Cara Mengunci File dan Folder di Windows 10 dengan Windows BitLocker

0

Mengunci file dan folder dengan  fitur bawaan yang Windows memang tidak menawarkan proteksi yang cukup kuat. Ini karena orang lain masih bisa mengakses file atau folder kalian jika menggunakan user milik kalian saat login.

Oleh sebab itu, kalian membutuhkan aplikasi selain dari fitur bawaan agar lebih aman dan terproteksi dengan baik. Nah, kali ini kalian bisa mengunci file dan folder di Winwods 10 dengan Windows BitLocker.

Baca Juga : Cara Mengunci File atau Folder di Windows 10

Apabila kalian menginginkan proteksi file dan folder yang lebih kuat kalian bisa mengaktifkan fitur Windows BitLocker ini. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ya, Gaes.

Langkah pertama, kalian Klik start kemudian ketik Disk Management dan buka “Create and Format Hard Disk Partition” untuk membuka Disk Management. Selanjutnya tap opsi Action.  Lalu, pilih Create VHD.

Kalian bisa langsung tap opsi Browse untuk memilih di mana kalian akan menyimpan virtual disk dan beri nama virtual disk tersebut.

Berikutnya pada bagian “Virtual hard disk size”, pilih kapasitas yang akan kalian gunakan untuk menyimpan file atau folder yang akan kalian kunci nantinya.

Langkah selanjutnya, kalian klik “Dynamically expanding” agar kapasitas virtual hardisk masih bisa berkembang selagi kalian menyimpan file atau folder yang lebih banyak.

Baca Juga : Tips Mengunci Akun Twitter Agar Lebih Aman

Selanjutnya, klik kanan pada Disk 2 dan tap opsi Initialize Disk. Jangan lupa beeri centang dan pilih MBR (Master Boot Record) lalu tekan OK.

Setelah itu kalian klik kanan pada bagian Unallocated di Disk 2 dan pilih New Simple Volume.

Tekan tombol Next terus sampai ke bagian Format Partition dan pastikan File system yang digunakan berjenis NTFS, Allocation unit size biarkan default dan beri nama pada Volume Label sesuka kalian. Pastikan juga “Perform a quick format” sudah tercentang.

Baca Juga : Cara Mengunci Sinyal $G LTE Smartphone Vivo

Kemudian tap opsi Next dan Virtual hard disk milik kalian yang akan dipakai untuk BitLocker sudah selesai dibuat.

Sesudah virtual hard disk selesai dibuat, kini saatnya mengaktifkan BitLocker pada disk tersebut.

Kalian buka Control Panel dan pilih System and Security. Lalu klik BitLocker Drive Encryption. Tekan tombol pada virtual hard disk yang baru saja kalian buat dan pilih “Turn on BitLocker”.

Sesudah itu centang “Use a password to unlock the drive” dan ketik password yang kalian inginkan. Ingat ya, Gaes. Password yang kalian pakai harus mempunyai huruf besar, huruf kecil, angka, spasi dan simbol.

Baca Juga : Tips Mengunci Aplikasi di Smartphone Samsung Semua Tipe

Kalian bisa membackup recovery key untuk jaga-jaga jika suatu saat kalian lupa password yang sudah kalianbuat tadi.

Di sini ada beberapa opsi yang bisa dipakai, antara lain adalah menyimpannya di akun Microsoft milik kalian, menyimpannya di USB, menyimpannya dalam bentuk file atau print recovery key untuk disimpan secara offline.

Apabila kalian menyimpan recovery key ke file, kalian hanya bisa menyimpannya di USB flash disk atau hardisk eksternal.

Baca Juga : Ingin Mengunci File Rahasia di Laptop Windows 10 Begini Caranya

Klik “Encrypt used disk space only” dan tap opsi Next. Kemudian tekan menu “Compatible mode” dan pilih Next. Yang terakhir, pilih Start encrypting dan tunggu proses enkripsi selesai.

Sesudah kalian selesai, restart komputer dan disk kalian sudah selesai dienskripsi. Kalian bisa mengaktifkan disk dengan cara klik dua kali disk tersebut dan masukkan password yang sudah dibuat.

Kalian juga bisa mengaktifkan auto-lock pada virtual disk kalian lewat System and Security di Control Panel.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.