Cara Mudah dan Cepat Mengecek Nomor NPWP secara Online, Aman!

Namun banyak orang yang belum tau bagaimana caranya mengecek NPWP. Padahal status aktif atau tidaknya suatu NPWP sangatlah penting untukk diketahui loh. Pasti kamu penasaran kan bagaimana caranya mengecek apakah NPWP masih aktif atau tidak? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Jadi jika kamu sudah memiliki penghasilan, maka kamu wajib memiliki NPWP ini guys. Hampir semua sektor biasanya menjadikan NPWP ini sebagai salah satu dokumen persyaratan yang ditanyakan loh.Seringkali beberapa orang lupa bahwa nomor NPWP ini berisikan data penting dan bersifat rahasia. Pasalnya nomor ini akan digunakan sebagai identitasmu dalam melaksanakan hak dan kewajiban. Oleh karena itu cara mengecek NPWP adalah salah satu hal yang perlu dilakukan.

NPWP atau singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara yang sudah memiliki penghasilan, baik dari pekerjaan ataupun usaha yang dibuka sendiri. Jadi jika kamu sudah memiliki penghasilan, maka kamu wajib memiliki NPWP ini guys.

Hampir semua sektor biasanya menjadikan NPWP ini sebagai salah satu dokumen persyaratan yang ditanyakan loh.Seringkali beberapa orang lupa bahwa nomor NPWP ini berisikan data penting dan bersifat rahasia. Pasalnya nomor ini akan digunakan sebagai identitasmu dalam melaksanakan hak dan kewajiban. Oleh karena itu cara mengecek NPWP adalah salah satu hal yang perlu dilakukan.

Namun banyak orang yang belum tau bagaimana caranya mengecek NPWP. Padahal status aktif atau tidaknya suatu NPWP sangatlah penting untukk diketahui loh. Pasti kamu penasaran kan bagaimana caranya mengecek apakah NPWP masih aktif atau tidak? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara mengecek NPWP yang hilang

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan NPWP ini adalah “bagaimana cara mengecek nomor NPWP yang lupa secara onlin?. Sayangnya sampai saat ini belum ada cara yang memungkinkan kamu untuk mengecek NPWP yang sudah lupa atau hilang secara online guys. soalnya nomor NPWP ini bersifat rahasia karena berisikan data atau informasi pribadi dari pemiliknya. Jadi nomor NPWP ini hanya boleh diketahui oleh pihak terkait saja. Kamu harus menghubungi Dirjen Pajak atau datang langsung ke kantor pajak. 

Cara mengecek NPWP secara online melalui situs DJP 

Cara mengecek status NPWP yang pertama adalah melalui situs Direktorat Jenderal Pajak Online (DJP Online). Situs ini adalah situs resmi dibawah Direktorat Jedral Pajak yang memungkinkan kamu mengetahui apakah NPWP milikmu masih aktif atau tidak. Kerahasiaan datamu akan terjamin guys, jadi tidak perlu khawatir. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi situs DJP Online melalui alamat https://djponline.pajak.go.id/account/login melalui browser yang ada di perangkatmu
  2. Sekarang lakukan login dengan menggunakan nomor NPWP milikmu dan mengiri captcha pada kolom yang disediakan. Setelah itu, tekan tombol Login.
  3. Nomor NPWP milikmu masih aktif jika kamu berhasil masuk ke situs tersebut guys. Namun jika kamu tidak bisa masuk, maka kemungkinkan nomor NPWP tersebut dalam status Non Aktif atau Dihapuskan.

Cara mengecek nomor NPWP melalui situs SSE3 Pajak

Cara mengecek status NPWP secara online lainnya adalah dengan menggunakan situs Surat Setoran Elektronik atau SSE3 Pajak. Cara ini lebih praktis karena kamu tidak perlu melakukan login sama sekali guys. Situs ini juga dijamin keamanannya karena dikelola secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pajak guys. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan keamanan datamu. Berikut adalah langkah – langkahnya:

  1. Bukalah situs SSE3 Pajak dengan mengakses alamat https://sse3.pajak.go.di/registrasi
  2. Masukkan 5 digit NPWP pada kolom yang tersedia
  3. Selesai! Nomor yang masih aktif ditunjukkan dengan munculnya nama pada kolom.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengecek nomor NPWP secara online yaa guys. Sayangnya kalau kamu lupa nomor NPWP tersebut, kamu tidak bisa mencarinya secara online. Kamu bisa menanyakan langsung dengan mendatangi kantor Dirjen Pajak yaa guys. Supaya datamu tetap aman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.