Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp

0

Whatsapp adalah aplikasi pesan instan yang bisa kalian pakai di smartphone dan laptop. Tetapi, apa kalian tahu bahwa whatsapp juga bisa dipakai sebagai cara mengirim aplikasi? Cukup lewat WA, kalian dapat melakukan transfer file APK android.

Ya. Memang masih sedikit pengguna whatsapp yang tahu hal ini. Sebab, whatsapp memang ditujukan untuk saling bertukar pesan dalam bentuk teks, gambar, video, voice note, dan lain-lain.

Jika kalian ingin mengirim aplikasi ke teman atau keluarga dengan mudah, cukup pakai whatsapp untuk media pengirim. Kalian bisa mengirim file mentah berupa file APK yang bisa dikirim lewat WA.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WA

Ada 4 cara yang bisa kalian coba untuk mengirim aplikasi lewat WA. Kalian bisa memakai smartphone Android yang no root.

Sebelum itu, pastikan kalian sudah memakai aplikasi whatsapp versi terbaru supaya tidak mengalami masalah saat mencoba cara kirim aplikasi lewat wa pada artikel ini.

ES File Explorer

ES File Explorer adalah aplikasi sejenis file manager. Tetapi di aplikasi ini kalian bisa mengirimkan aplikasi yang sudah terpasang di smartphone android hanya lewat whatsapp dalam bentuk file mentah APK.

Pertama-tama, download aplikasi ES File Explorer via APKPure. Selanjutnya instal dan buka aplikasi. Nanti di halaman depan klik opsi APP. Kemudian klik aplikasi yang ingin dikirim lewat WA.

Berikutnya tap opsi Share di bagian bawah. Klik ikon Whatsapp lalu aplikasi WA akan terbuka. Kalian kemudian bisa memilih kontak yang ingin dikirimkan aplikasi.

Kalian bisa mengirimkan aplikasi apapun yang ada di smartphone Android ke teman hanya memakai whatsapp. Aplikasi ini juga bisa melakukan pengiriman aplikasi dengan jumlah yang banyak sekaligus.

Apk Extractor

Aplikasi APK Extractor adalah aplikasi yang dapat mengambil file mentah APK yang sudah terinstal di smartphone Android. Keunggulan aplikasi ini yaitu kalian bisa memakainya walaupun smartphone kalian dalam keadaan no root sekalipun.

Awalnya, kalian instal aplikasi bernama Apk Extractor lewat playstore. Selanjutnya buka aplikasi tersebut. Langsung tap dan tahan aplikasi yang kalian inginkan lalu klik opsi Share. Selanjutnya kalian pilih share via Whatsapp. Terakhir, tentukan kontak mana yang ingin dikirim.

Aplikasi ini juga berguna untuk mengambil file mentah APK dari aplikasi yang sudah terinstal di smartphone Android. File APK akan di-ekstrak ke dalam penyimpanan smartphone Android kalian.

Jika kalian memakai Kartu SD di smartphone kalian, maka hasil ekstrak aplikasi akan berada di /sdcard/ExtractedApks/. Tetapi kalau kalian tidak memakai Kartu SD, secara otomatis folder tersebut akan ada di penyimpanan internal.

APK Export

APK Export ini aplikasi yang bisa mengirim aplikasi yang sudah terpasang di smartphone Android ke teman kalian hanya lewat whatsapp. Aplikasi ini gratis, tanpa iklan, tanpa root, dan mempunyai ukuran yang sangat kecil.

Pertamanya, kalian cari dan pasang aplikasi APK Export via playstore. Kalau sudah terpasang buka aplikasi, dan tunggu beberapa detik sampai proses pemuatan aplikasi selesai. Kalain tap tahan pada aplikasi yang ingin dikirim.

Selanjutnya klik ikon Share yang berada di bagian atas. Kemudian pilih share via Whatsapp. yang terakhir, pilih kontak atau grup WA yang kalian inginkan.

Aplikasi ini membuat mudah kalian untuk berbagi aplikasi hanya memakai chatting whatsapp saja. Kalian bisa memakai aplikasi ini untuk mengirim aplikasi sebanyak apapun yang kalian mau.

Cara Share APK Lewat WA Tanpa Aplikasi

Kalian juga bisa mengirimkan file apk lewat whatsapp tanpa memakai aplikasi tambahan. Hanya saja, untuk metode ini kalian wajib memakai smartphone Android yang sudah di root.

Cara mengirim APK lewat whatsapp tanpa aplikasi tambahan yang pertama, dengan membuka aplikasi Root Explorer di smartphone kalian, lalu pergilah ke folder data, dan klik app. Nanti kalian akan melihat semua aplikasi yang terinstal.

Selanjutnya kalian tap tahan di ikon aplikasi yang ingin dikirim. Kemudian pilih Send untuk mengirim. Dan beriktunya, tap opsi Send via Whatsapp. Terakhir, kalian pilih chat atau grup yang kalian inginkan.

Folder/data/app adalah penyimpanan semua file mentah APK dari aplikasi yang sudah terpasang di smartphone android. Jika kalian ingin mengambil file APK dari aplikasi bawaan android, kalian bisa mencarinya di folder /system/app.

Semua cara di atas bsia kalian praktekkan di semua tipe atau merk smartphone Android. 

Semoga bermanfaat.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.