Cara Mudah dan Efektif Menghindari dari Scammer

Biasanya kamu akan dikirimkan info bahwa kamu memenangkan undian atau dia berpura – pura menjadi temanmu dan meminta uang atau pulsa dalam jumlah tertentu. Yuk simak bagaimana caranya agar terhindari dari kejahatan scammer berikut ini! Scammer dalam bahasa Indonesia adalah penipu yang menggunakan berbagai trik dan skema penipuan yang akan mendapatkan sesuatu yang diinginkan dari korbannya.

0

Salah satu kejahatan yang termasuk banyak dilakukan dan sangat merugikan orang lain adalah scammer. Soalnya seorang scammer ini mampun membuat korban atau targetnya terpedaya hanya dengan menggunakan kata – kata manis atau promosi menarik saja. Selain mengalami kerugian secara materi, korban juga bisa mengalami kerugian mental dan moril. Sebagai pengguna alat komunikasi yang cerdas, kamu harus waspada dan selalu berhati – hati agar tidak termakan dan terpengaruh oleh tipu daya para scammer ini guys.

Kemajuan teknologi dalam dunia komunikasi menimbulkan banyak sekali modus kejahatan dan pekerjaan yang merugikan bagi orang lain. Salah satu kejahatan yang termasuk banyak dilakukan dan sangat merugikan orang lain adalah scammer.

Soalnya seorang scammer ini mampun membuat korban atau targetnya terpedaya hanya dengan menggunakan kata – kata manis atau promosi menarik saja. Selain mengalami kerugian secara materi, korban juga bisa mengalami kerugian mental dan moril.

Sebagai pengguna alat komunikasi yang cerdas, kamu harus waspada dan selalu berhati – hati agar tidak termakan dan terpengaruh oleh tipu daya para scammer ini guys. pasalnya potensi kamu menjadi korban sama besarnya dengan orang lain.

Biasanya kamu akan dikirimkan info bahwa kamu memenangkan undian atau dia berpura – pura menjadi temanmu dan meminta uang atau pulsa dalam jumlah tertentu. Yuk simak bagaimana caranya agar terhindari dari kejahatan scammer berikut ini! Scammer dalam bahasa Indonesia adalah penipu yang menggunakan berbagai trik dan skema penipuan yang akan mendapatkan sesuatu yang diinginkan dari korbannya.

Scammer akan berlaku seolah dia adalah orang yang baik dan peduli denganmu supaya kamu percaya bahwa dia bukanlah orang jahat dan kamu mempercayainya. Mereka juga bisa saja berpura – pura sebagai bagian dari sebuah perusahaan atau lembaga terpercaya. Berikut adalah cara menghindari dari scammer:

Melakukan pengecekan secara mendalam

Ketika ada orang yang menghubungi dan mengaku sebagai orang yang kamu kenal, pastikan dulu identitasnya melalui foto dan cek keasliannya. Kamu bisa menggunakan Google Reverse Image dengan memasukkan foto tersebut.  Kamu juga bisa menggunakan scam analyse untuk memeriksa link yang dia berikan. Kalau warna merah, maka dipastikan itu scam.

Menyalakan notifikasi transaksi

Notifikasi transaksi pada rekening perlu dinyalakan supaya kamu tidak menyesal karena baru tau belakangan bahwa ada yang menyalahgunakan rekening milikmu tersebut. Pastikan kamu selalu menerima pemberitahuan atas setiap transaksi yang dilakukan menggunakan akunmu. Caranya adalah dengan menyalakan real time notification

Berhati – hati dalam menyebarkan nomor rekening

Sebaiknya kamu tidak menyebarkan nomor rekening di media sosial dalam bentuk foto. Soalnya kamu tak pernah tau kapan datamu akan diretas. Hapus foto nomor rekening begitu kamu selesai mengirimnya ke orang yang kamu percaya jika memang butuh.

Memblokir nomor dan akun mencurigakan

Ada banyak kasus scam yang dilakukan melalui panggilan telepon serta pesan singkat. Nah jadi sebaiknya kamu memblokir nomor asing. Apalagi jika ada indikasi yang mencurigakan. Supaya kamu tidak tertipu jika memilih meladeninya nanti guys. Bisa jadi mereka melakukan hipnotis jika kamu malah meladeninya ketika sedang sendiri.

Melacak nomor penipu

Biasanya para penipu melakukan aksinya kepada banyak korban dengan berpindah – pindah. Namun mereka tidak mengganti nomor teleponnya tersebut. Jadi kamu bisa melacak nomor telepon penipu tersebut menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Get Contact. Aplikasi ini akan memberitahu nama dari suatu nomor kontak di ponsel orang lain.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menghindari para scammer dengan mudah yaa guys. mereka tidak akan berhenti dalam melakukan aksi kejahatan kepada siapa saja. Bahkan aksi ini malah meningkat di masa pandemi saat ini. Jadi selalu waspada yaa guys. Semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.