Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja Online, Ada Syaratnya!

Kamu akan diberikan insentif sebesar 2.4 juta selama 4 bulan jika terdaftar guys. Syarat untuk lolos dan dapat kartu pra kerja adalah kamu harus melewati verifikasi data seperti verifikasi email, nomor ponsel dan Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK). Kamu juga perlu lolos tahap Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Kamu bisa langsung mendaftar ke website www.prakerja.go.id jika sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta.

0

Kamu tak perlu khawatir karena pendaftaran kartu pra kerja gelombang ke-8 akan segera dibuka loh guys. Nah sebelum mendaftarkan diri, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Kamu bisa mengeceknya di websiter www.prakerja.go.id. Ada beberapa syarat dan serangkaian tes yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan kartu ini guys. Program kartu pra kerja sendiri merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja. Program ini juga berlaku bagi pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, pendaftaran kartu pra kerja online gelombang tujuh sudah ditutup pada tanggal 7 September 2020 kemaren. Kamu tak perlu khawatir karena pendaftaran kartu pra kerja gelombang ke-8 akan segera dibuka loh guys. Nah sebelum mendaftarkan diri, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Kamu bisa mengeceknya di websiter www.prakerja.go.id. Ada beberapa syarat dan serangkaian tes yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan kartu ini guys.

Program kartu pra kerja sendiri merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja. Program ini juga berlaku bagi pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja. Kamu akan diberikan insentif sebesar 2.4 juta selama 4 bulan jika terdaftar guys. Syarat untuk lolos dan dapat kartu pra kerja adalah kamu harus melewati verifikasi data seperti verifikasi email, nomor ponsel dan Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK). Kamu juga perlu lolos tahap Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. 

Kamu bisa langsung mendaftar ke website www.prakerja.go.id jika sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta. Setelah seluruh datamu diverifikasi dan diterima oleh situs program Kartu Kerja, kamu akan diminta untuk mengikuti tes online untuk tahap selanjutnya. Pastikan koneksi internet yang kamu gunakan bagus dan stabol supaya bisa menjalani pendaftarran kartu pra kerja ini dengan lancar yaa guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Mendaftarkan diri di situs prakerja

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran pada situs prakerja melalui alamat website https://www.prakerja.go.id. Setelah masuk ke halaman website tersebut, klik tombol masuk yang ada di pojok kanan layar bagian atas. Setelah itu, klik tombol daftar yang ada di bawah kolom login di bagian kiri layar.

  • Memasukkan data diri

Kamu perlu memasukkan nama lengkap, email yang masih aktif dan juga kata sandi yang baru. Setelah itu, centang pada kotak yang disediakan untuk menyetujui persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Setelah itu klik opsi Daftar untuk masuk ke tahap selanjutnya. 

  • Melakukan verifikasi email

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan verifikasi email yang dikirimkan oleh Panitia Prakerja. Pihak panitia akan mengirimkan sebuah email ke email yang kamu gunakan saat mendaftar. Lakukan verifikasi akun email dengan menekan link, lalu kembali lagi ke situs prakerja.go.id. 

  • Melakukan verifikasi KTP

Lakukan login menggunakan akun yang sudah kamu verifikasi tadi ke halaman situs prakerja. Isilah kolom yang meliputi NIK, nomor Kartu Keluarga dan Tanggal Lahir. Klik tombol lanjutkan jika semua data yang kamu masukkan sudah benar. 

  • Melengkapi data diri

Pihak panitia prekerja akan memintamu untuk mengisi data diri pada formulir pendaftaran yang meliputi nama, email, alamat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan dan kamu akan diminta mengunggah foto KTP. 

  • Melakukan verifikasi nomor telepon

Masukkan nomor telepon kamu yang masih aktif dan klik tombol Kirim. Masukkanlah kode OTP yang akan dikirim melalui SMS ke nomor yang sudah kamu daftarkan. 

  • Melakukan verifikasi status pendidikan dan melakukan tes

Kamu akan diminta pernyataan apakah dirimu sedang menjalani pendidikan formal atau tidak. Kamu akan langsung memulai tes ketika sudah mengisinya. Lakukan tes motivasi dan Kemampuan Dasar. 

Nah begitulah caranya melakukan pendaftaran kartu prakerja yaa guys. Mudah sekali kan caranya. Silahkan mendaftar jika kamu memenuhi persyaratan yaa. Semoga berhasil dan dapat membantu kalian untuk mendaftarkan diri kedalam kartu prakerja. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.