Cara Mudah dan Cepat Memindahkan Kontak ke HP Baru untuk Semua Tipe

0

Hello guys!

Salah satu hal yang penting dan perlu dilakukan saat mengganti HP baru adalah memindahkan data – data yang ada di HP lama ke HP yang baru. Apalagi jika kamu menyimpan banyak sekali data yang penting di ponsel lamamu, seperti nomor kontak. Nomor kontak adalah salah satu data penting yang tentu saja tidak mau kamu lewatkan begitu saja. 

Memindahkan nomor kontak tentu saja akan menjadi merepotkan jika kamu harus menggunakan cara lama dengan cara menyimpan ulang satu – persatu nomor kontak tersebut ke ponsel barumu. Padahal ada cara mudah dan cepat yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan nomor kontak tersebut loh guys. Yuk simak cara memindahkan kontak dari ponsel baru ke ponsel lama berikut ini guys!

Cara memindahkan kontak pada sesama Android dan sesama iPhone

Proses pemindahan kontak dengan cepat ke ponsel lain ini bisa kamu lakukan jika ponsel lama dan ponsel barumu memiliki sistem operasi yang sama. Caranya adalah dengan memanfaatkan akun Google atau Gmail. Kamu akan diminta login menggunakan akun tersebut untuk memindahkan kontak tersebut. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan masuk ke menu setting yang ada di ponsel lamamu untuk membuka laman pengaturan ponsel.
  2. Langkah selanjutnya adalah memilih menu Account yang terdapat di dalam laman pengaturan yang ditampilkan setelah menyelesaikan langkah pertama. 
  3. Pilihlah akun Google untuk menuju ke langkah selanjutnya. Kamu akan diperlihatkan semua akun Google yang kamu miliki jika kamu mempunyai lebih dari satu akun Google yang aktif di ponselmu. Kamu hanya perlu memilih akun Google yang ingin kamu jadikan tempat penyimpanan kontak karena kontak di ponselmu akan dipindahkan ke akun yang kamu pilih tersebut secara otomatis. 
  4. Pilihlah opsi Sync atau sinkronisasi, sehingga akan muncul beberapa daftar fitur yang bisa kamu sinkronisasikan, mulai dari kontak, kalender, hingga dokumen yang tersimpan di dalam Google Drive. 
  5. Pastikan toggle sync contact telah kamu aktifkan untuk memindahkan kontak. Setelah itu, tekan logo untuk sinkronisasi
  6. Aktifkanlah ponsel barumu, lalu masukkan akun yang sama yang kamu gunakan untuk sinkronisasi kontak tadi. Ketika kamu menyalakan ponsel tersebut, maka akan ada perintah untuk memasukkan akun Google. Nah, masukkan akun Google yang kamu gunakan tadi deh.
  7. Ponsel barumu tersebut akan melakukan sinkronisasi secara otomatis, sehingga kontak yang kamu simpan pada ponsel lama akan masuk ke ponselmu.
  8. Tunggu beberapa saat sampai proses sinkronisasi tersebut selesai. 

Cara memindahkan kontak dari iPhone ke Android

Sistem operasi yang berbeda antara ponsel baru dan ponsel lama masih memungkinkan kamu untuk memindahkan kontak telepon loh guys. Misalnya kamu adalah pengguna iPhone yang akhirnya memilih beralih ke Android. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Login terlebih dahulu ke akun iCloud kamu melalui browser di komputer
  2. Pilihlah kontak yang ingin kamu pindahkan ke Android, pilih semua dengan menekan Ctrl+A
  3. Klik logo settings yang ada di pojok kiri bawah, lalu klik opsi export vCard. Selanjutnya, buka akun Gmail, lalu klik pilih contacts. Klik logo di sebelah foto profilmu untuk mencari kontak.
  4. Selanjutnya adalah mengimpor kontak yang sudah kamu ambil dari iCloud. Klik menu more, lalu pilih import. Lalu masukkan file kontak vCard yang sudah kamu export dari iCloud. 
  5. Klik import jika sudah berhasil dimasukkan dan selesai deh!

Baca Juga : .

  1. Cara Memindahkan Foto dan Video Dari Iphone Ke Laptop Windows
  2. Cara Memindahkan Kontak dari Kartu SIM
  3. Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke SD Card di Smartphone VIVO
  4. Cara Memindahkan File Dari Komputer Laptop ke HP

Nah, begitulah caranya memindahkan kontak dari ponsel lama ke ponsel barumu. Baik antar Android, maupun dari iPhone ke Android. Jadi kamu tak perlu repot lagi harus memindahkannya secara manual yaa guys. Pasti capek sekali melakukan hal tersebut. Semoga berguna yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.