Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Laptop yang Eror atau Hang

Laptop yang eror tiba – tiba bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Cara mengatasinya tergantung dari penyebab yang membuat laptop ini eror guys. Yuk simak cara mengatasi laptop yang eror atau hang tiba – tiba berikut!

0

Penggunaan dengan intensitas yang tinggi atau terus – menerus tentu akan membuat laptop terkadang mengalami masalah atau hang. Kadang laptop ini tiba – tiba tidak berfungsi atau hang saat sedang digunakan. Tentu saja hal ini akan menimbulkan kepanikan tersendiri bagi penggunanya. Apakah kamu salah satu pengguna laptop atau komputer yang tiba – tiba eror atau hang? Nah kamu tak perlu panik guys, tenang dulu. Apalagi sampai membawa laptopmu tersebut langsung ke tempat service karena bingung harus melakukan apa untuk mengatasi masalah tersebut.

Laptop menjadi salah satu perangkat yang sangat penting saat ini agar bisa melakukan berbagai aktivitas dengan optimal. Misalnya saja untuk keperluan dalam belajar, pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya. Penggunaan dengan intensitas yang tinggi atau terus – menerus tentu akan membuat laptop terkadang mengalami masalah atau hang.

Kadang laptop ini tiba – tiba tidak berfungsi atau hang saat sedang digunakan. Tentu saja hal ini akan menimbulkan kepanikan tersendiri bagi penggunanya. Apakah kamu salah satu pengguna laptop atau komputer yang tiba – tiba eror atau hang? Nah kamu tak perlu panik guys, tenang dulu.

Apalagi sampai membawa laptopmu tersebut langsung ke tempat service karena bingung harus melakukan apa untuk mengatasi masalah tersebut. Laptop yang eror tiba – tiba bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Cara mengatasinya tergantung dari penyebab yang membuat laptop ini eror guys. Yuk simak cara mengatasi laptop yang eror atau hang tiba – tiba berikut!

Memberikan laptop waktu dalam memproses data

Cara paling simpel mengatasi laptop yang eror adalah menunggu sistem dalam memproses data yang sedang dibaca atau ditulis. Laptop biasanya akan terlihat hang saat sedang bekerja dengan penuh atau membuka lebih dari satu aplikasi. Tunggu beberapa saat sampai proses data ini selesai dilakukan laptop dan jangan memberikan perintah apapun ke laptop sampai hal ini selesai. Jika laptop masih hang, bisa jadi ada eror pada sistem atau software. Jadi harus diperbaiki lebih lanjut.

Menutup aplikasi yang not responding

Aplikasi yang not responding biasanya terjadi ketika kamu sedang menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi dari CPU. Hal ini akan membuat laptopmu menjadi hang guys, jadi sebaiknya kamu menutup aplikasi yang not responding ini untuk mengatasi hang pada laptop. Kamu bisa menutup aplikasi ini melalui task manager. Task manager bisa kamu akses melalui shortcur keyboard. Kamu bisa menekan CTRL+ALT+DEL.

Melakukan reboot pada laptop

Salah satu cara mengatasi hang atau eror pada laptop yang sering dilakukan para pengguna adalah dengan melakukan reboot pada laptop. Cara ini terbukti ampuh dan berhasil mengatasi hang pada laptop pada beberapa kondisi tertentu. Proses reboot atau restart pada laptop ini akan membuat sistem operasi akan diproses ulang dari awal, sehingga bisa mengatasi eror pada saat proses booting.

Melakukan scan dan pembersihan pad virus

Virus adalah salah satu penyebab hang pada laptop yang sangat sering terjadi. Nah solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan antivirus untuk memindai virus yang terdapat di perangkatmu dan membersihkannya. Sebaiknya kamu melakukan full scan secara rutin untuk mengetahui keberadaan virus yang masih membandel. 

Melakukan manajemen pada local disk C

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi eror pada laptop adalah mengatur local disk C supaya tidak penuh. Banyak pengguna Windows mengabaikan hal ini dan mengeluh ketika laptopnya menjadi hang. Pastikan ada ruang yang cukup di local disk C ini sampai penunjuk ruang berubah menjadi hijau. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi masalah eror atau hang pada laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows yaa guys. Kamu bisa memilih cara yang paling cocok sesuai dari penyebab laptop tersebut mengalami eror. Semoga berhasil yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.