Cara Menghubungkan Macbook ke Proyektor

Menghubungkan Macbook ke proyektor memungkinkan kalian memperluas monitor ke layar sebagai tampilan utama, atau mencerminkan apa yang terjadi pada layar kalian ke audiens. 

0

Kalian akan membutuhkan kabel konektor High Definition Multimedia Interface (HDMI) untuk menghubungkan MacBook ke proyektor. HDMI adalah standar interface paling umum yang dipakai untuk mengirimkan video  secara digital lewat kabel HDMI, dan kompatibel dengan konten HD, termasuk Blu-ray.

Menghubungkan Macbook ke proyektor memungkinkan kalian memperluas monitor ke layar sebagai tampilan utama, atau mencerminkan apa yang terjadi pada layar kalian ke audiens. 

Kalian akan membutuhkan kabel konektor High Definition Multimedia Interface (HDMI) untuk menghubungkan MacBook ke proyektor. 

HDMI adalah standar interface paling umum yang dipakai untuk mengirimkan video  secara digital lewat kabel HDMI, dan kompatibel dengan konten HD, termasuk Blu-ray.

Kunci untuk menghubungkan Macbook ke proyektor adalah memahami port di komputer kalian. Banyak MacBook tidak mmepunyai port HDMI built-in, tetapi kalian masih bisa terkoneksi dengan HDMI memakai adaptor port.

Apabila kalian tidak mempunyai port HDMI pada Mac kalian, baca terus untuk mengetahui cara menemukan adaptor HDMI yang tepat untuk komputer kalian.

 

Identifikasi Port di Mac Kalian

Apple menerbitkan panduan pengguna untuk produk-produknya untuk membantu mengidentifikasi port dan adaptor yang kalian perlukan. Kalian juga bisa melihat panduan bentuk dan simbol port Apple atau memasukkan nomor seri  Mac kalian pada halaman Spesifikasi Teknis Apple untuk memandu kalian. Berikut ini gambaran umum tentang jenis port yang ditemukan di MacBook.

Pertama, Port HDMI . Kalau kalian mempunyai port HDMI di MacBook kalian, kalian bisa tersambung langsung ke proyektor dengan kabel HDMI proyektor, tanpa memakai adaptor. Kabel HDMI kemungkinan disertakan dengan proyektor kalian.

Kedua, USB-C atau Port Thunderbolt . Kalian harus membeli  Adaptor Multiport AV Digital USB-C Apple .

Ketiga, Mini Display Port. Port ini terlihat mirip dengan port thunderbolt tetapi mmepunyai ikon monitor, bukan ikon thunderbolt. Periksa panduan port Apple untuk memastikan tentang port spesifik kalian.

 

Cara Menghubungkan Macbook ke Proyektor

Langkah yang ahrus kalian lakukan pertama kali adalah dengan menyalakan MacBook kalian. Kemduian colokkan kabel HDMI kalian, atau adaptor kalian ke port MacBook kalian, dan sambungkan kabel HDMI.

Selanjutnya, kalian nyalakan proyektor.  Sesudahnya colokkan ujung lain kabel HDMI ke proyektor kalian. Proyektor dan MacBook kalian harus dinyalakan ketika kalian menyambungkannya dengan kabel HDMI. Kalau tidak, MacBook kalian tidak akan bisa menemukan proyektor sehingga kalian bisa menyesuaikan pengaturan. Kalian juga harus menggeser atau membuka jendela tampilan proyektor.

Setelah itu geser lensa proyektor untuk membuka.  Proyektor kalian sekarang akan menampilkan layar MacBook kalian.

Mengatur Tampilan di Proyektor Dari MacBook 

Agar kalian bisa mengatura tampilan di proyektor dari MacBook kalian, maka sinkronkan MacBook ke proyektor Tampilan. Pertama-tama Klik pada  logo Apple, lalu tap opsi System Preferences. Setelah itu tap opsi Displays dan klik Detect Displays. Dari sini, pilih proyektor kalian dari daftar drop-down, jika belum dipilih.

Selanjutnya Klik Arrangement dan centang kotak Mirror Displays untuk mencerminkan layar kalian ke proyektor sehingga monitor kalian sama dengan layar proyektor.

Kalian juga bisa menyesuaikan warna tampilan dengan masuk ke System Preferences  lalu klik  Display tekan menu  Color dan tap opsi Projector.

Kemudian, kalian gerakkan slider kecerahan dan klik dan seret roda warna  untuk menemukan efek yang optimal.

Itu tadi cara untuk menghubungkan MacBook ke Proyektor. Jika ada pertanyaan seputar masalah di atas atau ingin menambahkan cara lain, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar.

Jangan lupa untuk terus upadate berita dan informasi terkini seputar ilmu pengetahun dan teknologi, juga segala sesuatu yang terjadi di luar sana setiap hari. Termasuk juga tips-tips keren yang bisa menjasi solusi dari setiap masalah teknis yang kalian alami. Berbagai review baik game, perangkat mobile, laptop, dan lainnya juga tersedia di website techjak.com.

Baca Juga :

Salam teknologi! Dengan begini kalian dapat menghubugnkan Macbook ke Proyektor dengan beberapa cara tersebut. Sesuaikanlah penggunaan dengan keadaan MacBook kalian agar tampilan berjalan baik dan lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.