Cara Mengunci Folder

0

Apabila kalian ingin menjaga privasi file di laptop atau komputer windows, salah satu solusinya ada;ah dengan cara mengunci folder tersebut agar seluruh data tidak bisa dibuka oleh orang lain.

Sebagian orang, mungkin mempunyao file atau data di laptop yang tidak boleh dilihat orang lain. Apalagi jika file tersebut diambil oleh orang yang tidak kalian inginkan.

Sistem operasi windows memang memberikan opsi keamanan berupa akses password sebelum masuk ke desktop. Tetapi, bagaimana kalau teman atau saudara ingin meminjam laptop atau komputer kalian?

Karena itu, kalian harus mengamankan semua data dan file tersebut ke dalam satu folder dan kemudian menguncinya. Dengan demikian, kalian tidak perlu khawatir ketika laptop atau komputer sedang dipinjam oleh teman kalian.

Cara Mengunci Folder di Laptop

Ada beberapa cara untuk mengamankan data dan file rahasia di PC atau laptop kalian. yang paling umum adalah dengan memakai password folder sehingga orang lain tidak bisa membukanya.

Untuk melakukannya, kalian ada dua pilihan metode, cara mengunci folder tanpa software dan memakai bantuan software. 

Cara mengunci folder ini bisa kalian coba pada laptop atau komputer dengan sistem operasi windows xp, 7, 8/8.1, ataupun 10. 

Secret Folder

Secret Folder merupakan software yang bisa membantu kalian untuk mengamankan file dan data di laptop atau komputer dengan sistem kunci folder. Ukuran 4MB saja, jadi kalian tidak perlu khawatir karena software ini cukup ringan.

Cara mengunci folder di laptop memakai Secret Folder yang pertama adalah download software Secret Folder.

Selanjutnya ekstrak file zip dan jalankan file exe nya. Nanti di tahap instalasi, klik English kemudian tap OK. Jangan lupa berikan centang I accept the agreement, Next.

Setelahnya, atur password sesuai yang kalian inginkan. Kemudian masukkan juga email recovery untuk solusi lupa password. Terakhir, untuk kunci folder, tap tombol +Add lalu Lock.

Selesai folder di lock, maka folder tidak akan terlihat di file explorer. Ada terlihat folder kembali, kalian harus unlock dengan software ini.

Sedangkan untuk menghapus software ini, kalian harus memasukkan password yang sudah kalian atur di tahap instalasi. Dengan begitu, saat ada seseorang yang berusaha ingin uninstal secret folder, mereka akan mendapatkan kesulitan.

Melalui Properties

Sistem operasi windows 10 sudah mempunyai fitur bawaan yang bisa dipakai untuk mengunci folder. Karena itu, untuk memakai metode ini kalian harus menggunakan windows 10 dan sudah memberikan kata sandi di windows kalian.

Cara mengunci folder di laptop dengan properties pertamanya mencari folder yang ingin dikunci. Lalu klik kanan, dan tap Properties.

Berikutnya, tap tombol Advanced. Jangan lupa centang Encrypt contents to secure data dan tap opsi OK.

Kemudian tap tombol Apply untuk menerapkan. Di sana kalian akan diberikan dua opsi yaitu apakah ingin mengunci folder luar saja atau termasuk file di dalamnya. Terakhir pilih tombol OK.

Selanjutnya windows akan mulai mengunci folder tersebut. Untuk lama proses yang diperlukan sesuai ukuran dan banyaknya file yang ada di dalam folder. Biasanya, semakin besar ukuran dan semakin banyak file, maka butuh waktu yang cukup lama.

Folder yang dikunci akan menerapkan kata sandi di windows kalian. Karena itu pastikan kalian sudah mengatur password windows terlebih dahulu sebelum mencoba cara di atas.

Dengan 7zip

Dengan software ini, kalian juga bisa mengunci folder yang berisi file atau data pribadi agar privasi kalian tetap terjaga.

Cara mengunci folder dengan 7Zip yang pertama yaitu melakukan instal software 7zip dahulu. Selanjutnya cari folder yang akan dikunci.

Kemudian klik kanan folder tersebut, klik 7zip, dan tap Add to archive. Akibatnya jendela 7zip akan terbuka. Langsung klik opsi Zip di bagian Archive format.

Setelah itu, masukkan password dua kali di bagian Encryption. Dan yang terakhir, tap tombol OK kemudian tunggu proses sampai selesai.

Hasilnya, semua file dan data yang ada di dalam folder akan dipindahkan ke dalam file ZIP. Saat kalian membuka file ZIP tersebut, maka kalian harus mengetikkan password yang sesuai dengan yang sudah kalian atur.

Dengan Notepad

Notepad ini aplikasi bawaan dari windows yang biasanya digunakan untuk mencatat atau menyimpan sebuah teks. Walaupun fungsinya sederhana, tapi notepad juga bisa dipakai untuk mengunci folder di windows.

Caranya yang pertama, masuk ke dalam folder yang ingin dikunci. Kemudian buat file txt, klik kanan, tap opsi New, dan pilih opsi Text Document.

Selanjutnya copas script berikut ke dalam file txt tersebut pastebin.

Kemudian ubah PASSWORD_DISINI dengan password yang diinginkan.

Segera Save As text tersebut dan berikan nama kunci.bat serta ubah opsi Save as type menjadi All files

Berikutnya double klik file bat tersebut, maka akan muncul folder Private. Segera pindahkan file dan data rahasia kalian ke dalam folder Private.

Langkah berikutnya, jalankan kembali kunci.bat maka akan muncul jendela CMD, tekan tombol Y lalu tekan tombol Enter.

Selanjutnya, folder Private akan secara otomatis menghilang.

Kini file dan data yang di dalam folder private tidak akan bisa dilihat oleh orang lain. Untuk mengembalikannya, cukup jalankan kunci.bat lalu masukkan password yang sesuai dengan yang kalian atur di script bat.

Selesai kalian mengetahui bagaimana cara mengunci folder di windows baik melalui password ataupun menyembunyikannya, kalian kini bisa menjaga privasi file dan data penting agar tetap rahasia.

Keempat cara di atas sudah terbukti ampuh untuk mengunci folder di komputer dan laptop windows. Cukup gunakan salah satunya yang menurut kalian paling mudah dan efektif.

Selamat mencoba!

READ  Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Android

Leave A Reply

Your email address will not be published.