Cara Menghitung Rata-rata di Excel

0

Pengetahuan cara menghitung nilai rata-rata di sebuah data yang ada di microsoft excel akan sangat berguna bagi kalian. Kalau kalian seorang guru, kalian bisa mengelola rekap nilai raport dengan cepat memakai fitur dari excel ini.

Cara kerja dalam mencari nilai rata-rata di Microsoft Excel pada dasarnya sama saja seperti kalian menghitungnya secara manual. Masalahnya adalah saat kalian menghitungnya secara manual, pasti akan memakan banyak waktu.

Oleh karena itu, sebagian orang yang ingin menghitung nilai rata-rata saat ini lebih mengedepankan bantuan dari microsoft excel. Di samping tidak menyita waktu yang banyak, menghitung nilai rata-rata memakai excel bisa memperkecil kemungkinan kesalahan dalam perhitungan.

Kalian bisa memakai cara ini untuk menghitung nilai rata-rata di raport siswa, menghitung nilai rata-rata gaji karyawan, menghitung data keuangan, dan semacamnya.

Cara Mencari Nilai Rata-Rata di Ms Excel

Cara menghitung nilai rata-rata di excel ini bisa kalian pakai di aplikasi microsoft excel versi apapun. Kalian hanya perlu menyiapkan file excel yang ingin dihitung nilai rata-ratanya.

Ada 2 cara untuk mencari jumlah rata-rata di microsoft excel. Yang pertama adalah kalian akan mencari rata-rata dari nilai sesuai baris. Sedangkan yang kedua adalah mencari nilai rata-rata dari kolom.

Berikut ulasan singkat terkait menjumlahkan nilau di microsoft excel sampai memperoleh nilai rata rata secara mudah dan cepat.

Cara Menghitung Rata-Rata di Baris Excel

Cara hitung nilai rata-rata di baris excel ini berarti data yang akan kalian cari dalam bentuk baris dari atas hingga ke bawah. Ikuti langkahnya seperti yang saya tulis ya.

Pertama, buatlah baris baru untuk mengisi nilai rata-rata. Di contoh gambar di bawah ini data nilai ada di C2 sampai C11. Kemudian ketikkan di baris baru dengan rumus =average(C2:C11). Terakhir, tekan tombol Enter pada keyboard.

Selesai, kalian sudah memperoleh nilai rata-rata di excel sesuai data baris. Sesuaikan rumus tersebut dengan baris yang ada di data excel kalian sendiri.

Sebaliknya, kalau kalian mempunyai data dalam jumlah banyak kolom, kalian bisa klik tahan lalu geser ke arah samping untuk memperoleh rumus yang sama secara cepat.

Cara Menghitung Rata Rata di Kolom Excel

READ  5 Emulator Android Terbaik dan Ringan untuk Laptop atau PC

Untuk mencari nilai rata-rata data dalam bentuk kolom sebenarnya tidak jauh berbeda dari cara sebelumnya dalam bentuk baris. Tetapi, posisi rumus harus kalian letakkan di bagian kolom baru.

Pertama, buatlah kolom baru untuk tempat nilai rata-rata. Contoh gambar ini data nilai berada di C2 sampai G2. Kalian bisa ketikkan rumus berikut di baris baru =average(C2:G2) Terakhir, tekan tombol Enter pada keyboard

Selesai kalian menekan tombol Enter, nilai rata-rata akan tampil sesuai dengan data yang ada pada kolom. Cukup tentukan rumus yang sesuai dengan data yang ada di file excel kalian.

Apabila kalian mempunyai data dalam jumlah banyak baris, kalian bisa klik tahan lalu geser ke arah bawah untuk mendapatkan rumus perhitungan rata-rata yang sama secara cepat tanpa harus mengetik satu-persatu

Itulah 2 cara menghitung nilai rata-rata dalam data yang ada di excel secara cepat dalam bentuk baris maupun kolom. Cukup atur rumus sesuai baris atau kolom dari data yang kalian punya untuk mencari nilai rata-ratanya.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.