Cara Mudah dan Praktis Daftar BPJSTKU, Kelola Akun Lebih Mudah!

Aplikasi ini memungkinkan para penggunannya untuk mengelola semua layanan yang bisa digunakan. Termasuk salah satunya adalah untuk mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT). Yuk simak penjelasan mengenai aplikasi ini dan cara mendaftarnya!

0

Salah satu layanan asuransi kesehatan yang tersedia bagi para tenaga kerja adalah BPJSTKU yang merupakan asuransi kesehatan dari BPJS yang dikelola oleh negara. Jika kamu ingin menggunakan layanan ini, maka kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran ini bisa dilakukan dengan cepat dan praktis emlalui aplikasi BPJSTKU yang bisa dipasang di ponselmu. BPJS atau singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dikelola oleh negara sudah mengeluarkan aplikasi resminya bagi para tenaga kerja yang menggunakan layanan ini, yaitu aplikasi BPJSTKU.

Salah satu layanan penting dan perlu dimiliki oleh para tenaga kerja adalah asuransi kesehatan. Salah satu layanan asuransi kesehatan yang tersedia bagi para tenaga kerja adalah BPJSTKU yang merupakan asuransi kesehatan dari BPJS yang dikelola oleh negara. Jika kamu ingin menggunakan layanan ini, maka kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Pendaftaran ini bisa dilakukan dengan cepat dan praktis emlalui aplikasi BPJSTKU yang bisa dipasang di ponselmu. BPJS atau singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dikelola oleh negara sudah mengeluarkan aplikasi resminya bagi para tenaga kerja yang menggunakan layanan ini, yaitu aplikasi BPJSTKU.

Aplikasi ini memungkinkan para penggunannya untuk mengelola semua layanan yang bisa digunakan. Termasuk salah satunya adalah untuk mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT). Yuk simak penjelasan mengenai aplikasi ini dan cara mendaftarnya!

Penjelasan singkat mengenai BPJSTKU

Aplikasi BPJSTKU dikeluarkan secara resmi oleh BPJS. Pengguna dapat menggunakan sejumlah fitur yang menarik dan sangat bermanfaat. Aplikasi ini sudah dirilis sejak tahun 2018. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini dengan gratis dan resmi melalui Google Play Store bagi pengguna Android maupun App Store bagi para pengguna iPhone. 

Beberapa layanan yang disediakan bagi para penggunanya adalah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi para anggota baru, informasi mengenai kantor cabang, pelaporan kecelakaan kerja dan juga berbagai informasi terkini mengenai BPJS ketenagakerjaan ini. Sebagai pengguna kamu juga bisa melakukan simulasi hitung jaminan hari tua dan ada juga panduan untuk mencairkan saldo JHT melalui aplikasi tersebut. 

Cara mendaftar BPJSTKU secara Online 

Proses pendaftaran di BPJSTKU ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasinya ataupun melalui situs resminya. Tentu saja cara ini sangat memudahkan calon penggunanya. Ada dua kategori yang bisa dipilih, yaitu registrasi peserta baru BPJS TK bagi penerima upah, bukan penerima upah dan juga pekerja migran Indonesia dan juga pendaftaran pengguna aplikasi BPJSTKU. Berikut adalah langkah – langkah untuk mendaftar di BPJSTKU:

  1. Unduh dan pasanglah aplikasi BPJSTKU pada ponsel yang kamu gunakan. 
  2. Bukalah aplikasi BPJSTKU yang sudah kamu pasang di ponselmu dan pilih menu Pendaftaran Pengguna BPJSTKU yang terdapat pada sebelah kanan. Setelah itu pilih jenis kepesertaan. Karyawan umum termasuk ke dalam katergori penerima upah
  3. Masukkan data pribadimy, yaitu tanggal lahir dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai yang ada di KTP pada kolom yang disediakan, klik tombol lanjut jika kamu sudah selesai mengisinya
  4. Masukkan nomor Kartu Peserta Jamsoste (KPJ) jika kamu sudah terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan. Masukkan nama lengkap sesuai pada KTP
  5. Masukkan alamat email milikmu yang masih aktif dan juga password pada kolom yang disediakan. 
  6. Selesai! Kamu sudah berhasil mendaftar ke BPJSTKU yaa guys. Kamu akan dibawa lagi ke laman awal. Disini kamu bisa login menggunakan akun BPJSTKU yang sudah dibuat agar bisa menggunakan berbagai fitur dan layanan disana.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya membuat akun di BPJSTKU yaa guys. Proses pendaftaran cukup dilakukan sekali saja yaa. Jadi kalau kamu sudah mendaftar melalui situs resminya dan sudah mempunyai akun, maka kamu tidak perlu daftar lagi di aplikasinya. Kamu tinggal login saja menggunakan akun tersebut guys. semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.