Cara Mudah dan Akurat Mengecek Garansi TAM

Garansi TAM atau singkatan dari Teletama Artha Mandiri menunjukkan bahwa ponsel tersebut sudah resmi masuk ke Indonesia melalui jalur resmi. Biasanya harga jual ponsel ini lebih mahal dibanding harga yang dijual oleh distributor non resmi. Namun kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan jika mempunyai garansi resmi.

0

Apalagi jika kamu berniat untuk membeli ponsel baru dalam waktu dekat ini. Penting juga mengetahui bagaimana cara membedakan generasi TAM ini dengan garansi distributor serta cara mengeceknya. Pasti kamu penasaran dan sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana caranya kan. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini! Pembeli akan dihadapkan kepada beberapa pilihan garansi ketika membeli ponsel baru. Ada garansi resmi dan ada juga garansi tidak resmi. Hal ini bergantung pada distributor yang menyalurkan ponsel tersebut. Distributor non resmi semakin marak belakangan ini karena permintaan akan ponsel terus meningkat.

Apakah kamu pernah mendengar informasi mengenai garansi TAM? Mungkin beberapa dari kamu kurang familiar karena jarang mendengar mengenai garansi yang satu ini. Garansi TAM merupakan salah satu garansi resmi yang ada di Indonesia untuk berbagai produk smartphone. Garansi TAM ini tidak sama dengan garansi disributor yang termasuk ke dalam jalur garansi yang tidak resmi. Sementara garansi TAM ini merupakan garansi resmi sebuah smartphone.

Sebagai pengguna ponsel yang bijak, penting sekali untuk mengetahui garansi TAM ini dan bagaimana cara mengeceknya. Apalagi jika kamu berniat untuk membeli ponsel baru dalam waktu dekat ini. Penting juga mengetahui bagaimana cara membedakan generasi TAM ini dengan garansi distributor serta cara mengeceknya. Pasti kamu penasaran dan sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana caranya kan. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Pembeli akan dihadapkan kepada beberapa pilihan garansi ketika membeli ponsel baru. Ada garansi resmi dan ada juga garansi tidak resmi. Hal ini bergantung pada distributor yang menyalurkan ponsel tersebut. Distributor non resmi semakin marak belakangan ini karena permintaan akan ponsel terus meningkat. Hal ini juga membuat munculnya garansi ponsel yang tidak resmi. 

Garansi TAM atau singkatan dari Teletama Artha Mandiri menunjukkan bahwa ponsel tersebut sudah resmi masuk ke Indonesia melalui jalur resmi. Biasanya harga jual ponsel ini lebih mahal dibanding harga yang dijual oleh distributor non resmi. Namun kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan jika mempunyai garansi resmi. Kamu bisa melakukan servis tanpa biaya apapun dengan melakukan klaim terhadap garansi TAM. 

Cara mengecek garansi TAM ponsel

Pengecekan garansi TAM ponsel penting sekali kamu lakukan untuk memastikan bahwa ponselmu tersebut memang mempunyai garansi resmi. Jangan sampai kamu membeli di distributor non resmi dan dengan harga mahal karena mengaku ponsel tersebut memiliki garansi resmi. Berikut adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek garansi TAM.

Mengecek di kotak ponsel

Ponsel dengan garansi TAM ditandai dengan adanya stiker TAM di kotaknya ketika kamu membeli. Jika tidak ada stiker TAM, maka bisa dipastikan ponsel tersebut tidak memiliki garansi yang resmi guys. Sementara jika ponsel tersebut bergaransi distributor, maka hanya ada tulisan Made in China. 

Mengidentifikasi jenis charger

Jenis charger juga menentukan jenis garansi yang dimiliki oleh ponselmu. Ponsel dengan garansi TAM disesuaikan dengan colokan Indonesia dimana ujungnya terdiri atas dua kaki sesuai dengan colokan di Indonesia. Sementara garansi distributor memiliki tiga kaki ataupun bentuknya pipih yang tidak sesuai dengan standar adaptor di Indonesia.

Melakukan pengecekan nomor IMEI

Cara praktis untuk mengecek apakah ponselmu memiliki garansi TAM sebagai garansi resmi adalah dengan mengecek nomor IMEI ponsel tersebut. Pengecekan nomor IMEI ini bisa kamu lakukan melalui situs kemenperin. Jika nomor IMEI tersebut ada di dalam daftar, maka ponselmu mempunyai garansi TAM atau resmi. Sebaliknya, jika nomor IMEI tersebut tidak tersedia, maka ponselmu tidak mempunyai garansi resmi guys.

Salam teknologi! Nah itulah penjelasan mengenai garansi TAM dan perbedaannya dengan garansi yang diberikan oleh distributor. Kamu bisa langsung mengecek apakah ponselmu memiliki garansi yang resmi atau tidak. Sebaiknya kamu membeli ponsel dengan garansi TAM yaa guys. Supaya kalau ada masalah, kamu bisa mengklaim garansi ini. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.