Cara Mudah dan Praktis Membuat Tanda Tangan di Word

Hasilnya akan tampak lebih jelas sama halnya ketika kamu menandatangani file hard copy. Tentu saja cara menandatangani dokumen secara digital ini akan lebih praktis. Kamu tak perlu repot lagi mencetak file tersebut deh. Pasti kamu penasaran kan bagaimana sih caranya melakukan tandatangan secara langsung di MS Word. Yuk simak ulasan berikut ini yaa guys!

0

Tanda tangan ini biasanya dicantumlan pada surat resmi. Buku tamu ataupun pada tanda pengenal eletronik. Tahukah kamu bahwa ternyata kamu bisa loh menandatangani file Microsoft Word secara digital. Beberapa dari kita mungkin berpikir akan lebih mudah menandatangani file yang sudah dicetak. Namun sekarang kamu bisa langsung tanda tangan secara digital tanpa perlu print loh. MS Word kini sudah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan editing sederhana dimana kamu bisa membuat tanda tangannya.

Tanda tangan adalah salah satu bagian penting yang menandakan identitas kita. Bentuk tanda tangan setiap orang berbeda – beda yang menunjukkan ciri khas masing – masing. Tanda tangan ini biasanya dicantumlan pada surat resmi. Buku tamu ataupun pada tanda pengenal eletronik. Tahukah kamu bahwa ternyata kamu bisa loh menandatangani file Microsoft Word secara digital.

Beberapa dari kita mungkin berpikir akan lebih mudah menandatangani file yang sudah dicetak. Namun sekarang kamu bisa langsung tanda tangan secara digital tanpa perlu print loh. MS Word kini sudah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan editing sederhana dimana kamu bisa membuat tanda tangannya.

Hasilnya akan tampak lebih jelas sama halnya ketika kamu menandatangani file hard copy. Tentu saja cara menandatangani dokumen secara digital ini akan lebih praktis. Kamu tak perlu repot lagi mencetak file tersebut deh. Pasti kamu penasaran kan bagaimana sih caranya melakukan tandatangan secara langsung di MS Word. Yuk simak ulasan berikut ini yaa guys!

Cara membuat tanda tangan digital di MS Word tanpa aplikasi

Cara pertama membuat tanda tangan langsung di Word adalah memanfaatkan fitur yang disediakan oleh MS Word. Jadi tidak perlu aplikasi tambahan apapun guys. Caranya juga sangat efektif dan praktis karena kamu tidak perlu melakukan scan. Hasilnya pun akan sama dengan hasil ketika kamu menandatangani file Word secara langsung. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat tanda tangan di kertas menggunakan pena hitam. Pastikan tanda tangan tersebut terlihat jelas di foto yaa guys.
  2. Foto tanda tangan yang sudah kamu buat tersebut dan pindahkan file ke PC atau laptop. Salah satunya adalah cara memindahkan file ke laptop atau PC yang menurutmu paling mudah.
  3. Sekarang bukalah aplikasi MS Word yang ada di laptop atau PC milikmu. Posisikan kursor pada tempat dimana kamu ingin menambahkan tanda tangan. Klik pada tab insert dan pilih picture.
  4. Pilih opsi insert Picture dan klik pada This Device
  5. Masukkan file tanda tangan yang sudah kamu buat tadi 
  6. Lakukan proses editing pada foto tanda tanganmu dan pilih menu crop untuk memotong untuk membuang area di sekitar tanda tangan tersebut
  7. Lakukan pengeditan pada background foto supaya warna kertas foto tersebut menjadi transparan, sehingga tampak seperti kamu membuat langsung tanda tangan tersebut di MS Word
  8. Cara membuat foto tersebut transparan adalah dengan menekan klik kanan pada foto yang ada tanda tangan tersebut dan pilih format picture
  9. Klik pada logo Picture  dan pilih Picture color, lalu pilih opsi recolor
  10. Pilih pada opsi Black and White: 50% dari sekian pilihan yang disediakan
  11. Sekarang kamu sudah berhasil menghilangkan background tanda tangan di Word. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya membuat tanda tangan di MS Word secara digital yaa guys. Jadi kamu tak perlu repot untuk mencetak dokumen dan melakukan scan ulang untuk menyimpannya dalam bentuk digital.

Kamu juga bisa menggabungkan tanda tangan dengan stempel dengan menggunakan bantuan aplikasi lainnya, seperti Photoshop guys. Memang sekarang semua bisa kamu lakukan secara digital. Lebih praktis dan cepat tentu saja. 

READ  Cara Mudah dan Praktis Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

Leave A Reply

Your email address will not be published.