Cara Menyambungkan Smartphone Android ke TV

0

Smartphone dan televisi (TV) sebenarnya merupakan dua perangkat teknologi yang berbeda. Seiring dengan berkembangnya peradaban dan teknologi, maka kombinasi, sampai penggabungan keduan pun mulai semakin jelas terlihat saat ini.

Kalau dulu kalian hanya bisa pasrah main game di layar smartphone seadanya, sekarang ini sangat mungkin untuk kalian bisa menghubungkan smartphone Android ke TV supaya layarnya lebih besar.

Cara untuk menghubungkannya pun cukup mudah, kalian bisa menghubungkan smartphone Android kalian ke TV tanpa atau memakai kabel.

Mau tahu caranya? Berikut ini cara menyambungkan HP Android ke TV dengan mudah.

Cara Menyambungkan Smartphone Android ke TV

Ketika teknologi terus mengalami perkembangan, fungsi utama televisi kini sudah bisa dimanfaatkan ke hal lain seperti misalnya menjadi monitor tambahan buat kalian bermain game di smartphone.

Tetapi  ternyata, tidak semua orang tahu hal ini atau bahkan tahu cara yang harus dilakukan untuk menyambungkan smartphone ke TV.. Nah, saya di sini hadir untuk menjelaskan cara menyambungkan smartphone ke TV dengan mudah tanpa atau memkaia kabel, Gaes.

Cara Menyambungkan Smartphone Android ke TV dengan Kabel

Sebelum kalian mengikuti langkah yang saya berikan, kalian membutuhkan sebuah kabel micro HDMI to HDMI untuk bisa melakukan cara pertama ini.

Ketika kalian sudah mempunyai kabel HDMI yang dibutuhkan, dan juga memastikan bahwa kabel tersebut kompatibel dengan smartphone ataupun TV, maka kalian bisa mulai mencoba menghubungkan kedua perangkat. 

Pertama-tama, kalian matikan TV yang akan disambungkan ke smartphone. Kemudian ubungkan smartphone Android ke TV memakai kabel HDMI yang sudah tersedia. Ujung yang kecil (micro HDMI) untuk dipasang ke smartphone, sedangkan ujung yang besar (HDMI) untuk dipasang ke soket TV yang bertuliskan HDMI. Kalau sudah terpasang, nyalakan kembali. Lalu pindahkan saluran ke opsi HDMI.

Untuk smartphone, aktifkan menu HDMI Connection yang ada di smartphone dengan memberi checklist alias tanda centang pada opsi tersebut.

Nah, tampilan layar TV kalian kini sudah sama dengan apa yang ada di tampilan layar smartphone. Dengan kata lain, kedua perangkat sudah saling terhubung, Gaes.

Cara Menyambungkan Smartphone Android ke TV Tanpa Kabel

Di samping memakai bantuan kabel, kalian juga bisa menghubungkan smartphone ke TV tanpa memakai kabel alias wireless. Cara ini lebih praktis, karena hanya membutuhkan spesifikasi smartphone serta TV yang khusus untuk melakukannya.

Ada 2 cara untuk melakukan hal ini, yaitu memakai alat eksternal bernama Chromecast atau memakai fitur bawaan Miracast dari smartphone.

Cara Menghubungkan Smartphone ke TV Tanpa Kabel dengan Chromecast

Chromecast merupakan sebuah perangkat adapter atau dongle HDMI buatan Google yang bisa kalian pakai gunakan streaming musik, film, bahkan mengakses internet di TV kalian. Chromecast mempunyai 3 fitur yang bermanfaat untuk menyambungkan layar smartphone kalian ke TV, yaitu App CastingTab Casting, dan Screen Casting.

Apabila kaliana sudah menghubungkan Chromecast ke smart TV yang kalian punya, kalian bisa langsung mengikuti langkah-langkah dari saya.

Pertamanya, install aplikasi Google Home di smartphone Android kalian. Salah satu fitur dalam aplikasi ini memungkinkan kalian untuk mengontrol Chromecast. Langsung aja download.

Setelahnya, aktifkan WiFi di samrtphone kalian. Beralih ke TV kalian,  dan pindahkan saluran ke HDMI dengan remote yang kalian punya.

Nantinya kalian akan diminta melakukan proses sinkronisasi dengan memasukkan kode yang muncul di layar TV. Masukkan kode tersebut dan seketika, smartphone dan TV kalian akan terhubung.

Cara Menghubungkan Smartphone ke TV Tanpa Kabel dengan Miracast

Miracast atau biasa disebut dengan Wireless Display adalah sebuah fitur bawaan dalam smartphone yang memungkinkan kalian untuk menghubungkan smartphone ke layar TV hanya dengan koneksi WiFi.

Jika smartphone kalian sudah punya fitur Miracast atau Wireless Display, kalian tidak perlu lagi membuang uang dengan membeli Chromecast seperti di atas.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memastikan smartphone kalian sudah mendukung fitur Miracast atau Wireless Display terlebih dahulu. Kemudian nyalakan TV kalian, dan pada menu opsi carilah setelan yang berfungsi untuk mengaktifkan setelan Miracast / Screen Mirroring.

Biasanya setiap merk TV mempunyai setelan masing-masing. Carilah informasi di Google tetantang cara menyetel Miracast sesuai merk TV yang kalian pakai.

Ketika kalian sudah mengaktifkan Miracast / Screen Mirroring, TV kalian akan langsung memindai smartphone yang mengaktifkan fitur Wireless Display.

Langkah selanjutnya, buka smartphone kalian, lalu buka menu Settings. Dan selanjutnya  klik pada Connection & Sharing, dan pilih opsi Cast.

Kalian harus ingat bawah setiap brand samrtphone mempunyai setelah masing-masing meski bedanya tidak terlalu banyak. Terakhir, kalian aktifkan cast. Lalu smartphone kalian akan memindai TV yang sedang mengaktifkan Miracast juga. Tunggulah sampai TV kalian mendeteksi smartphone atau sebaliknya.

Manfaat Menyambungkan HP ke TV

Saat kita sudah memahami cara menyambungkan smartphone Android ke TV, mari kita bahas mengenai apa manfaat jika dua perangkat ini disambungkan.

Manfaat menyambungkan dua perangkat ini antara lain yaitu menjadikan aktivitas yang kalian lakukan di smartphone lebih nyaman karena bisa kalian lakukan di layar TV yang tergolong lebih lebar. Apalagi jika TV kalian sudah mempunyai kualitas layar HD, ultra HD atau lebih tinggi.

Aktivitas seperti gaming atau nonton film bareng teman dan kerabat tentu akan lebih menyenangkan jika dilakukan di layar TV.

Gaes, demikianlah cara menyambungkan smartphone Androdi ke TV. Kini aktivitas gaming, nonton film, atau aktifotas lainnya jadi makin seru setelah kalian tahu sara menggabungkan TV dan smartphone dalam satu manfaat.

Semoga bermanfaat, Gaes.

Salam teknologi!

READ  Cara membaca pesan WhatsApp yang sudah dihapus 2020

Leave A Reply

Your email address will not be published.