Cara Mudah dan Cepat Membuat CV di Android, Pakai Canva!

0

Hello guys!

CV atau Curriculum Vitae merupakan syarat utama yang harus dipenuhi oleh para jobseeker saat ini. Pembuatan CV ini pun tidak boleh asal – asal saja karena akan memberikan first impression mengenai dirimu terhadap apra HRD yang melakukan proses seleksi para pelamar kerja ini. CV ini akan menjadi komponen penting yang akan menentukan apakah kamu akan diterima dalam pekerjaan tersebut atau tidak. Jadi yaa, siapkan dengan sebaik mungkin guys.

Pembuatan CV sudah tidak sesulit dulu seiring dengan perkembangan teknologi. Bahkan kamu bisa membuat CV ini dari ponselmu saja loh guys. CV yang baik ini harus memuat seluruh informasi penting yang memuat latar belakang serta kemampuan yang kamu miliki. Sebaiknya semua informasi tersebut terangkum dalam satu halaman saja. Secara garis besar, komponen CV ini terdiri atas Header, profil personal, pengalaman bekerja dan juga riwayat pendidikan yang memuat IPK jika lulus kuliah serta kemampuan yang kamu miliki. 

Desain CV yang bagus juga ada beberapa syarat. Prinsip utama desain CV ini adalah simple, tetapi ringkas dan juga jelas. Jangan sampai CV tersebut terlalu ramai dengan warna atau gambar – gambar yang tidak penting. Font yang digunakan umumnya Arial, Tahoma, Helvetica atau Bookman Old Style. Hindari penggunaan font yang terkesan lebay seperti Comic Sans. Ukuran font sebaiknya 11 atau 12. Kamu juga perlu mengatur marginsnya supaya CV tidak terpotong saat diprint ya guys. 

Kamu bisa membuat CV mengandalkan Android di tanganmu loh guys berbekal aplikasi desain di dalamnya. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Canva. Ada banyak template yang tersedia, sehingga kamu bisa memilih salah satunya. Pasti kamu sudah tidak sabar kan mengetahui cara membuat CV di Android. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Download dan pasanglah aplikasi Canva di Android Kamu sesuai dengan langkah – langkah biasanya. Kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut secara gratis dan legal di Google Play Store.
  2. Bukalah aplikasi Canva yang sudah terpasang di Android Kamu tersebut. Masukkan kata kunci CV atau resume pada kolom Search yang terdapat di bagian atas. Pilihlah template yang sesuai dengan keinginanmu. 
  3. Tap Edit jika sudah menemukan template yang cocok. Kamu akan dibawa ke halaman Edit. Tap bagian yang ingin kamu ubah dan tambahkan foto atau tulisan. Tap tanda centang setiap kamu selesai membuat perubahan ya guys.
  4. Jika kamu sudah selesai menambahkan konten dan mengedit CV tersebut. Simpanlah file CV onlinemu tersebut dengan cara menekan tombol Simpan  yang berwarna biru yang terletak pada bagian kanan atas layar.
  5. Tekan opsi Save As untuk menyimpan file tersebut, lalu pilihlah Type yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih format yang kamu inginkan guys.

Baca Juga : .

  1. Membuat Template Instagram
  2. Langkah Membuat Template Instagram Bingo Challenge Template Stories
  3. Cara Mengganti Vertual Background saat Zoom Video Conference
  4. Cara Membuat NPWP Badan Usaha

Selesai deh guys. Begitulah caranya membuat CV menggunakan Androidmu. Mudah dan praktis sekali kan caranya. Kamu tak perlu repot – repot lagi menggunakan laptop atau PC untuk membuat CV. Tak perlu khawatir juga kalau kamu tidak terlalu mahir atau masih tergolong ke dalam pemula dalam dunia desain. Ada banyak sekali template yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan CV yang menarik dan keren guys. Jadi tidak bisa desain bukan alasan lagi untuk tidak punya CV yang mumpuni dan juga kece desainnya loh guys. Semoga bermanfaat ya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.