Cara Mudah dan Ampuh Memperbaiki Android yang Tidak Bisa Menyala

Kerusakan yang sudah parah biasanya akan membuat Android menjadi hang, melakukan proses restart sendiri atau bahkan jika sudah mencapai tingkat terparah bisa mati total guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki Android yang tidak bisa menyala loh. Yuk simak cara berikut ini!

0

Smartphone yang paling banyak digunakan saat ini adalah smartphone dengan sistem operasi Android. Kerusakan pada Android tentu saja akan membuat kamu sebagai penggunanya menjadi pusing. Kamu akan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain dan berbagai aktivitas yang membutuhkan Android ini.Penggunaan Android terus menerus tentu saja akan membuat usianya semakin singkat dan menimbulkan berbagai kerusakan. Apalagi sekarang ini banyak aktivitas yang dilakukan di ponsel karena pandemi membuat hampir semua kegiatan dilakukan secara online.

Smartphone kini seakan sudah menjadi salah satu barang kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari – hari. Bagaimana tidak, banyak sekali aktivitas yang memerlukan smartphone ini. Smartphone yang paling banyak digunakan saat ini adalah smartphone dengan sistem operasi Android. Kerusakan pada Android tentu saja akan membuat kamu sebagai penggunanya menjadi pusing.

Kamu akan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain dan berbagai aktivitas yang membutuhkan Android ini.Penggunaan Android terus menerus tentu saja akan membuat usianya semakin singkat dan menimbulkan berbagai kerusakan. Apalagi sekarang ini banyak aktivitas yang dilakukan di ponsel karena pandemi membuat hampir semua kegiatan dilakukan secara online.

Kerusakan yang sudah parah biasanya akan membuat Android menjadi hang, melakukan proses restart sendiri atau bahkan jika sudah mencapai tingkat terparah bisa mati total guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki Android yang tidak bisa menyala loh. Yuk simak cara berikut ini!

Mengisi ulang baterai ponsel selama beberapa menit

Cara pertama mengatasi Android yang tidak bisa menyala adalah dengan mengisi baterainya selama beberapa menit guys. Lakukan charge ini selama 10 – 15 menit dan hidupkan kembali ponselmu tersebut. Coba juga gunakan charger lain jika tidak menyala juga karena bisa jadi kesalahannya pada charger yang kamu gunakan tersebut. Jangan lepas charger sampai indikator charging muncul yaa. Bisa jadi proses charger yang dibutuhkan memang lama.

Menekan dan menahan tombol power

Cara mengatasi Android yang tidak menyala selanjutnya adalah dengan menekan dan menahan tombol power selama satu menit. Cara ini biasanya cukup efektif jika tombol power Androidmu mengalami kerusakan dan membutuhkan tekanan yang lebih saat menyalakannya. Jika cara ini masih tidak berhasil juga, kamu bisa mencoba menekan dan menaham tombol power sambil mengisi baterai selama satu menit yaa guys. Setelah itu tunggu beberapa saat dan lihat apakah Androidmu bisa menyala atau tidak.

Melepas baterai pada Android

Kebanyakan Android saat ini memang sudah menggunakan baterai tanam. Namun jika ponselmu masih menggunakan baterai model lama, maka kamu bisa mengatasi masalah tidak menyala tersebut dengan cara melepas baterai Androidmu tersebut guys. Diamkan beberapa menit, baru pasang kembali baterai tersebut pada Androidmu dan tekan lagi tombol power pada ponselmu guys. Pelepasan baterai ini bertujuan untuk memotong arus listrik ke ponselmu.

Melakukan proses flash ulang pada Android

Cara mengatasi Android yang tidak bisa menyala selanjutnya adalah dengan melakukan proses flash ulang pada ponselmu guys. Flash adalah proses melakukan install ulang sistem operasi Android supaya kembali menjadi bentuk semula. Cara ini biasanya dilakukan menggunakan program tertentu, seperti Odin, Flashtool ataupun Miflash. Cara ini biasanya lebih ampuh jika kamu menggunakan PC atau laptop guys.

Mengeringkan dan membersihkan ponsel jika terkenal air

Ponsel yang tidak menyala bisa jadi karena terkena air guys. Nah masalah ini bisa kamu atasi dengan cara mengeringkan dulu bagian yang basah dan membersihkannya. Lap bagian body ponsel dengan kain dan masukkan ke dalam beras selama 2 – 3 hari. Cara ini ampuh mengeringkan sisa air guys. 

Salam teknologi! Nah itulah cara mengatasi Android yang tidak menyala ya. Jadi kamu tak perlu panik dan buru – buru ke service center.

Leave A Reply

Your email address will not be published.