Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Kode MMI yang Tidak Valid

Sebut saja aplikasi MyTelkomsel dari Telkomsel dan juga MyXL dari XL. Namun beberapa pengguna masih merasa lebih nyaman dan praktis dengan menggunakan dial up dibandingkan aplikasi. Kode MMI yang tidak berlaku tentu akan menyulitkan pengguna yang memilih cara ini. Bagaimanakah cara mengatasinya? Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Notifikasi ini biasanya didapatkan ketika pengguna melakukan panggilan ke operator yang idgunakan atau disebut juga dengan dial up. Beberapa pengguna menemukan kondisi dimana kode MMI dari operator yang digunakannya dianggap tidak berlaku. Sebenarnya kenapa hal tersebut bisa terjadi ya?Sebenarnya sekarang mengecek pulsa, kuota dan bahkan mengisi kuota sudah bisa dilakukan melalui aplikasi yang dikembangkan oleh operator yang bersangkutan.

Apakah kamu pernah mendapatkan notifikasi berupa kode MMI tidak valid saat kamu sedang mengecek pulsa ataupun kuota internet? Notifikasi ini biasanya didapatkan ketika pengguna melakukan panggilan ke operator yang idgunakan atau disebut juga dengan dial up.

Beberapa pengguna menemukan kondisi dimana kode MMI dari operator yang digunakannya dianggap tidak berlaku. Sebenarnya kenapa hal tersebut bisa terjadi ya?Sebenarnya sekarang mengecek pulsa, kuota dan bahkan mengisi kuota sudah bisa dilakukan melalui aplikasi yang dikembangkan oleh operator yang bersangkutan.

Sebut saja aplikasi MyTelkomsel dari Telkomsel dan juga MyXL dari XL. Namun beberapa pengguna masih merasa lebih nyaman dan praktis dengan menggunakan dial up dibandingkan aplikasi. Kode MMI yang tidak berlaku tentu akan menyulitkan pengguna yang memilih cara ini. Bagaimanakah cara mengatasinya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Memastikan kode yang digunakan sudah benar

Kode MMI atau singkatan dari Man Machine Interface merupakan kode perintah yang terdiri atas kombinasi angka dan simbol. Kode ini bisa digunakan untuk mengecek pulsa, nomor IMEI dan sebagainya. Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan kode MMI supaya tidak memunculkan notifikasi tidak valid adalah memastikan bahwa kamu menggunakan kode yang benar. Notifikasi tidak valid bisa saja kamu terima jika kombinasi angka dan simbol yang kamu masukkan tidak sesuai guys, jadi cek lagi saja ya.

Menyalakan mode pesawat beberapa saat

Solusi selanjutnya dari kode MMI tidak valid adalah dengan mengaktifkan mode pesawat pada ponselmu sementara waktu. Cara ini merupakan cara umum dalam mengatasi koneksi internet yang bermasalah pada ponsel. Namun ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pada kode MMI berbagai operator yang digunakan. Kamu tinggal menyalakan mode pesawat pada ponselmu beberapa detik saja, lalu matikan kembali. Setelah itu, kamu bisa mencoba lagi deh mengakses kode MMI yang tidak valid tersebut.

Menonaktifkan kartu SIM yang digunakan sementara

Kode MMI yang tidak valid juga bisa kamu atasi dengan cara menonaktifkan kartu SIM yang kamu gunakan sementara waktu, lalu mengaktifkannya lagi. Caranya pun sangat mudah dilakukan guys. Bukalah menu settings pada ponselmu, lalu buka menu Kartu SIM. Pilihlah opsi disable kartu SIM yang mengalami gangguan saat kamu menggunakan kode MMI. Setelah beberapa saat, aktifkan kembali kartu SIM tersebut dan cobalah untuk mengakses kode MMI yang tadi bermasalah.

Melakukan restart pada ponsel

Melakukan restart juga dapat mengatasi masalah kode MMI yang tidak valid guys. Soalnya ponselmu akan melakukan penyegaran terhadap aplikasi dan juga sistem operasi yang sedang berjalan. Jadi gangguan yang menyebabkan kode MMI tidak valid pun akan diatasi.

Membersihkan junk file  di ponsel

Junk file yang menumpuk dapat menyebabkan masalah pada ponselmu guys. Sebaiknya kamu menghapus file ini untuk mengatasi berbagai masalah. Caranya membuka menu settings, pilih Apps Manager, pilih telepon dan tekan pilihan untuk menghapus data. Setelah itu, tekanlah tombol OK dan selesai deh guys.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi masalah kode MMI yang tidak valid yaa guys. Caranya sangat mudah sekali dan sudah terbukti bisa mengatasi masalah ini guys. Jadi jangan keburu panik dulu jika mendapatkan notifikasi kode Mmi tidak valid ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.