Cara Mudah dan Cepat Menggunakan Keyboard PC di HP

Berbagai jenis keyboard fisik bisa kamu sambungkan ke HP guys. Salah satu keyboard yang paling standar yang bisa kamu gunakan adalah keyboard konvensional. Selain di PC, keyboard ini ternyata juga bisa kamu gunakan untuk mengetik di HP loh.

0

asti ada saja data hasil pekerjaan dari kantor ataupun tugas di kampus yang kamu masukkan ke dalam HP. Misalnya saja file tersebut dikirimkan melalui sosial media, sehingga kamu mengunduhnya di HP. Terkadang ada rasa malas untuk memindahkannya ke PC. Kamu bisa saja loh langsung mengerjakannya di HP guys. Bantuan keyboard fisik pada HP tentu saja akan memudahkanmu dalam mengetik dan juga sangat efisien. Waktu yang kamu perlukan untuk mengetik pun lebih efisien dari biasanya.

Apakah kamu ingin mengetik dengan cepat melalui HP? Pernahkah kamu mencoba menggunakan keyboard PC untuk mengetik di HP? Pasti ada saja data hasil pekerjaan dari kantor ataupun tugas di kampus yang kamu masukkan ke dalam HP.

Misalnya saja file tersebut dikirimkan melalui sosial media, sehingga kamu mengunduhnya di HP. Terkadang ada rasa malas untuk memindahkannya ke PC. Kamu bisa saja loh langsung mengerjakannya di HP guys. 

Bantuan keyboard fisik pada HP tentu saja akan memudahkanmu dalam mengetik dan juga sangat efisien. Waktu yang kamu perlukan untuk mengetik pun lebih efisien dari biasanya. Apakah bisa menyambungkan keyboard fisik PC ke HP? Jawabannya bisa banget guys. Cara menghubungkan keyboard PC ke HP juga sangat mudah dilakukan. Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Berbagai jenis keyboard fisik bisa kamu sambungkan ke HP guys. Salah satu keyboard yang paling standar yang bisa kamu gunakan adalah keyboard konvensional. Selain di PC, keyboard ini ternyata juga bisa kamu gunakan untuk mengetik di HP loh. Namun permasalahannya adalah keyboard ini biasanya hanya menyediakan satu kabel dengan port USB type B. Sementara port yang ada di HP didesain dengan type A dan C. 

Proses menghubungkan keyboard konvensional dan ponsel ini membutuhkan alat tambahan guys. Kamu memerlukan USB OTG atau on-the-go agar bisa menghubungkan keduanya. USB OTG yang harus kamu gunakan adalah dengan jenis port USB Type-B female. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Siapkan keyboard konvensional yang akan kamu hubungan dengan ponselmu.
  2. Siapkan USB OTG Type-B yang sesuai portnya dengan port yang ada di ponselmu.
  3. Hubungan kabel dari keyboard ke USB OTG dan hubungkan pula kabel HP dengan OTG ini. 
  4. Bukalah menu settings yang ada di ponselmu, lalu pilihlah opsi Additional settings dan pilihlah opsi Language & input
  5. Selanjutnya pilihlah opsi physical keyboard 
  6. Keyboard yang kamu pasang akan muncul pada kolom physical keyboard tersebut. Pastikan pengaturan keyboard tersebut tertulis default ya.
  7. Selesai! ponselmu akan langsung dapat membaca keyboard tersebut dan akan terkoneksi secara otomatis. Ohya perlu kamu ketahui kalau beberapa brand HP seperti Oppo, Vivo dan Realme tidak mendukung yaa guys. Jadi tidak bisa terkoneksi dengan keyboard fisik ini. 

Buat kamu pengguna brand HP yang bisa mendukung proses ini namun mengalami kendala dalam menghubungkannya, maka kamu bisa mengecek apakah USB tersambung atau tidak melalui aplikasi Easy OTG Checker guys. Bisa jadi permasalahannya bukan karena tidak adanya dukungan dari ponselmu, tetapi karena OTG yang kamu gunakan tidak bisa menyambungkan dengan baik. Solusinya adalah dengan mengganti OTG tersebut. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasang aplikasi UTG Checker pada ponsel yang kamu gunakan
  2. Klik tanda tanya yang muncul di laman utama
  3. Klik opsi OK dan hasilnya akan segera muncul secara otomatis.
  4. Selesai! jika ada tanda ceklis artinya OTG tersambung yaa. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menggunakan keyboard fisik untuk mengetik di HP yaa guys, Mudah dan cepat sekali kan prosesnya. Sekarang kamu bisa mengetik dengan cepat deh walaupun menggunakan HP. Jadi gak harus repot pindahin file ke PC dulu yaa guys. Semoga bermanfaat.

READ  Tips Delete File Lainnya di Smartphone Xiaomi

Leave A Reply

Your email address will not be published.