Cara Mengunci File atau Folder di Windows 10

0

Kalian merasa file yang kalian simpan dalam laptop atau PC kalian sangat penting dan bersfiat rahasia? Maka kalian harus menguncinya, Gaes.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah orang lain mengakses file atau folder yang kalian punya adalah dengan memberi proteksi berupa password ke file atau folder tersebut. Dengan mengunci file atau folder di Windows kalian, tentu ini akan menjadikan kalian merasa lebih aman untuk menyimpannya.

Baca Juga : Ingin Mengunci File Rahasia di Laptop Windows 10 Begini Caranya 

Setiap orang pasti mempunyai foto, gambar, dokumen atau video pribadi yang mungkin sensitif dan tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Windows 10 sendiri sebenarnya sudah mempunyai fitur bawaan yang bisa dipakai untuk mengunci folder yang diinginkan. 

Penasaran ingin tahu cara menguncinya bagaimana? Langsung simak saja kuy!

Cara Mengunci File dan Folder dengan Aplikasi Bawaan Windows 10

Cara ini hanya akan mengunci file atau folder di Windows saat ada user lain yang mencoba mendapatkan aksesnya. Untuk mengunci file dan folder di Windows 10 tanpa aplikasi, berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

Baca Juga :  .Cara Mengunci Word Agar Tidak Bisa Dicopy atau dan Diedit Orang Lain

Pertama, kalian buka File Explorer dan klik kanan pada file atau folder yang ingin kalian beri password, lalu klik Properties. Kemudian kalian tap opsi Advanced.

Selanjutnya, kalian tap opsi “Encrypt contents to secure data” dan pilih OK.  Setelahnya tap opsi Apply.

Nantinya Windows akan mengkonfirmasi untuk mengenkripsi file atau folder yang kalian pilih. Kalian bisa memilih untuk mengunci folder utama saja dengan mengklik “Apply changes to this folder only” atau memilih untuk mengunci semua yang ada di dalam folder dengan mengklik “Apply changes to this folder, subfolders and files”.

Sesudah itu Windows akan meminta kalian untuk membackup encryption key yang bisa kalian pakai jaga-jaga jika suatu saat kalian kehilangan akses untuk membuka file atau folder yang kalian kunci sebelumnya.

Untuk perhatian kalian, kalau kalian tidak mendapatkan pop-up yang meminta untuk back up encryption key, kalian bisa melihat notifikasi yang ada di sebelah kanan bawah layar dan klik pada notifikasi dan klik “Back up your file encryption key”

Ketika proses back up selesai, file atau folder milik kalian akan dikunci dan terikat pada user atau akun Windows. Dengan cara ini, maka orang lain dengan user Windows berbeda tidak dapat mengakses file atau folder kalian.

Baca Juga : Tips Mengunci Akun Twitter Agar Lebih Aman

Kalian bisa menghapus enkripsi file atau folder dengan cara kembali ke Properties, lalu Advanced dan hilangkan tanda centang pada “Encrypt contents to secure data box”.

Akan tetapi harus diingat bahwa metode ini hanya mengunci folder atau file milik kalian dari akses user Windows lain sehingga orang lain yang masuk memakai komputer dengan user milik kalian masih dapat mengakses file atau folder milik kalian dengan mudah.

Itu tadi cara untuk mengunci file atau folder di Windows 10 yang bisa kalian gunakan, Gaes. Dengan begitu kalian akan merasa aman saat ada orang lain meminta akses kalian, data kalian tetap aman.

Baca juga : Tips Mengunci Aplikasi di Smartphone Samsung Semua Tipe

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk terus update berita dan informasi lainnya seputar ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru setiap hari di website ini. Kalian akan mendapatkan berita terbaru yang up to date, baik dari dalam dan luar negeri hanya di techjak.com. Termasuk tips-tips keren dan berbagai review perangkat mobile terbaru juga game terbaik yang selalu hadir setiap harinya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.