Cara Menjaga Kerahasiaan Data di Sosial Media

0

Adanya perkembangan teknologi, khususnya dunia internet belakangan ini melaju peasat. Salah satu bukti perkembangannya adalah banyak muncul website sosial media.

Akan tetapi, ada dampak negatif yang muncul saat kita memanfaatkan sosial media yaitu, data-data kalian sangat riskan dibobol orang lain. Mungkin diretas, atau bisa saja dihack untuk kepentingan pribadi mereka dan merugikan kalian.

Salah satu sosial media yang rentan diretas atau dicuri datanya adalah Facebook. Bahkan, beberapa waktu kemarin ramai kabar jika Facebook kebocoran data para penggunanya ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, saya di sini akan membagikan cara menjaga kerahasiaan data di sosial media. Termasuk sosial media seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter.

Cara Menjaga Kerahasiaan Data Di Sosial Media

Batasi Informasi yang Dibagikan di Sosial Media

Kalian mungkin merasa perlu update di sosial media. Bahkan sampai apapun yang kalian lakukan, kalian update status. Seperti sarapan, berangkat kerja, dalam perjalanan, sampai kantor, waktu kerja, makan siang, perjalanan pulang, sampai sesaat sebelum tidur pun diupdate juga statusnya.

Padahal kalau kalian sadar, karena terlalu sering berbagi status di sosial media seperti Facebook, justru orang-orang akan lebih mudah mengamati kalian dan memberi dampak buruk.

Kita sudah melihat banyak kasus berkaca dari kejadian yang ada, misalnya, seseorang kemalingan rumahnya karena ia update status akan meninggalkan rumahnya, dan ternyata rumahnya tidak mempunyai sistem keamanan yang memadai. Akibatnya, orang yang punya niat jahat mengetahui bahwa rumah yang bersangkutan sedang kosong, mereka memanfaatkan kesempatan untuk mencuri di rumah tersebut.

baca juga : Aktif di Media Sosial Namun Ingin Tetap Hemat Quata

Karena itu saran saya, kalian update status, tapi seperlunya saja.

Manfaatkan Fitur Privasi Profil

Sekarang, hampir semua sosial media mempunyai fitur privasi. Adanya fitur privasi ini membuat kalian lebih spesifik membagikan kiriman ke orang-orang tertentu saja. Apa yang kalian bagikan di sosial media pun hanya bisa terlihat oleh orang-orang tertentu saja, contohnya teman dekat kalian.

Dengan adanya fitur privasi ini, data-data dan informasi kalian bisa lebih sedikit kemungkinan jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

baca juga : Posting Foto ke Instagram Sekaligus ke Medsos Lainnya

Bertemanlah Dengan Orang-orang yang Dikenal

Tidak bisa dipungkiri, sosial media mmebuat kita jadi mudah berkenalan dengan orang-orang baru. Bahkan dengan jarak yang sangat jauh pun, bukan jadi penghalang untuk kita berkenalan.

Yang bisa saya katakan di sini, usahakan untuk berteman hanya dengan orang-orang yang kalian kenal secara langsung. Ini karena, ketika kalian terlalu banyak berteman dengan orang-orang tak dikenal, bisa jadi mereka stalking kamu dengan mudahnya.

baca juga : Mengganti Password Instagram tapi Lupa Password lama

Gunakan Password yang Kuat Dan Sulit Ditebak

Gaes, ketika kalian mempunyai akun sosial media, pastinya kalian bisa memanfaatkannya untuk berbegai keperluan. Dimulai dari upload foto, status, sampai mengirim dan menerima pesan. Akan tetapi, terkadang ada hal rahasia yang tidak boleh orang lain tahu.

Coba kalian bayangkan apa jadinya saat ada seseorang yang bisa masuk ke akun sosial media kalian. Gawat bukan..

baca juga : Lupa Password Akun Gmail Kamu ?

Karena itu, pakai password yang kuat dan sulit ditebak untuk memberi keamanan akun sosial media kalian.

Tutup Akun

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa kalian lakukan saat benar-benar merasa khawatir dengan pencurian data yang saat ini marak menjadi pemberitaan.

Setelah kalian menutup akun, pastinya tidak ada lagi yang bisa stalking ke akun sosial media kalian, bahkan kalian sendiri juga tidak bisa lagi melihatnya.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk menjaga kerahasaiaan data di sosial media.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.