Cara Mudah dan Praktis Melakukan Scan Foto Menggunakan HP

Foto termasuk salah satu file atau dokumen yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Baik dalam bentuk softcopy ataupun hardcopy. Terkadang kita membutuhkan foto dalam bentuk softcopy dalam waktu yang mendesak sementara kita hanya memiliki bentuk hardcopy-nya saja.

0

Apakah kamu pernah mengalami hal ini juga guys? Nah kamu tak perlu repot dulu harus mengambil foto ulang.  Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan kamu untuk memindai dokumen atau melakukan scan foto dengan mudah. Bahkan kamu tak perlu menggunakan alat scanner khusus. Soalnya kamu bisa mengandalkan ponselmu untuk memindai dokumen apapun cukup menggunakan ponselmu saja guys. Jadi tak perlu juga pergi ke tempat yang ada printer untuk memindai fotomu tersebut. Lalu bagaimana sih caranya melakukan scan foto menggunakan HP tersebut?

Foto termasuk salah satu file atau dokumen yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Baik dalam bentuk softcopy ataupun hardcopy. Terkadang kita membutuhkan foto dalam bentuk softcopy dalam waktu yang mendesak sementara kita hanya memiliki bentuk hardcopy-nya saja.

Apakah kamu pernah mengalami hal ini juga guys? Nah kamu tak perlu repot dulu harus mengambil foto ulang.  Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan kamu untuk memindai dokumen atau melakukan scan foto dengan mudah. Bahkan kamu tak perlu menggunakan alat scanner khusus.

Soalnya kamu bisa mengandalkan ponselmu untuk memindai dokumen apapun cukup menggunakan ponselmu saja guys. Jadi tak perlu juga pergi ke tempat yang ada printer untuk memindai fotomu tersebut. Lalu bagaimana sih caranya melakukan scan foto menggunakan HP tersebut? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini guys!

Cara melakukan scan foto melalui Google Drive di HP

Pengguna Android tidak perlu repot untuk mengunduh dan menginstall aplikasi untuk memindari foto guys. Kamu bisa mengandalkan aplikasi Google Drive yang tersedia di Androidmu. Yap! Ternyata Google Drive bisa kamu gunakan untuk memindai foto atau scan foto loh guys. Hasil pemindaian ini bisa kamu scan dalam format JPG atau PDF guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah aplikasi Google Drive yang terdapat di Androidmu
  2. Klik pada tombol add yang terdapat di bagian kanan bawah laman utama aplikasi Google Drive tersebut
  3. Kamu akan diberikan beberapa pilihan setelah menekan tombol tambah atau add tadi. Sekarang pilih opsi scan untuk memulai pemindaian terhadap foto atau dokumen
  4. Ambil foto yang akan kamu scan dan sesuaikan area pemindaian. Kamu bisa melakukan crop dan lakukan rescan halaman jika kamu ingin melakukan ulang
  5. Tekan tombol done jika kamu sudah ingin menyimpan hasil scan tersebut
  6. Hasil scan tersebut akan ditambahkan ke Google Drive dalam format JPG atau PDF
  7. Selesai deh! hasil scan pun akan kamu dapatkan dan tersimpan dengan nama yang diawali dengan kata scanned yang diikuti dengan tanggal dan waktu. 

Cara melakukan scan foto menggunakan iPhone

Scan foto juga bisa kamu lakukan menggunakan iPhone guys. iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS 11 sudah memiliki fitur pemindaian baru ke aplikasi bawaannya, yaitu aplikasi Notes. Jadi kamu perlu memastikan dulu iPhone milikmu menggunakan sistem operasi iOS 11 supaya bisa menggunakan fitur tersebut. Berikut adalah langkah – langkah melakukan scan foto di iPHone:

  1. Bukalah aplikasi Notes yang terdapat di iPhone milikmu yaa guys
  2. Klik pada ikon kotak dengan pensil yang terdapat di dalamnya untuk membuat catatan baru yang terdapat pada bagian kanan bawah
  3. Klik pada lingkaran yang ada tanda  di dalamnya, menu baru akan muncul dan klik lagi lingkaran dengan tanda + lagi didalamnya
  4. Tempatkan kamera sesuai posisi foto yang akan kamu pindai dan aplikasi Notes ini akan mengambil foto secara otomatis dan kamu juga bisa mengontrolnya secara manual dengan mengetuk sendiri tombolnya
  5. Lakukan perbaikan terhadap hasil scan dan selesai deh!

Salam teknologi! Nah begitulah caranya melakukan scan terhadap foto melalui Android dan iPhone. Kamu tak perlu menginstall aplikasi tambahan apapun untuk melakukannya guys. Ada juga aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan seperti CamScanner. Semoga berguna yaa.

READ  Cara Mudah Memasang Bluetooth di Laptop, Sebelumnya Tidak Ada!

Leave A Reply

Your email address will not be published.