Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

0

Pemilik smartphone Android pasti tahu Google Assistant. Asisten digital dari Google ini memang semakin hari semakin baik dan akurat. Google menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk membuat Google Assistant lebih optimal dalam beberapa tahun ini.

Tetapi tidak ada teknologi yang sempurna, Google Assistant kadang malah membuat kalian frustasi sebab kadang muncul secara tiba-tiba.

Hal itu pasti membuat jengkel terlebih lagi saat kalian sedang membuka game fps Android atau aplikasi tertentu dan Google Assistant muncul. Beberapa smartphone bahkan langsung menutup aplikasi yang sedang berjalan saat Google Assistant ini datang.

Baca Juga :Lindungi Google Assistant Dan Apple Siri Agar Tidak Diretas Begini Caranya

Parahnya lagi, kalau Google Assistant muncul saat kalian meletakkan smartphone, misalnya di dalam kantong atau tas.

Penyebab Munculnya Google Assistant

Google Assistant biasanya muncul saat kalian menekan tombol tertentu untuk waktu yang cukup lama. Ditambah lagi kalau smartphone kalian masih memakai tombol home fisik. Kadang pun, tombol tidak sengaja tertekan saat kalian memasukkan smartphone ke dalam kantong.

Di samping itu, beberapa smartphone juga punya tombol Google Assistant fisik, biasanya ponsel ini bagian dari Android One.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Akurasi Hasil Pencarian Google

Ada banyak cara untuk mematikan Google Assistant, dan cara ini bisa kalian pakai untuk semua merk smartphone yang menjalankan Android seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Sony, LG dan lain-lain.

Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

Apabila kalian sudah bosan mendengar Google Assistant dan ingin mematikannya secara permanen, kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut.

Pertamanya, kalian buka aplikasi Google. Kemudian pilih More (tiga titik sejajar di sebelah kanan bawah). Kemudian klik opsi Settings. Tap opsi Google Assistant. Klik Assistant, lalu scroll ke bawah dan klik Phone.

Kalian hanya perlu menekan tombol di sebelah Google Assistant untuk menonaktifkannya.

Baca Juga ; Cara Mengetahui Smartphone Diretas

READ  Tips Amankan Aplikasi Video Konferensi Zoom dari Ancaman Zoom Bombing

Dengan begitu maka Google Assistant tidak akan muncul lagi.

Cara Mematikan Google Assistant yang Sering Muncul

Cara di atas tadi dipakau untuk mematikan Google Assistant secara permanen. Akan tetapi pada dasarnya ada alternatif lain menghindari Google Assistant yang sering muncul secara tiba-tiba.

Penasaran? Kuy simak caranya!

Langkah awal, kalian bisa membuka Settings atau Pengaturan. Kemudian kalian klik Applications atau Apps. Selanjutnya tap opsi Default application, lalu klik Assist and voice input.

Pada menu ini kalian bisa memilih None untuk menonaktifkan Google Assistant.

Baca Juga : Google Meet Diupdate untuk Melawan Dominasi Zoom

Apabila kalian pengguna ponsel Xiaomi, pada bagian setelah membuka Apps, kalian bisa pilih Manage Apps dan klik Menu (tiga titik di bagian kanan atas) lalu baru klik default apps. Setelahnya kalian ikuti langkah selanjutnya seperti di atas.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi sering munculnya Google Assistant di smartphone kalian.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian dan menambah pengetahuan kalian juga.

Baca Juga ; Cara Video CAll Gratis Google Duo Sampai 12 Orang

Jangan kupa untuk update berita dan informasi lainnya seputar ilmu pengetahuan dan teknologi hanya di techjak.com. Ada pula tips keren yang bisa menjadi jawaban masalah kalian saat ini. Banyak review perangkat hardware maupun perangkat mobile, dan juga game yang terbaik untuk kalian dan selalu up to date setiap harinya.

Kalian bisa menyampaikan pertanyaan di kolom komentar jika ada yang ingin disampaikan. Atau mungkin ingin menambahkan cara mengatasi Google Assistant yang sering muncul di smartphone.

Sampai bertemu di artikel yang lainnya. 

Tetap semangat untuk terus berkembang dan berkarya dengan segala kreatitivas kalian ya.

Selamat mencoba, dan salam teknologi, Gaes!

Leave A Reply

Your email address will not be published.