Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

0

Banyak orang yang ingin menyembunyikan aplikasi di smartphone Android karena ingin menjaga privasi mereka. Lalu apakah kalian pernah melihat teman yang membuka aplikasi tertentu ketika meminjam smartphone kalian? Membuat kesal bukan?

Gaes, memang dengan menyembunyikan aplikasi di smartphone Android, kalian bisa menghindari dari gangguan tersebut. Kalian akan jadi lebih tenang karena bisa menyembunyikan aplikasi di smartphone Android yang kalian inginkan supaya tidak tampil di daftar aplikasi.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Ada banyak cara untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone. Mulai dari memakai aplikasi pihak ketiga sampai tanpa bantuan aplikasi.

Menyembunyikan aplikasi di smartphone Android berlaku untuk semua merk smartphone. Kalian juga tidak perlu akses root smartphone Android supaya bisa menyembunyikan aplikasi, bahkan smartphone tanpa root pun juga bisa.

Menyembunyikan Tanpa Aplikasi

Metode menyembunyikan aplikasi pertama yaitu melalui fitur bawaan di smartphone Android. Kalian tidak perlu bantuan aplikasi tambahan untuk memakai cara yang pertama ini.

Pergilah ke menu Pengaturan smartphone Android. Lalu masuk ke menu Apps atau Aplikasi. Selanjutnya, cari aplikasi yang ingin disembunyikan.

Selanjutnya, masuk ke dalam pengaturan aplikasi tersebut. Kemudian klik opsi Disable.

Setelah itu, aplikasi akan dinonaktifkan sampai tidak muncul di daftar aplikasi. Cara hide aplikasi ini termasuk cara yang sangat mudah dilakukan di smartphone Android.

PrivacyHider

Aplikasi ini bisa menyembunyikan aplikasi di smartphone Android dan cukup ampuh. Kalian dapat menyembunyikan aplikasi dengan membuatnya berubah menjadi ikon dari aplikasi lain. Contohnya menyembunyikan aplikasi wa dengan mengubahnya menjadi kalkulator atau alarm.

Cara kerja aplikasi ini mudah. Kalian cukup download aplikasi PrivacyHider lewat Playstore.

Selanjutnya, buka aplikasi lalu klik ikon plus. Kemudian pilih aplikasi yang akan disembunyikan. Klik tombol Done.

Setelah itu buka menu dan tap opsi Protection for PrivacyHider. Lalu klik ikon aplikasi sebagai pengganti yang kalian inginkan. Contohnya kalkulator, maka aktifkan Cover To Calculator.

Terakhir berikan password dan masukkan email kalian.

Aplikasi berhasil disembunyikan dengan mengganti ikonnya. Supaya lebih aman, kalian bisa mencopot pemasangan aplikasi yang asli.

App Hider

App Hider ini aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi yang ada di smartphone Android no root. Aplikasi ini populer untuk dipakai menyembunyikan aplikasi seperti Whatsapp, Instagram and Facebook Messenger.

App Hider juga bisa menggandakan aplikasi supaya bisa dipakai dalam 1 HP Android. 

Calculator Vault

Aplikasi ini mampu dipakai untuk menyamarkan aplikasi agar berubah menjadi aplikasi kalkulator. Ukuran dari aplikasi ini hanya 11 MB saja dan sudah dipasang lebih dari 5 juta pengguna android.

Cara menyembunyikan aplikasi di smartphone Android memakai Calculator Vault tergolong mudah. Kalian bisa menyembunyikan aplikasi apapun yang telah terinstal di smartphone Android.

Dialer Vault

Aplikasi ini hampir sama dengan calculator vault yang dapat mengubah ikon aplikasi menjadi kalkulator. Tapi, di aplikasi ini kalian bisa menyembunyikan aplikasi di smartphone Android dengan cara mengubahnya menjadi ikon telepon.

Aplikasi ini gratis dan bisa dipasang melalui play store dengan mudah. AKaliannda bisa memakai smartphone Android ataupun smartphone Android no root.

AppLock

AppLock adalah aplikasi yang dapat mengunci aplikasi lain agar tidak sembarangan orang bisa membukanya. Hanya saja, aplikasi ini juga bisa diapaki untuk menyembunyikan aplikasi dan file, seperti foto dan video yang ada di galeri HP Android.

Aplikasi AppLock cukup populer untuk mengatur privasi di smartphone Android. Aplikasi ini hanya berukuran 10 MB saja dan sudah di instal 100 juta lebih oleh pengguna android.

Launcher

Launcher merupakan peluncur smartphone Android yang memberi penawaran antarmuka dengan tampilan berbeda. Kebanyakan launcher sudah menyediakan fitur untuk menyembunyikan aplikasi.

Kalau kalian memakai launcher, kalian bisa mengatur privasi aplikasi di android. Beberapa launcher yang mendukung hide aplikasi yaitu U Launcher-Lite, Apex Launcher, Apus Launcher, dan banyak lagi.

Itu tadi beberapa cara untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone Android yang bisa kalian coba. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

READ  Cara Mudah Download dan Menginstall IDM, Makin Cepat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.