Cara Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom

0

Sampai saat ini, wabah virus corona Covid-19 masih terus meluas. Oleh karena itu, aktivitas di luar ruangan pun terpaksa dibatasi. Solusinya hanya belajar dan bekerja dari rumah.

Dengan kejadian ini, membuat beberapa aplikasi meeting atau belajar online jadi banyak bertebaran dimana-mana. Salah satu aplikasi yang sedang hits saat ini untuk belajar online atau meeting online adalah Google Classroom.

Hanya saja, ada kendala pengaturan bahasa yang biasanya tersetting bahasa Inggris, jadi menyulitkan penggunanya yang belum fasih berbahasa Inggris.

Karena itu, yuk bareng-bareng baca artikel tentang cara mengubah bahasa di Google Classroom biar kalian bisa belajar dengan lancar tanpa ada kesulitan berarti.

Cara Mengubah Bahasa di Google Classroom

Aplikasi kelas online yang disediakan Google ini memang sangat membantu siswa dan mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Ketika dibuka, para pengguna akan memilih satu peran antara pengajar dan murid. Kemudian untuk mengakses kelas, murid harus mengetahui kode kelas yang sudah dibuat oleh pengajarnya seperti apa.

Di Google Classroom juga ada laman tugas untuk para murid. Menariknya, karena aplikasi ini semuanya memakai akun Google, bentuk tugas beserta deadline-nya bisa dicatatkan ke Google Calendar.

Agar pembelajaran online lancar, maka para penggunanya harus dapat menggunakan aplikasi sesuai bahasa yang dikuasai. Sebab itu saya akan memberi beberapa tips cara mengubah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia di Google Classroom.

Langsung saja kuy cekidot!

Cara Mengubah Bahasa di Google Classroom via PC

Jika kalian membuka aplikasi Google Classroom via PC atau Laptop, kalian bisa mencoba langkah ini.

Langkah paling pertama yang harus kalian lakukan adalah akun google kalian sendiri. Kemudian, tap opsi “Data & Personalisation”

Selanjutnya, klik Data & Personalisation yang ada di baris kiri. Dari sana, kalian akan menemukan semua pengaturan yang berkaitan dengan akun kalian.

Selesai meng-klik Data & Personalisation, gulir ke bawah sampai kalian menemukan panel “General preference for the web”.

Di sana nanti, kalian akan menemukan beberapa opsi, seperti Language, Input Tools, Accessibility, dan Search Settings. Untuk mengubah pengaturan bahasa, pilih opsi menu “Language”.

Nantinya, kalian akan melihat tulisan “Default Language” beserta bahasa utama di akun Google kalian. Biasanya adalah dalam bahasa “English”.

Untuk mengubahnya, tap simbol “Edit” yang ada di seberang kanan tulisan “English”.

Langkah selanjutnya, kalian pilih bahasa yang akan kalian gunakan sebagai bahasa utama di akun Google. Jika kalian akan memakai bahasa Indonesia, carilah “Indonesia”, lalu klik. Selesai. Bahasa utamamu sudah berganti menjadi bahasa Indonesia.

Gaes, kalian juga bisa memilih lebih dari 1 bahasa kok. Caranya, klik “Tambahkan Bahasa Lain” atau “Add Another Language”, lalu pilihlah bahasa yang akan kalian gunakan.

Cara Mengubah Bahasa di Google Classroom via Smartphone

Di samping memakai PC maupun laptop, melakukan setting bahasa juga bisa dilakukan lewat smartphone kalian.

Cara ini bisa kalian pakai buat yang tidak sempat membuka PC atau laptop, atau bahkan kalian memakai aplikasi Google Classroom hanya dari smartphone.

Cara mengubah bahasa di Google Classroom via smartphone yang memakai Android adalah yang pertama, membuka akun Google.

Kalian bisa membukanya lewat aplikasi Gmail ataupun aplikasi Google lainnya dengan menekan foto Avatar kalian di pojok kanan atas. Lalu tekan “Manage your Google Account“.

Selanjutnya, kalian akan masuk ke halaman pengaturan Google. Klik panel Data & Personalisation yang berada 1 baris dengan “Home” dan “Personal Info”.

Dari sana, kalian akan menemukan semua pengaturan yang berhubungan dengan akun kalian secara detail, termasuk pengaturan bahasa.

Langkah berikutnya, scroll ke bawah sampai kalian temukan opsi “General preference for the web”. Dan untuk mengubah pengaturan bahasa, kalian pilih menu “Language”.

Nantinya kalian akan melihat tulisan “Default Language” beserta bahasa utama di akun Google kalian. Untuk mengubahnya, klik  simbol “Edit” yang berada di seberang kanan tulisan “English”. Kemudian pilih bahasa dari kotak yang tersedia dan klik “Pilih”

Sebab kalian akan memakai bahasa Indonesia, cari “Indonesia”, dan klik. Kalau sudah, kalian klik bahasa yang akan kalian pakai, klik “Pilih”. Bahasa utama kalian sudah berganti menjadi bahasa Indonesia.

Sama seperti di PC ataupun laptop, dari smartphone, kalian juga bisa memilih lebih dari 1 bahasa dengan klik “Tambahkan Bahasa Lain” atau “Add Another Language”, lalu pilihlah bahasa yang ingin kalian pakai

Demikianlah cara mengubah bahasa di Google Classroom, Gaes. 

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

READ  Cara Mudah Keluar dari Google Classroom, Bagi Siswa dan Guru!

Leave A Reply

Your email address will not be published.