Cara Mengunci Word agar Tidak Bisa Dicopy atau dan Diedit Orang Lain

0

Gaes, seiring perkembangan teknologi, kemajuan berfikir seseorang kadang berjalan di tempat. Maksud saya di sini, mereka terlalu mager dengan adanya teknologi, dan kemudian melahirkan generasi instan yang mau hidup enak tapi tidak mau melalui proses untuk menuju enak tersebut.

Seperti saat seseorang mengerjakan sesuatu di Ms Word, ternyata ada saja orang iseng yang berhasil mecnuri datanya. Kita tidak bisa complain karena kita tidak tahu bagaimana cara mengunci file Word kita agar tidak bisa dicopy dan diedit orang lain.

Nah, agar file word kalian bisa aman, kalian bisa loh mengunci word dengan password agar tidak bisa dicopy dan diedit orang lain. 

Cara mengunci word agar tidak bisa di copy ini bisa kalian pakai di Microsoft Word versi 2007, 2010, 2013, dan 2016. Kalau kalian sedang mencari tahu cara mengunci Word, kalian sedang berada di artikel yang tepat.

Benar, Gaes. Ada saatnya kita tidak ingin dokumen yang kita punya itu diakses oleh sembarangan orang. Dokumen yang dimaksud adalah berupa file word, excel, pdf, dan juga yang lainnya. 

Mungkin saja file dokumen tersebut berisi data penting, apalagi terkait dengan data perusahaan. Karena itulah, langkah yang paling tepat untuk mendegah orang lain dapat mengakses file dokumen tersebut yaitu dengan mengunci word dengan password yang hanya kita yang tahu.

Di sini, saya akan membahas bagaimana caranya agar kita bisa mengunci file word dengan password agar tidak di copy dan diedit oleh orang lain. Tutorial ini saya coba di aplikasi Microsoft Word 2016

Cara Mengunci Word agar Tidak Bisa Dicopy Orang Lain

Gaes, ada beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk mengunci file word di bawah ini. Dan jangan khawatir, caranya mudah dan sederhana. Langsung saja kita kuy!

Pertamanya, kalian buka aplikasi Microsoft Word. Lalu klik Review di bagian atas. Setelah masuk ke menu Review, klik pilihan Restrict Editing

Beberapa waktu kemudian akan muncul beberapa menu dari Restrict Editing. Selanjutnya kalian centang di beberapa menu di dalam Restrict Editing di  antaranya Formatting Restriction dan Editing Restriction. Kemudian di bagian Exceptions (optional) bagian kolom Everyone.

Selanjutnya, masukkan password untuk mengunci file word. Kalian hanya perlu mengisi password di dalam kolom yang tersedia. Lalu pilih tombol Ok

Setelah kalian menerapkan langkah-langkah yang saya berikan, maka file word akan terkunci. Dengan demikian siapa saja yang membuka file tersebut, mereka tidak akan bisa mengedit atau mengcopy isinya.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa kalian praktekkin, Gaes. Langkah untuk mengunci word agar tidak bisa dicopy atau diedit orang lain dengan mudah dan dijamin aman.

Kalau kalian punya cara lain mengunci file Word, kalian bisa bagi ke kita semua di kolom komentar di bawah ini ya, Gaes.

Terima kasih, dan semoga memberikan manfaat untuk kalian ya. Memberi pelajaran dan hikmah agar tidak sembarangan mencopy dan mengedit file word orang lain yang mungkin saja menjadi data penting dari orang yang kita ambil file word-nya.

Jangan lupa terus update di website ini ya. Akan hadir selalu setiap hari, berita dan tips terkini yang siap membuat anda cerdas dan makin bersemangat untuk terus berkarya demi masa depan.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.