Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Layar Laptop yang Blank Hitam

Hard disk dan juga lampu indikator power laptopmu dalam keadaan hidup. Laya laptop yang menjadi hitam ini tentu akan membuat penggunanya panik. Apalagi pengguna awam yang tidak tau penyebab hal ini terjadi. Padahal masalah ini bisa diatasi kok guys. Yuk simak ulasan berikut ini!

0

enang saja dan jangan keburu panik dulu karena kamu tidak sendirian guys. Yap! Ada banyak sekali pengguna laptop yang mengeluhkan masalah dimana layar laptopnya berubah menjadi hitam ketika dinyalakan. Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitasmu yang harus menggunakan laptop karena kamu tidak bisa mengoperasikannya. Masalah layar laptop yang menjadi blank hitam ini biasanya terjadi saat laptop sedang dalam proses booting atau proses masuk ke Windows.

Apakah laptop yang kamu gunakan pernah mengalami masalah dimana layarnya berubah menjadi hitam secara keseluruhan saat kamu nyalakan? Tenang saja dan jangan keburu panik dulu karena kamu tidak sendirian guys. Yap! Ada banyak sekali pengguna laptop yang mengeluhkan masalah dimana layar laptopnya berubah menjadi hitam ketika dinyalakan.

Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitasmu yang harus menggunakan laptop karena kamu tidak bisa mengoperasikannya. Masalah layar laptop yang menjadi blank hitam ini biasanya terjadi saat laptop sedang dalam proses booting atau proses masuk ke Windows.

Walaupun dalam kondisi tersebut kipas, hard disk dan juga lampu indikator power laptopmu dalam keadaan hidup. Laya laptop yang menjadi hitam ini tentu akan membuat penggunanya panik. Apalagi pengguna awam yang tidak tau penyebab hal ini terjadi. Padahal masalah ini bisa diatasi kok guys. Yuk simak ulasan berikut ini!

Mengecek layar laptop yang bermasalah

Sumber masalah bisa jadi berasal dari bagian layar laptop jika suara mesin laptop tetap terdengar, namun layarnya berwarna hitam. Kamu bisa memastikannya dengan cara menghubungkan layar laptop ke layar eksternal, misalnya komputer atau TV dengan menyambungkan port VGA atau port HDMI. Jika gambar pada laptop muncul di layar eksternal, maka masalahnya memang terletak pada layar laptop. Bisa jika sebaliknya, maka kerusakan terjadi pad VGA. 

Mengatur resolusi layar laptop 

Pengaturan resolusi layar yang terlalu tinggi dan melebihi kemampuan laptop bisa membuat layar laptop menjadi blank. Masalah ini bisa dipastikan dengan cara menyalakan laptop dan masuk ke Safe Mode dengan cara menekan dan menahan tombol F8 beberapa saat. Gantilah resolusi layar laptop dengan klik kanan dan pilih properties pada Windows 7 dan 8 atau Display Settings pada Windows 10. Kamu akan melihat berbagai pilihan resolusi, pilihlah resolusi yang recomended dan lakukan restart.

Mengatur BIOS menjadi mode default

Cara selanjutnya mengatasi layar laptop yang hitam adalah mengubah BIOS menjadi mode default. Masuk ke BIOS dengan menekan F2, F8, F11 atau tombol Delete ketika laptop sudah dinyalakan. Buka menu exit pada jendela BIOS dan pilih load defaults dan tekan tombol OK. Klik tombol save changes dan exit untuk menyimpan perubahan tersebut. Lepas baterai CMOS supaya konfigurasi BIOS kembali menjadi mode defaults

Uninstall software dan aplikasi yang mencurigakan

Aplikasi yang tidak didukung oleh sistem dapat membuat layar laptop menyala namun hitam dan tidak menampilkan apapun. Nah sebaiknya kamu menghapus aplikasi sejenis ini guys. Caranya adalah dengan masuk ke Safe Mode dan lakukan uninstall semua software yang menurutmu menyebabkan masalah pada layar laptop. Setelah itu, lakukan restart pada laptopmu. 

Membersihkan RAM

RAM yang terlalu penuh dapat membuat layar laptop menajdi hitam. Sebaiknya kamu membersihkan RAM ini secara berkala guys. Kamu bisa juga membersihkannya dengan melepas RAM ini dari motherboard terlebih dahulu. Pastikan semua perangkat yang tersambung pada laptop sudah dicabut. Gunakan kuas atau penghapus pensil untuk membersihkan RAM ini. Setelah itu, pasang kembali RAM.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi masalah layar laptop yang menjadi hitam yaa guys. Jadi jangan panik dan khawatir duluan yaa. Kamu bisa kok mengatasinya tanpa harus repot pergi ke tukang servis. Semoga berhasil yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.