Cara Menghubungkan Dua Proyektor ke Satu Laptop

Satu-satunya hal yang kalian butuhkan untuk menyambungkan laptop kalian ke dua proyektor adalah kabel splitter atau adaptor.Produk-produk ini murah dan mudah kalian peroleh. Pastikan kalian memperoleh panjang yang tepat sehingga kabel bekerja pada jarak yang diinginkan antara laptop dan proyektor.

0

Kualitas video atau gambar harus kurang lebih sama ketika memakai dua proyektor Vs satu tetapi mungkin mulai memburuk ketika kalian menambahkan lebih dari dua proyektor ke jaringan.

Lalu, bagaimana caranya menghubungkan dua proyektor ke satu laptop?

Satu-satunya hal yang kalian butuhkan untuk menyambungkan laptop kalian ke dua proyektor adalah kabel splitter atau adaptor.

Produk-produk ini murah dan mudah kalian peroleh. Pastikan kalian memperoleh panjang yang tepat sehingga kabel bekerja pada jarak yang diinginkan antara laptop dan proyektor.

Kualitas video atau gambar harus kurang lebih sama ketika memakai dua proyektor Vs satu tetapi mungkin mulai memburuk ketika kalian menambahkan lebih dari dua proyektor ke jaringan.

Lalu, bagaimana caranya menghubungkan dua proyektor ke satu laptop?

Periksa Port Output Video Laptop

Sebagian besar laptop standar terkoneksi ke perangkat tampilan eksternal dengan kabel VGA. Konfirmasikan jika kalian mempunyai port Output VGA. Beberapa laptop mungkin hanya mempunyai porta HDMI atau DVI.

Periksa Port Input Video Proyektor

Port Input Video harus berada di bagian belakang proyektor. Periksa jenis yang kalian punya. Kebanyakan proyektor standar terhubung dengan kabel VGA walaupun HDMI dan DVI juga umum.

Beli Splitter VGA

Apabila kedua proyektor dan laptop memakai kabel VGA maka belilah pembagi VGA. Kabel dilengkapi dengan satu kepala Output VGA di satu ujung dan dua kepala Input VGA di ujung lainnya.

Panjang kabel yang sesuai tergantung pada jarak antara laptop dan proyektor.

Lewati langkah selanjutnya kalau laptop dan proyektor kalian semuanya mendukung VGA.

Beli VGA To HDMI / DVI Adapter

Apabila laptop memakai kabel VGA tetapi proyektor HDMI atau DVI (atau sebaliknya), adaptor VGA ke HDMI atau VGA ke DVI sesuai.

Sisi Keluaran yang masuk ke laptop kalian harus mempunyai kepala Output yang sesuai (VGA, HDMI, atau DVI) sementara sisi adaptor mempunyai dua kabel dengan kepala Input yang sesuai.

Cukup sambungkan kabel tunggal ke port Output laptop dan kabel ganda ke masing-masing proyektor. Port input seperti yang dijelaskan pada langkah berikutnya.

Tips saya, pertimbangkan untuk memperoleh adaptor yang mendukung VGA, HDMI, dan DVI sehingga kalian tidak perlu adaptor lain kalau kebutuhan serupa muncul di masa depan.

Hubungkan Laptop Ke Proyektor

Pastikan proyektor dan laptop dimatikan. Sambungkan kabel tunggal ke port Output pada laptop kalian. Kemudian, sambungkan satu kabel di sisi adaptor ke port Input proyektor dan selanjutnya sambungkan kabel kedua di sisi adaptor ke port Input pada proyektor kedua.

Nyalakan Perangkat 

Nyalakan kedua proyektor dan tunggu sampai keduanya sepenuhnya beroperasi sebelum menyalakan laptop kalian.

Konfigurasikan Laptop Kalian

Tekan tombol yang memungkinkan laptop kalian untuk ditampilkan pada perangkat tampilan eksternal. Ini biasanya sebuah tombol dengan gambar monitor.

Kalau gambar tidak ditampilkan pada proyektor maka Klik pada tombol “Start” lalu pergi ke “Control Panel”. Setelah itu pergilah ke “Perangkat Keras dan Suara”. Lalu Klik “Sambungkan ke Proyektor”.

Selanjutnya kalian bisa Klik “Duplikat” untuk ditampilkan di laptop dan proyektor. Terakhir, Klik “Hanya proyektor” untuk menampilkan proyektor.

Cara Mengatasi Masalah Tampilan Proyektor Umum

Setelah kalian menemukan cara menghubungkan dua proyektor dalam satu laptop, masalah kalian mungkin belum berakhir. Ada beberapa masalah umum yang dihadapi orang-orang, terutama selama presentasi.

Mengetahui cara mengatasi masalah ini sebelum masalah itu muncul memastikan kalian tidak ketahuan jika terjadi kecelakaan.

Tampilkan Masalah Toggle

Tampilan beralih pada dasarnya adalah bagaimana kalian memilih bagaimana gambar ditampilkan di laptop dan proyektor kalian.

Mode lanjutan adalah tempat kalian bisa menampilkan berbagai gambar pada proyektor yang terpisah.

Apabila laptop kalian default ke mode tampilan diperpanjang seperti beberapa model; cukup tekan tombol Windows dan huruf P secara bersamaan.

Pakai tombol panah untuk memilih mode tampilan yang sesuai dan kemudian tekan Enter untuk mengaktifkan.

Proyektor Tidak Mati

Terkadang proyektor akan menolak untuk dimatikan walaupun menekan tombol daya mati. Masalah ini biasanya disebabkan oleh perakitan lampu yang tidak pas.

Lihat panduan pengguna tentang cara memasang unit lampu dengan benar.

Proyektor Tidak Menampilkan Gambar

Jika kalian tidak melihat gambar pada proyektor kalian setelah mengatur semuanya, mungkin karena tidak diatur ke sumber input yang sesuai jika memakai banyak sumber.

Gunakan remote proyektor untuk beralih di antara sumber input sampai kalian menemukan yang benar.

Gambar Berkualitas Buruk

Apabila kalian melihat titik magenta atau ungu di layar maka proyektor mungkin berdebu. Bersihkan panel hijau proyektor untuk memulihkan kualitas gambar. Biasakan untuk membersihkan proyektor secara teratur agar gambarnya tetap segar.

Kalau gambar buram atau resolusi rendah maka masalahnya mungkin komputer tidak sejajar dengan resolusi. Proyektor modern dirancang untuk menyelaraskan secara otomatis dengan resolusi komputer walaupun hal ini tidak selalu terjadi.

Coba sesuaikan resolusi laptop kalian hingga gambar membaik.

Kabel Terlalu Pendek

Kalau laptop kalian terlalu jauh dari proyektor, kalian mungkin membutuhkan kabel tambahan. Kabel ekstensi HDMI atau VGA memungkinkan kalian untuk menghubungkan ekstensi ke kabel proyektor kalian dan kemudian ke laptop.

Adaptor HDMI betina ke betina sama baiknya untuk tujuan ini, asalkan kabelnya cukup panjang.

Remote Kontrol Tidak Berfungsi

Harus menghentikan presentasi karena remote tidak berfungsi bisa membuat frustasi. Penyebab pertama, dalam hal ini, adalah baterai yang mungkin rendah dan perlu diganti.

Apabila baterainya baik-baik saja maka cobalah bergerak lebih dekat ke proyektor. Remote infrared mempunyai rentang tertentu di luar jangkauannya.

Kemungkinan penyebab terakhir dari remote mati adalah lampu neon di dalam ruangan. Jenis pencahayaan ini sebenarnya mengganggu gelombang inframerah dan menyebabkan remote berhenti bekerja.

Jika mematikan lampu bukan opsi, kalian bisa mempertimbangkan mengoperasikan presentasi secara manual dari laptop kalian.

Menghubungkan dua proyektor ke satu laptop seharusnya tidak sulit jika kalian mempunyai kabel yang tepat. Kabel splitter mudah dan langsung dipakai sementara adaptor memberi kalian lebih banyak variasi.

Kecuali kalian yakin tidak perlu memakai kabel tambahan, maka adaptor adalah pilihan yang jauh lebih baik.

Adaptor dengan beberapa opsi keluaran termasuk VGA, HDMI, dan DVI akan membantu kalian mengatur jika kalian ingin menambah lebih banyak proyektor atau perangkat layar.

Extender kabel akan membantu kalian memperoleh jarak yang tepat sehingga kalian tidak perlu mengatur semua peralatan kalian dalam jarak dekat.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat! Nah, dengan begini kalian tidak perlu lagi khawatir bila ada suatu pertemuan yang mengharuskan untuk menggunakan 2 proyektor sekaligus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.