Cara Mengubah Smartphone Jadi Pengganti Keyboard Komputer

0

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang mempunyai fungsi menjadi alat untuk menginput data berupa huruf, angka, dan simbol ke dalam komputer kita.

Tetapi, apa jadinya kalau keyboard yang kita pakai untuk input data malah mengalami masalah di bagian tombol atau tut-nya? Pasti hal ini jadi memusingkan kita.

Akan tetapi jangan khawatir, Gaes. Di jaman yang sudah canggih ini ada beberapa aplikasi yang bisa menjadikan smartphone kita sebagai pengganti keyboard. Bahkan, dengan aplikasi ini kita bisa mengendalikan semua aktivitas komputer kita lewat layar sentuh smartphone.

Caranya sangat mudah, Gaes. kalian hanya cukup melakukan download dan install aplikasi yang bernama Bluetooth Remote PC ke dalam smartphone kita. Kalian downloadnya bisa di Google Play Store.

Di aplikasi Bluetooth Remote PC ini, banyak fitur yang ditawarkan kepada para penggunanya. Seperti mengendalikan mosue, keyboard, multimedia (Aplle iTunes, Power DVD, Rhytembox, dll), presentasi Power Point, mengendalikan fungsi Power (Shutdown, restart, hibernate, sleep, switch user, lock) dan mengendalikan layar desktop kita.

Karena pembahasan kali ini adalah cara mengubah smartphone menjadi pengganti keyboard komputer, maka kita tidak bahas fungsi lain dari Bluetooth Remote PC ya, Gaes. 

Kuy, praktekkin bareng.

Pretamanya, unduh aplikasi Bluetooth Remote PC di smartphone kalian. Kemudian, unduh server Android Remote PC dan install di komputer kita. Pastikan juga bluetooth di smartphone dan komputer dalam kondisi on atau hidup.

Jika kita menggunakan Windows 10, kita harus memastikan laptop dan smartphone terpasang (paired).

 

Cara Menjadikan Smartphone sebagai Keyboard Laptop 

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menjalankan aplikasi Remote PC Server di komputer kalian. Klik opsi Bluetooth sebagai jaringan pilihan. Di smartphone, setelah kalian berhasil terhubung segera klik opsi Keyboard.

Dari sini lah, kemudian kalian bisa mulai mengoperasikan smartphone kalian sebagai keuboard. 

Coba sekarang kalian ketikkan dengan keyboard sentuh di smartphone kalian dan lihat reaksinya di laptop.

Pada menu keyboard Shortcuts, kalian bisa menemukan berbagai format jalan pintas yang umum ditemukan di komputer nantinya.

Shorcut-shortcut ini bisa kalian hapus dan diganti dengan kombinasi lainnya. Kalian juga bisa mendapatkan shortcut baru yang sekiranya sering kalian gunakan untuk bekerja.

Bagaimana? Mudah bukan caranya?

Dengan adanya aplikasi Bluetooth remote PC yang sudah terpasang di smartphone dan komputer kalian, maka pekerjaan akan leboh mudah. Utamanya saat keyboard yang kalian punyai sedang ada masalah di bagian tombol tuts-nya.

Semoga bisa menjadi tambahan ilmu dan wawasan kalian ya, Gaes. Jangan lupa untuk terus update dan berita, atau info terbaru seputar teknologi dan hal lainnya di website techjak.com. 

Jangan lupa juga untuk mencoba tips-tips yang saya berikan dan pastinya membuat kalian lebih nyaman dalam menggunakan sosial media, mencari solusi dari berbagai hal dan bertambahnya pengetahuan.

Silakan ajukan pertanyaan kalau masih ada yang bingung dan kita diskusi bareng agar semakin cerdas dan kritis menghadapi zaman yang emakin canggih dengan segala teknologi dan interaksi yang harus terus terbangun agar kita bisa saling memberi kemanfaatan baik untuk pribadi mau pun untuk orang lain di sekitar kita.

Selamat mencoba, dan jangan lupa tetap memperhatikan dan merawat keyboard di laptop untuk meminimalisir segala jenis kerusakan dan tidak membuat hal-hal kecil yang menghambat pekerjaan dan tugas kalian.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.