklan di Android, Gaes.

Ciri pertama yang terlihat jika smartphone android kalian terkena malware adalah sering bermunculan iklan iklan pop up meski kalian tidak membuka aplikasi apapun. Misalnya saat homescreen atau saat lockscreen.

Ciri kedua yaitu, kuota yang cepat habis. Kalian bisa cek dulu aplikasi apa saja yang memakan banyak kuota dengan membuka pengaturan. kemudian klik bagian penggunaan data (Data Ussage).

Nanti kalian bisa melihat banyak aplikasi yang memakan kuota, tapi jika aplikasi tersebut sering kalian pakai ya tidak ada masalah. Yang aneh kalau kita tidak memakai 1 aplikasi itu, tapi dia memakan kuota. Lebih baik kalian hapus aplikasi tersebut. 

Ciri ketiga, kalian bisa melakukan Redirect ke situs tidak jelas jika tiba-tiba ada pop up mencurgikan. Periksalah seluruh aplikasi yang terinstal. Apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau tidak. Jika ada maka segeralah hapus aplikasi tersebut.

Ciri keempat, smartphone menjadi sangat lemot. Selain karena banyak data dan game atau aplikasi, bisa saja disana disisipi malware dari aplikasi yang bekerja secara diam-diam bekerja di belakang layar smartphone kita.

Cara mengatasinya kalian bisa hapus aplikasi yang mencurigakan atau kalian bisa flash/instal ulang OS yang ada di smartphone kalian itu sendiri.

Cara Menghapus Iklan di Android

Agar menonaktifkan iklan di android, kalian ini bisa memakai aplikasi pendukung yang bisa kalian download di Google Play. Berikut aplikasi yang bisa kalian pakai untuk menghilangkan iklan di smartphone kalian.

Adblock Plus 

Aplikasi ini memang sangat populer menghilangkan iklan di smartphone. Bahkan bukan hanya di smartphone, ia juga bisa menghilangkah iklan yang ada di aplikasi dan game.

Kelebihannya, aplikasi ini bisa diinstal di smartphone yang sudah di root atau belum di root.

Adguard

Adguard adalah aplikasi yang sangat populer untuk menghapus iklan di android kalian. Di samping bisa menghiangkan iklan di smartphone, aplikasi ini juga bisa menghemat bandwith dan melindungi smartphone dari ancaman kebobolan.

Untuk memakainya kalian tidak perlu untuk Root smartphone kalian, karena bisa berjalan di smartphone yang NonRoot. Sayangnya kalian harus membeli versi premium untuk menghapus iklan di samrtphone kalian.

NoRoot Firewall

Aplikasi NoRoot Firewall ini mampu menghilangkan iklan di aplikasi manapun, termasuk aplikasi browser sekalipun. Cara kerjanya, aplikasi ini saat tersambung dengan internet maka otomatis iklan tidak akan muncul. Sayangnya ini tidak bisa untuk game online, yang ada malah kalian tidak bisa memainkan game online.

Sekarang kalian semua sudah tahu kan cara menonaktifkan iklan yang muncul tiba-tiba di android? Semoga bermanfaat dan pilihlah aplikasi yang ingin kalian pakai.

Salam teknologi!

READ  Smartphone Dengan Chipset 855 Snapdragon

Leave A Reply

Your email address will not be published.