Cara Mengubah Format Video di Android

0

Mungkin kalian pernah mengalami, sudah mendownload video yang disuka, tapi kemudian ternyata tidak bisa diputar di smartphone Android kalian. Atau mungkin kalian mendapat kiriman video, tapi ada keterangan format tidak mendukung. Hal ini tentu saja membuat kita bingung, bagaimana caranya agar bisa menonton video tersebut. 

Mengubah format video di perangkat berbasis Android memang penting, karena tidak semua video sama dalam format yang mendukung untuk diputar pada perangkat tersebut.

Ada beberapa jenis video saat dimasukkan ke dalam perangkat dia tidak bisa dibuka. Hal ini umumnya terjadi saat kalian memindahkan video dari PC ke smartphone atau tablet yang memakai sistem operasi Android.

Masalah yang sama juga bisa terjadi saat kalian mengunduh video tertentu dari internet secara langsung memakai ponsel atau tab Android.

Gaes, masalah ini sebenarnya bisa dengan mudah kalian atasi apabila kalian tahu cara mengubah format video Android. Tetapi jika memang belum tahu, kalian benar membaca artikel ini. Kita akan bahas sampai tuntas cara mengubah format video di android.

Cara Mengubah Format Video di Android

Ada beberapa jenis format video yang tidak dapat diputar pada Android, seperti Avi, FLV, serta WMV. Video yang formatnya tidak mendukung di Android biasanya mempunyai tampilan yang berbeda saat dipindah ke perangkat Android. Karena itulah, cukup mudah untuk membedakan dengan video lain yang bisa diputar di perangkat ini.

Video dengan format yang berbeda sebenarnya masih bisa kalian putar dengan cara mengubah format video Android. Langkah yang diperlukan adalah dengan terlebih dahulu mengubah format video tersebut ke format yang mendukung untuk Android, misalnya dengan format FLV atau MP4.

Ketika formatnya beubah, maka video itu baru bisa diputar dengan memakai perangkat Android. Tak perlu berlama-lama. Kuy kita simak bareng penjelasan berikut ini, bagaimana cara mengubah format video pada perangkat android.

Aplikasi Pengubah Format Video di Android

READ  Cara Mematikan Suara Kamera Oppo dan Xiaomi

Untuk mengubah format video di smartphone, kalian bisa memakai beberapa aplikasi di bawah ini.

Format Factory for Android

Format Factory sebelumnya hanya dipakai untuk mengubah format video di PC saja. Tetai sekarang aplikasi tersebut sudah mempunyai versi yang bisa dipakai dalam cara mengubah format video di Android.

Dengan kalian memakai aplikasi ini, kalian bisa mengkonversi video dengan memakai smartphone Android.

Aplikasi ini cukup populer dan menjadi pilihan banyak orang. Bahkan juga masih sering dipakai untuk mengubah video dengan PC seperti pada awalnya.

Aplikasi ini mendukung berbagai jenis format video untuk bisa diubah supaya bisa diputar di Android. Contohnya AVI, MK, Ogg, WMA, Flac, Flv, M4a dan lain-lain.

Aplikasi pengubah format video di Android ini pun menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan untuk mengedit video.

Video Converter MP3

Video Converter MP3 adalah salah satu aplikasi pengubah format video Android yang bisa dipakai dengan cara sederhana.

Apabila kalian punya koleksi video atau musik pada perangkat Android, lalu ingin mengkonversikannya ke format mp3, maka aplikasi ini bisa kalian pakai.

Format video yang bisa diedit memakai aplikasi ini misalnya MPEG, MP4, MP3, Vob dan masih ada yang lainnya.

Sebenarnya masih ada banyak aplikasi pengubah format video di Android. Tetapi, Format Factory for Android dan Video Converter MP3 adalah dua contoh aplikasi yang paling banyak digunakan.

Untuk bisa mengubah format video yang ada di Android, kalian memang perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut lebih duhu.  Dengan begitu, video yang sebelumnya tidak mendukung bisa diputar kapan saja tanpa harus memakai perantara. 

Cara Mengubah Format Video di Android

Untuk kalia ini, saya akan mengajak kalian untuk mengubah format video di Android dengan aplikasi Format Factory. Langkah-langkahnya cukup mudah kok.

Langkah pertama, unduh kemudian install aplikasi ini pada perangkat yang kalian pakai dan cobalah untuk menjalankannya.

Setelah itu, kalian bisa memilih video yang ingin diubah formatnya atau bisa juga file audio yang ingin diubah format suaranya.

Beriktunya, kalian pilih video yang formatnya ingin kalian ubah tersebut. Kemudian tap opsi MP4 Medium Quality pada bagian preset yang mempunyai fungsi untuk membuat video agar bisa disesuaikan secara otomatis.

Di samping itu, sesuaikan juga detail video agar kualitasnya aat diubah akan tetap jernih. Lalu, pilih opsi ‘Convert Now!’ untuk menjalankan proses konversinya.

Kalian tinggal menunggu sampai prosesnya selesai. Jika proses konversi sudah selesai, biasanya video akan langsung tersimpan di bagian memori internal pada perangkat Android kalian.

Itulah cara mnegubah format video di Android yang bisa kalian lakukan dengan Format Factory for Android. Aplikasi ini memang paling sering dipakai oleh para pengguna perangkat Android karena selain prosesnya tidak sulit, hasil konversinya pun mempunyai kualitas yang bagus.

 

READ  Tips Menghilangkan Penerusan Panggilan di Android

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.