Cara Merawat Smartphone Bebas Corona

0

Pandemi corona virus yang datang ke Indonesia sampai saat ini masih belum ada vaksin yang bisa menyembuhkannya. Berbagai upaya masih terus mencari solusi, seperti himbauan untuk belajar, bekerja, dan beraktivitas dari rumah. 

Untuk kalian yang masih melakukan kegiatan di luar rumah patuhilah himbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan tidak bergerombol. 

Baca Juga : Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona Covid 19 Pada Smartphone .

Beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 adalah dengan mengenakan masker, membawa hand sanitizer, rutin cuci tangan dengan sabun setelah menyentuh segala sesuatu.

Berdasarkan postingan yang disampaikan oleh WHO di akun Instagram resminya, mereka menyatakan bahwa virus korona bisa saja menular lewat droplet atau percikan yang keluar saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara.

Penularan ini juga bisa terjadi saat menyentuh permukaan yang terkontaminasi droplet tersebut dan secara tidak sadar  bisa saja menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum cuci tangan.

WHO juga memberi peringatan untuk menjaga diri tetap aman dari virus korona dengan cara selalu menjaga jarak minimal 1 meter dari seseorang yang terinfeksi dan terjangkit virus korona. Di samping itu, cuci tangan secara rutin sebelum menyentuh mata, mulut, dan hidung kalian ya, Gaes.

Baca Juga : Kabel Iphone Cepat Rusak Begini Cara Merawatnya.

WHO juga menyarankan untuk mendisinfeksi permukaan-permukaan benda yang sering disentuh, termasuk perangkat teknologi seperti ponsel, powerbank, charger ponsel, jam tangan pintar, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, HP Indonesia pun melalui keterangan tertulisnya memberikan pedoman untuk membersihkan perangkat teknologi kalian yang bisa dikatakan selalu menemani aktivitas sehari-hari.

HP Indonesia menyarankan untuk selalu berpedoman pada manual pengguna perangkat teknologi yang sudah tersedia. Langkah-langkah untuk membersihkannya bisa kalian lakukan dengan beberapa cara berikut ini ya, Gaes.

Baca Juga :  Tips Merawat Mobil Listrik.

Pertama, pakailah disinfektan yang direkkomendasikan oleh CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dengan kandungan larutan 70% isopropil alkohol dan 30% air.

Yang kedua, pakailah kain microfiber serta sarung tangan sekali pakai untuk membersihkan dan mensterilkan permukaan perangkat kalian.

Langkah ketiga, pastikan perangkat kalian dalam kondisi mati (untuk printer, steker harus dilepas dari stopkontak) dan perlengkapan eksternal lainnya. Jangan pernah kalian membersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau tersambung ke stopkontak.

Yang keempat, usapkan perlahan kain lembap tersebut di permukaan yang akan kalian bersihkan. Jangan sampai kalian membiarkan cairan apa pun menetes ke bagian-bagian perangkat seperti keyboard, panel display, atau port USB di panel kontrol printer sebab bisa mengakibatkan kerusakan pada perangkat.

Langkah selanjutnya, kalian bisa langsung mengusapkan kain pembersih secara satu arah dari bagian atas permukaan ke bawah saat membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer.

Baca Juga : Tips Merawat AC mudah .

Kemudian yang keenam, kalian juga harus memastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering sebelum menyalakan perangkat kembali. Tidak menyalakan perangkat bila masih ada cairan atau kelembapan yang tersisa di permukaan.

Yang terakhir, langsung buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan kalian setelah melepas sarung tangan. Jangan lupa bersihkan juga perangkat lain sebelum masuk rumah jika sedang beraktivitas di luar. Seperti membersihkan tas, dompet, sepatu dan lepaskan alas kaki dan langsung mandi juga mencuci baju yang kalian pakai saat beraktivitas di luar.

Baca Juga : Tips Mudah Merawat Sepeda Listrik.

Bukankan mencegah itu lebih baik dari mengobati. Maka dari itu, selalu jaga kebersihan dan kesehatan diri. Konsumsi vitamin dan resep-resep yang bisa menguatkan imunitas dan asup badan dengan makanan yang sehat dan bergizi ya, Gaes.

Selamat beraktivitas dari dalam rumah. Tetap semangat, dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.