Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Waktu

0

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi bertukar pesan instan atau chatting yang cukup populer bagi semua pengguna smartphone. Fitur yang diberikan Whatsapp juga sangat bermanfaat untuk berinteraksi ataupun berkomunikasi baik lewat media pesan singkat, panggilan telepon dan video call.

Sistem kerja whatsapp juga mudah dipahami sebab menghadirkan tampilan dan navigasi sederhana. Hanya dengan menyambungkan perangkat smartphone kalian  ke jaringan wifi atau data seluler, secara otomatis aplikasi Whatsapp bisa bekerja untuk menerima pesan-pesan yang masuk.

Akan tetapi ada sebagian orang merasa terganggu atau tidak ingin diganggu oleh pesan yang masuk di whatsapp. Mereka sering mematikan data internet, atau mencopot aplikasi whatsapp.

Hanya saja, cara di atas sangat merepotkan karena harus mematikan internet dan menghambat pekerjaan yang lain. Lalu bagaimana cara menonaktifkan whatsapp sementara tanpa mematikan data internet dan tanpa menghapus aplikasi? 

Di bawah ini ada beberapa cara menonaktifkan WA sementara di android, untuk merek smartphone Samsung, Oppo, Xiaomi, Realme, Vivo dan merek lainnya.

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara

Ada beberapa cara untuk menonaktifkan whatsapp sementara yang dapat kalian pakai. Kalian cukup memilih cara mana yang cocok untuk kalian. Kalian bisa memilih mulai dari memakai bantuan aplikasi ataupun tanpa aplikasi agar wa kalia bisa dinonaktifkan sementara waktu.

Memakai Bantuan Aplikasi Mobiwol

Aplikasi Mobiwol merupakan aplikasi yang berguna untuk menghentikan aplikasi yang ada di smartphone Android. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa memberikan batasan untuk koneksi internet yang digunakan dalam aplikasi.

Aplikasi ini bia kalian pakai secara gratis dan dipasang melalui playstore. Selain whatsapp, aplikasi mobiwol juga mendukung untuk menonaktifkan aplikasi LINE, Facebook, Instagram dan aplikasi lainnya.

Langkah cara menonaktifkan whatsapp sementara dengan mobiwol yang pertama, dengan instal dan buka aplikasi mobiwol di samrtphone android kalian.

Selanjutnya aktifkan opsi Firewall Status agar berubah menjadi On. Kemudian masuk ke opsi Firewall Rules dan cari aplikasi WhatsApp. Setelah itu klik pada ikon wifi dan sinyal agar berubah menjadi gelap.

Ikon wifi bermanfaat untuk menonaktifkan whatsapp saat kalian memakai jaringan wifi. Di sisi lain, ikon sinyal berguna untuk menonaktifkan wa saat kalian memakai data seluler.

Ketika ikon berubah menjadi gelap, artinya whatsapp sudah tidak terkoneksi lagi dengan internet dari wifi ataupun data seluler. Dengan begitu aplikasi whatsapp kalian tidak akan menerima pesan masuk sampai kalian aktifkan kembali.

Kalian bisa mengaktifkan kembali WhatsApp dengan mengubah Firewall Status menjadi OFF di langkah yang ada di atas tadi.

Cara Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Aplikasi

Jika cara di atas terlalu rumit sebab mengharuskan memasang aplikasi dahulu. Kalian bisa mencoba cara menonaktifkan whatsapp sementara tanpa aplikasi ini.

Kalian cukup mengakses menu pengaturan di smartphone android lalu cari menu Manajer aplikasi atau Aplikasi terinstal. Selanjutnya pilih aplikasi Whatsapp dari daftar aplikasi yang muncul. Setelah itu tap opsi Stop atau Force Stop atau Paksa Berhenti. Terakhir, Oke untuk konfirmasi.

Sesudahnya kalian telah berhasil menonaktifkan WhatsApp dan semua pesan tidak akan masuk ke WA kalian sampai kalian membuka aplikasi whatsapp.

Di setiap menu pengaturan merek smartphone android akan berbeda-beda tergantung ROM yang dipakai. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya sama saja dan tidak akan berbeda jauh.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

READ  Cara Menggunakan Anonymox

Leave A Reply

Your email address will not be published.