Cara Menghilangkan Virus di Shortcut Flasdisk dan Komputer

0

Gaes, mungkin kalian sehari-hari familiar dengan komputer atau seorang pelajar yang pernah meminjamkan Flashdisk ke teman pasti pernah mengalami Komputer yang kalian punya jadi aneh pada saat Flashdisk di colokan. Atau kalian pernah melihat sebuah Folder di dalam Flashdisk atau Komputer kalian saat dihapus hapus namun tetap kembali lagi muncul. Pasti dengan adanya hal ini akan mengganggu aktivitas kalian bukan? 

Nah, mungkin buat kalian yang belum tahu salah satu penyebab hal ini terjadi adalah Virus Shortcut. Virus ini masuk ke dalam Flashdisk pada saat mencolok ke salah satu komputer yang sudah terinfeksi Virus dan otomatis akan masuk ke Flashdisk milik kalian. 

karena itu, hati-hatilah dalam meminjamkan Flashdisk terlebih data yang terdapat di Flashdisk itu penting. Karena banyak terjadi data hilang di akibatkan Virus. 

Untuk mencegah ini kalian bisa Backup data di Komputer atau data penting kalian di kompres. Sebab ada beberapa Virus tidak bisa menginfeksi File yang berada di dalam ZIP

Lebih parahnya lagi, Gaes, buat kalian pengguna awam pemilik Flashdisk agar tidak pusing langsung  saja Format flasdisknya agar Virus tidak menyebar ke seluruh data di komputer kalian. 

Tetapi kalian juga harus berfikir 2x saat ingin Format Flashdisk, karena data kalian akan hilang setelah diformat, Gaes. 

Cara yang terbaik adalah Scaning menggunakan Anti Virus terupdate. Tapi ada juga dengan cara tersebut masih juga belum berhasil, lalu bagaimana solusinya? 

Ada beberapa cara yang saya akan berikan untuk kalian menghilangkan virus itu dari shorcut flasdisk dan komputer kalian, Gaes.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Sebelumnya kalian harus sedikit mengotak-atik PC kalian baik memakai Task Manger, Explorer dan lainnya. Untuk langkah-langkahnya mari kita simak sampai akhir ya, Gaes.

Pertama, buka Windows Explorer, lalu lihat lihat di Flashdisk file atau Folder mana saja yang terkena Virus.

Kemudian kalian masuk ke Menu Control Panel, lalu klik Folder Option –> View –>Hidden File and Folders klik Show Hidden File lalu pilih OK atau Apply.

 

Kalau sudah, buka Windows Task Manager, lalu kalian perhatikan beberapa File yang berjalan tapi mencurigakan. Untuk tahap ini butuh ketelitian karena nama Virus tersebut berbeda-beda

 

Coba kalian lihat, dan saat menemukan sebuah File yang dijalankan dengan nama ‘wscript.exe’ yang dijalankan oleh User bukan System. Langsung saja kalian membuka “Run” dengan cara Win+R lalu ketikan pada kotak yang disediakan dengan peritah “msconfig”. 

 

Lihat di Tab Startup, dan kalian akan menemukan sebuah nama File yang mencurigakan seperti yang dilihat pada langkah di atas dengan nama ‘wscript.exe’

 

Selanjutnya Uncheklis semua file yang menurut kalian mencurigakan atau bisa dengan melakukan Ceklist ALL.

 

Setelah itu matikan file ‘wscript.exe’ yang di jalankan pada Windows Task Manager dengan cara klik kanan lalu pilih End Process.

 

Langkah berikutnya tekan perintah di keyboard Win+F. Lalu ketikan sesuai nama file yang dicari yakni ‘wscript.exe’ pada Flashdisk atau komputer.

 

Ketika kalian sudah menemukannya maka selanjutnya kalian bisa hapus langsung.

 

Dan seperti yang saya katakan di awal, tidak semua Virus Shortcut nisa dihilangkan dengan cara di atas. Kalau mau lebih aman, kalian bisa beli anti virus dan pasang di PC kalian. Nanti anti virus otomatis akan scanning data di PC kalian dan tinggal menunggu sampai semua Virus tertangkap selanjutnya kalian bisa bersihkan atau menghapusnya lewat anti virus tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya kalian yang masih memakai flashdisk atau PC di rumah. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.