Cara Menguatkan Sinyal WiFi dengan Alumunium Foil

0

Kemajuan teknologi dan perubahan zaman saat ini memaksa setiap orang untuk melek teknologi. Memakai berbagai alat yang diciptakan seperti perangkat mobile, komputer, laptop, dan sebagainya untuk melakukan berbagai pekerjaan mereka.

Saat kalian memanfaatkan teknologi yang ada, untuk lebih lancarnya biasanya pasti memakai internet. Dan akan menjadi lebih cepat saat kalian memanfaatkan koneksi WiFi baik di kantor atau di rumah. Akan tetapi, saat di rumah, biasanya kalian akan mendapatkan berbagai kendala.

Baca Juga : Cara Menguatkan Sinyal Android di Dalam Rumah

Ketika kalian memakai router Wifi di ruang yang tak terlalu banyak dinding atau sekat-sekatnya, sinyal WiFi memang bisa menjangkau area yang lebih luas. 

Akan tetapi, tidak jarang juga ada bagian dari rumah yang tidak terjangkau oleh jaringan WiFi sebab terhalang oleh interior rumah.

Pastinya akan jadi mengganggu aktivitas kalian saat kalian sangat membutuhkan WiFi tapi ternyata sinyal di rumah kalian kadang timbul tenggelam, atau bahkan terputus karena sinyalnya kurang bagus.

Baca Juga : Tips Memperkuat Sinyal Smartphone Android

Pada dasarnya ada banyak sekali cara untuk mengatasi masalah ini, contohnya menciptakan jaringan mesh WiFi memakai perangkat seperti Google WiFi, membeli ekstender WiFi atau membeli router dengan sinyal yang lebih kuat.

Hanya saja, untuk melakukan hal tersebut pasti akan membutuhkan dana yang lebih banyak dan tidak semua pengguna mau untuk mengeluarkan dana agar hotspot dapat menjangkau area yang lebih luas lagi.

Sekarang kalian tidak perlu khawatir sebab sekarang kalian dapat menguatkan sinyal WiFi dengan harga yang sangat terjangkau.

Sebetulnya, ini didasarkan pada konsep bagaimana kalian menempatkan alumunium foil atau alumunium yang berada di titik akses WiFi dan hal ini benar-benar dapat meningkatkan sinyal WiFi menjadi lebih baik. Tentu saja hal ini dapat membuat meningkatkan jangkauan area hotspot.

Baca Juga : Aplikasi Pemutus WIFI

Kemudian bagaimana cara membuatnya? 

Pada dasarnya alumunium akan memantulkan sinyal dari jalur router kalian. Karena itu, jika WiFi kalian berada di samping dinding maka akan memantul sinyal dari dinding. 

Tidak hanya itu saja, sebab dengan menciptakan penghalang fisik maka hal ini akan membantu membatasi sinyal nirkabel kalian saat ruang yang terbatas sehingga sulit untuk penyerang di luar menyambungkan ke jaringan kalian setidaknya dalam teori.

Dari para peneliti juga menguji teori ini dengan 3D printing reflector yang terbuat dari logam dan plastic yang mengarahkan sinyal wireless ke daerah-daerah dimana kalian ingin menjangkau area tersebut.

Baca Juga : Cara Mengunci Sinyal 4G LTE Smartphone Vivo

Menurut asisten profesor ilmu komputer di Dartmouth, Xia Zhou, hanya dengan investasi yang sederhana dengan biaya sekitar $35 dan menetapkan persyaratan cakupan, reflektor nirkabel bisa dibuat  untuk mengungguli antena yang harganya ribuan dolar..

Itu tadi penjelasan singkat tentang Alumunium foil yang ternyata dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sinyal WiFi.

Dengan begitu kalian tidak perlu lagi membeli alat WiFi yang baru dan bisa memanfaatkan alumunium foil untuk memperkuat sinyal WiFi kalian, Gaes.

Semoga artikel di atas bisa menjadi alternatif buat kalian yang ingin menguatkan sinyal WiFi di kantor ataupun di rumah kalian.

Semoga juga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

 

Terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.