Cara Mudah dan Cepat Membuat Website Gratis Melalui Smartphone

0

Hello guys!

Pengguna internet yang semakin banyak membuat jumlah website pun semakin bertambah. Hal ini sangatlah wajar mengingat membuat website saat ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Kamu tidak harus menguasai bahasa pemrograman yang sangat rumit karena sudah banyak sekali yang menyediakan layanan agar memungkinkanmu untuk membuat website dengan mudah. Apakah kamu salah satu orang yang tertarik untuk membuat website pribadi tapi tak bisa bahasa pemrograman?

Website sendiri merupakan kumpulan konten berupa teks, gambar, suara dan bahkan video yang dihimpun dalam sebuah alamat khusus. Sekarang ini ada banyak sekali layanan untuk membuat website tanpa perlu ngoding. Salah satu layanan yang bisa kamu gunakan dalam hal ini adalah WordPress yang muncul pertama kali pada tahun 2003. Layanan yang satu ini sudah terkenal dengan fitur – fitur yang sangat memudahkan penggunanya dalam mengelola website.

WordPress memiliki banyak sekali keunggulan seperti tersedia secara gratis, ada aplikasinya di Google Play Store yang gratis pulsa, basis kode yang digunakan bersifat open-source. Pengguna bisa memodifikasi coding dari WordPress tersebut sesuai dengan kebutuhan masing – masing. WordPress juga menyediakan banyak sekali template dan desain gratis yang bisa kamu gunakan. Selain itu, pengoperasiannya yang mudah membuat layanan yang satu ini menjadi pilihan. Lalu bagaimana sih cara mudah membuat website melalui WordPress ini? Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan:

  • Membuat akun di WordPress

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun WordPress dengan menekan tombol Mendaftar ke WordPress.com. Kamu hanya perlu menggunakan akun Google milikmu. Setelah itu, pilihlah tombol Log In jika kamu sudah pernah mendaftar sebelumnya, masukkan username dan password.

  • Memilih nama dan membuat situs

Langkah selanjutnya adalah memasukkan Nama Tampilan dan Nama Pengguna yang kamu inginkan. WordPress akan mengambil nama dari alamat email yang kamu masukkan secara default. Ketika proses registrasi ini selesai, kamu bisa membuat situs baru dengan cara menekan Tambah Situs Baru. Kamu akan diberikan dua pilihan, yaitu Buat situs WordPress.com dan Tambahn situs mandiri (self-hosted). Pilihlah opsi pertama jika kamu belum pernah punya domain. WordPress akan bertanya jenis website yang ingin kamu buat, pilihlah blog untuk penggunaan umum.

  • Pengaturan website

Langkah selanjutnya adalah mengatur informasi – informasi dasar yang dibutuhkan. Kamu akan ditanya tentang isi blogmu di bagian pertama. Kamu bisa mengisi atau melewatinya saja. Setelah itu, kamu akan diminta memberikan judul situs dan slogan yang nantinya akan muncul di websitemu. Kamu bebas berkreasi guys selama kalimatnya tidak kepanjangan. Selanjutnya, kamu akan diminta memasukkan domain, nanti WordPress juga akan menampilkan nama yang direkomendasikan. Jika kamu sudah yakin dengan nama tersebut, pilihlah tombol Buat Situs!

  • Membuat post di website

Websitemu sudah selesai! Sekarang kamu perlu mengisi pos pertama dengan cara pergi ke beranda utama, lalu pilihlah tombol Tambah pos yang ada di bagian bawah tengah. Tulislah postingan yang ingin kamu buat. Jika sudah selesai tekan tombol Publikasikan! Selesai deh! Postingan pertama sudah ada.

Baca Juga : 

  1. Cara Membuat Bit Ly dengan Mudah
  2. Cara Coly Teks Webside ke Microsoft Word
  3. Tips SEO Meningkatkan Traffic Webside Toko Online Berbasis WordPress
  4. Cara Mudah menghilangkan Notifikasi Whatsapp Web dari Android

Nah, begitulah caranya membuat website dengan mudah melalui ponselmu guys. Memiliki website ini sangat banyak manfaatnya loh guys. Kamu bisa mengasah kemampuan dalam menulis. Website tersebut juga bisa menjadi portofolio ketika melamar kerja dan manfaat yang terakhir adalah kamu bisa menjadi semakin produktif. Nah selamat membuat website yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.