Cara Mengirim Foto di WhatsApp Agar Tidak Pecah

0

Sebenarnya, saat  kalian mengirim foto ke teman melalui WhatsApp dengan memilih opsi icon kamera, maka kualitas gambar akan menurun setelah diterima atau didownload. Gambar atau foto yang awalnya berekstensi PNG pun akan berganti secara otomatis menjadi JPEG di WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp adalah aplikasi chatting yang masih sangat populer dan menjadi nomor 1 di dunia sampai saat ini. Kemudahan pengoperasian dan benefit yang didapat saat menggunakannya membuat jutaan umat merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini.

Kalian tentu sering kan mengirim gambar, audio, dan video melalui WhatsApp. Kalian juga bisa update status teman kalian di fitur baru WhatsApp. Kalian pun bisa menikmati layanan baru untuk keamanan WhatsApp berupa verifikasi dua langkah untuk mencegah data kalian bocor saat smartphone hilang. Ada juga sistem keamanan end to end yang membuat setiap orang merasa aman karena chatting di smartphone miliknya hanya dia dan penerima pesan yang tahu. Bahkan, pihak WhatsApp pun tidak tahu.

Baca Juga : Cara Menjadwalkan Pesan dan Membuat Status Warna di Whatsapp.

Yang kadang membuat jengkel adalah saat kita sedang ada momen, foto bareng, lalu kemudian minta dikirim foto dari teman, ternyata hasilnya pecah. Ukurannya berkurang, dan kualitasnya pun menurun. Padahal kita berharap banyak dari foto tersebut untuk kenang-kenangan atau ingin dicetak di kemudian hari dalam album foto.

Kalian kecewa? Tenang saja. Sekarang ada cara lain yang bisa kalian pakai untuk mengirim foto melalui aplikasi WhatsApp. Kabar baiknya, cara lain ini berpotensi besar tidak mengurangi kualitas gambar, atau membuat gambar tidak buram. Dan apabila gambar berformat PNG, nanti setelah dikirim dan didownload, gambar atau foto tetap saja berformat PNG.

Kalau kalian penasaran dan ingin menerapkan cara kirim foto lewat aplikasi WhatsApp tanpa mengurangi kualitasnya, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut, Gaes.

Ayo kita cekidot!

Pertama-tama, kalian bisa pergi ke lobi chat teman yang ingin kalian kirimi foto. Kemudian silahkan kalian tap ikon seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Dokumen.

Baca Juga :  Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus Sebelum Backup.

Selanjutnya silahkan kalian Lihat dokumen lain untuk mencari foto yang akan kalian kirimkan. Misalnya, gambar dari Galeri smartphone kalian.

Hasilnya kalau sudah terkirim nanti akan seperti gambar di bawah ini.

Baca Juga :  Cara Agar Percakapan Daring Tak Bocor di Whatsapp.

Kelebihan Kirim Foto Melalui WhatsApp Dokumen

Apabila kalian mengirim foto melalui WhatsApp biasanya langsung memakai fitur icon camera, memilih foto dan kirim. Ya, kalau dilihat sekilas, mungkin kualitas gambar tidak terlihat berkurang. Tapi sebenarnya dengan cara tersebut kualitasnya sudah menurun secara otomatis.

Hal tersebut bisa kalian coba dengan melakukan zoom pada foto atau gambar hasil dari kirim memakai icon kamera. Nanti disana akan terlihat kualitas gambar berkurang. Atau bisa juga kalian dengan melihat ukuran memori gambar yang menjadi lebih kecil daripada ukuran aslinya.

Baca Juga : Cara Menggabungkan Foto di Android.

Oleh karena itu, kalau kalian mementingkan kualitas foto saat ingin mengirim lewat WhatsApp, silahkan pakai fitur kirim Dokumen. 

Apa saja kelebihannya? Ada dua. Kualitas gambar akan tetap sama dengan yang asli sebelum dikirim. Kemudian format atau eksetensi foto juga jadinya tetap sama dengan foto aslinya.

Baca Juga : Ukuran Foto Instagram .

Nah, demikianlah tadi cara mengirim foto di aplikasi WhatsApp agar kualitasnya tidak menurun atau pecah ya, Gaes. Kalian bisa mencobanya agar foto atau gambar yang kalian kirim tidak pecah. Bisa juga kalian sebarkan informasi ini ke teman sehingga mereka ketika mengirim tidak lagi klik ikon kamera, tapi yang menampilkan banyak opsi dan memilih file lainnya saat mengirim gambar atau foto.

 

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.