Cara Mengoptimalkan Pemakaian Google Play Store

0

Google play Store adalah sebuah aplikasi besutan google, yang mana ia mempunyai kegunaan untuk tempat kalian dapat mengunduh aplikasi-aplikasi yang kalian butuhkan.

Bukan hanya itu, Google Play Store juga bermanfaat untuk memantau aplikasi apa saja yang pernah kalian unduh sebelumnya.

Nah, di artikel kali ini, mari membahas tentang cara memaksimalkan pemakaian Google Play, agar lebih efisien dalam penggunaanya. 

Apa saja? Mari kita cekidot!

Cek Daftar Aplikasi

Google Play Store mempunyai fitur My Apps, dimana kalian dapat melihat aplikasi apa saja yang sudah kalian unduh sebelumnya. Kalian juga dapat melihat aplikasi apa saja yang perlu kalian update. Ada pula halaman khusus untuk melihat semua aplikasi milik kalian yang belum terinstal di perangkat tersebut.

Baca Juga : Cara Logout Dari Akun Google Play Store Android

Cara mengaksesnya mudah, Gaes. Kalian tinggal buka Google Play Store, lalu klik opsi Menu di pojok kiri atas baris horizontal, kemudian tap opsi My Apps&Games.

Kalau kalian ingin update beberapa aplikasi sekaligus, Google Play Store menyediakan fitur Update All.

Aktifkan Fitur Parental Controls

Fitur satu ini sangat pas dipakai oleh para orang tua untuk mengawasi dan menjaga anak-anaknya. Sebab tidak semua aplikasi di Google Play Store cocok untuk anak-anak.

Oleh sebab itu, jika kalian tidak ingin adik atau anak kalian mengunduh aplikasi yang belum sesuai dengan usia mereka–contohnya gim penuh adegan kekerasan atau aplikasi dating untuk orang dewasa–aktifkan saja fitur Parental Control.

Baca Juga : Membuat Dark Mode Google Play Store

Caranya juga mudah. Kalian bisa buka Google Play Store, kemudian klik opsi tiga garis horizontal di kiri atas, lalu pilih Settings. Dan terakhir klik Parenta Controls, kemudan aktifkan. Selesai.

Nantinya kalian akan diminta membuat PIN rahasia. Sesudah itu, kalain bisa memilih aplikasi mana saja yang wajib masuk dalam daftar ‘aplikasi terlarang’ untuk anak atau adik kalian.

Mematikan Update Otomatis

Mungkin biasanya kalian agak jengkel dengan salah satu fitur ini, yaitu update otomatis, saat fitur ini menyala maka akan secara otomatis akan mengupdate aplikasi yang membutuhkan update. Hal ini pastinya akan menguras kuota internet kalian. Memang ada opsi untuk menjalankan update hanya ketika terhubung ke WiFi.

Baca Juga : Cara Menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel di Google Play Store

Masalahnya, saat terhubung ke WiFi pun belum tentu kuotanya unlimited. Contohnya pengguna Mobile WiFi yang masih mengandalkan jaringan 4G milik operator dengan paket internet terbatas.

Untuk menonaktifkan auto update, kalian bisa membuak Google Play Store. Kemudian tap opsi Menu, dan masuk ke Pengaturan. Setelah itu kalian bisa tap opsi Auto-update Apps. Lalu klik opsi yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Cegah Aplikasi Baru Membuat Ikon di Home

APabila kalian baru memasang aplikasi dari Google Play Store, secara otomatis akan ada shortcut berupa ikon untuk membuka aplikasi tersebut langsung dari Home.

Karenanya, kalian tidak perlu repot menelusuri App Drawer untuk mencarinya. Memang praktis, tapi mungkin tidak semua orang ingin halaman Home di smartphone-nya dipenuhi ikon-ikon dari berbagai macam aplikasi.

Baca Juga : Google Play Protect Selamatkan Data Dari Aplikasi Berbahaya

Agar bisa menonaktifkannya, kalian bisa buka Google Play Store, kemudian klik Ikon Menu dan tap opsi Settings. Setelah itu hilangkan tanda centang pada Add Icon to Home Screen. Selesai.

Menambah Opsi Pembayaran

Untuk fitur ini, kalian dapat menambah metode pembayaran yang kalian inginkan untuk membeli aplikasi di play store, contohnya kalian bisa menambah opsi credit card atau dengan memotong pulsa kalian.

Untuk mengaktifkan atau memakai fitur ini, caranya uckup buka Google Play Store, kemudian klik icon Menu lalu masuk ke Account, pilih Payment Methods.

Itu tadi beberapa cara untuk mengoptimalkan pemakaian Google Play Store.

 

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.