Cara Menyembunyikan File Foto, Video, Mp3 dan Aplikasi di Android

0

Kalian punya foto pribadi tapi tak ingin dilihat orang? Atau punya game dan aplikasi “rahasia” yang hanya ingin kalian saja yang melihatnya? Ingin tau cara menyembunyikan file tersebut di smartphone android kalian?

Apabila smartphone kalian sering dipinjam teman atau orang lain, padahal di dalam smartphone android kalan ada beberapa file pribadi yang tidak boleh dlihat orang lain, maka kalian perlu melakukan beberapa cara agar file tersebut tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips atau cara agar kalian bisa menyembunyikan foto, video, game, aplikasi, musik, dan segalanya di smartphone android kalian.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Foto Pribadi di Smartphone Oppo .

Saat kalian menyembunyikannya, orang lain tidak akan dapat mengakses file tersebut. Baik file yang berisi informasi seperti password, rekening bank, akun email, dan sebagainya.

Pastinya, akan sangat berbahaya kalau file yang seharusnya tidak boleh diketahui orang lain tersebut bisa diakses. Nantinya, kalian akan mengalami kerugian karena hal tersebut.

Pada pembahasan kali ini, ada beberapa cara dalam menyembunyikan file dengan aplikasi, atau tidak. Baik dengan atau tanpa diroot.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Aplikasi Android .

Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi

Cara ini adalah cara yang paling mudah. Kalian tidak perlu menginstal aplikasi untuk menyembunyikan file.

Sebenarnya cara ini sangatlah mudah. Kalian bisa memanfaatkan sistem yang ada di file manager Android, dengan cara yang simpel. 

Pertama, buat folder dengan nama yang diawali titik (.). Contohnya kalian akan membuat folder bernama “Rahasia”, maka harus ada awalan titik di depan nama folder itu. Jadinya begini: .Rahasia

Selanjutnya kalian bisa mencari dan memindahkan file yang ingin kalian sembunyikan seperti musik, foto, video ke dalam folder tersebut. Setelahnya, lihatlah di galery, pemutar musik, atau video player.

File yang sudah dipindahkan ke folder .Rahasia tidak akan terlihat disana. Bahkan di file manager pun juga tidak ada.

Hal ini juga berlaku pada file.

Contohnya kalian mau menyembunyikan sebuah foto (katakanlah foto mantan), maka kalian hanya perlu menambahkan titik (.) di depan nama file foto tersebut. Misal, .foto-mantan.jpg.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Kontak WA Android dan IOS 

Cara ini bekerja meskipun smartphone kalian diroot. Metode ini sudah saya test di smartphone android ICS, KitKat maupun Lollipop dan berhasil.

Kalau kalian ingin menampilkan file/folder yang tersembunyi tadi, tinggal masuk saja ke File Manager, lalu klik opsi Menu, dan tekan tombol Setting. Kemudian centang Hidden Directories.

Baca Juga : Cara Menghapus Status Orang Lain di Whatsapp .

Dengan demikian, file dan folder yang tadi kalian sembunyikan dapat kalian lihat. Kalian pun dapat menghapus titik di depan nama file/folder tersebut kalau ingin menampilkannya kembali. Mudah bukan?

Sayangnya ada kelemahan kalau kalian memakai cara ini. Pertama, kalian tidak bisa menyembunyikan aplikasi atau game. Kedua, kalau ada orang yang pinjam smartphone kalian itu lebih mengerti dan pintar soal android, dia pasti tau cara untuk melihat file yang kalian sembunyikan tadi. Solusinya, kalian bisa memakai cara kedua di bawah ini.

Cara Menyembunyikan File dengan Aplikasi di Android

Sebenarnya menyembunyikan file dengan aplikasi mudah. Terdapat banyak aplikasi di Play Store yang berguna untuk menyembunyikan file di android. Saya akan memakai aplikasi File Hide Expert untuk menyembunyikan file dalam artikel ini.

Baca Juga : Cara Penghapus Virus Dengan CMD .

Dengan aplikasi ini kalian dapat menyembunyikan foto, video, musik, dokumen, dan sebagainya. Dengan begitu semuanya tidak akan bisa dideteksi oleh aplikasi galery maupun file manager.

Cara menyembunyikan file dengan aplikasi File Hide Expert yang pertama adalah dengan download dan install aplikasi di Play Store.

Kemudian, kalian buka aplikasinya. Nanti saat pertama kali dibuka, tampilan awalnya menujukkan pesan berbunyi: “The file list is empty. Please click the folder icon in the top right corner to add file or folders”.

Artinya kalian belum memilih file yang akan disembunyikan. Sekarang saatnya kalian pilih icon folder yang ada di pojok kanan atas.
Berikutnya, cari beberapa file yang ingin kalian sembunyikan. Setelah itu, akan muncul list file yang kalian centang tadi. Kalau kalian ingin menyembunyikannya, tekan centang lagi dan pilih HIDE ALL

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Pinterest Secara Permanen di Android.

Sekarang cek di file manager atau aplikasi media seperti gallery, video player atau pemutar musik. Lihat? File tadi tidak terlihat kan?

Ini artinya kita berhasil menyembunyikannya dengan aplikasi File Hide Expert.

Apabila kalian ingin menampilkannya lagi, tinggal centang file yang ingin kalian tampilkan dan pilih RESTORE ALL. Dengan begitu, file tersebut akan kembali terlihat. Masalahnya, kalau ada orang lain yang mengetahui keberadaan aplikasi ini di smartphone android kalian, maka mereka bisa dengan mudah merestore dan melihat file yang tadi kalian sembunyikan.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Mi Cloud .

Tapi tenang saja. Aplikasi ini punya fitur Password, sehingga kalau orang lain tidak tau passwordnya, mereka tidak akan bisa membuka aplikasi File Hide Expert ini.

Cara mengaktifkan Password cukup mudah. Klik icon tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Settings. Nantinya akan muncul beberapa menu pengaturan. Pilih opsi Enable Password untuk mengaktifkan fitur Password. Selanjutnya pilih Change Password. Terakhir buatlah password berupa angka dan tap OK untuk menyimpan.

Baca Juga : Cara Menghapus Backgroud di Word .

Sekarang, setiap kalian membuka aplikasi ini, maka akan diminta memasukkan password yang sudah kalian buat tadi. Karena aman, orang lain tidak akan bisa merestore dengan mudah semua file yang sudah kalian sembunyikan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Sebenarnya kalain bisa menyembunyikan aplikasi di android tanpa prgram atau aplikasi pihak ketiga. Sebab sebagian smarpthone android sudah dibekali fitur App Drawer.

App drawer merupakan kumpulan aplikasi di smarpthone android, biasanya terletak di layar bagian tengah bawah. Untuk menyembunyikan aplikasi, kalian hanya perlu membbuka App drawer, lalu pilih beberapa aplikasi yang ingin disembunyikan.

Selanjutnya tap Menu dan akan muncul beberapa pilihan. Pilih Hide Apps / Sembunyikan Aplikasi.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Wattpad .

Selesai. Sekarang aplikasi tersebut sudah tidak muncul di home screen. Tapi, tidak semua smartphone android ada fitur App drawer nya. Kalian mungkin memakai aplikasi pihak ketiga.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.