Cara Mudah dan Praktis Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Cara memindahkan data aplikasi ke kartu SD tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun sebenarnya sudah disediakan oleh Google bagi pengguna Android. Namun cara tersebut hanya bisa dilakukan oleh pengguna Android versi Marshmallow ke atas saja guys. Kamu memerlukan kartu memori yang benar – benar bersih. Jadi tidak perlu ada aplikasi jika OS di ponselmu adalah Marshmallow keatas ya.

0

Hal ini akan membuat ponselmu menjadi lemot dan tidak bisa bekerja dengan optimal. Membatasi jumlah aplikasi yang harus dipasang tentuk bukanlah solusi yang cukup menarik, apalagi jika kamu adalah pengguna yang suka mengunduh aplikasi game dengan grafis tinggi ataupun aplikasi terbaru yang menarik untuk kamu gunakan. Solusi yang  bisa dilakukan untuk mengatasi memori internal ponsel yang penuh karena kebanyakan aplikasi adalah dengan memindahkan aplikasi tersebut ke kartu SD.

Aplikasi terlalu banyak dipasang pada ponsel lama kelamaan akan membuat memori internal ponselmu akan habis. Hal ini akan membuat ponselmu menjadi lemot dan tidak bisa bekerja dengan optimal. Membatasi jumlah aplikasi yang harus dipasang tentuk bukanlah solusi yang cukup menarik, apalagi jika kamu adalah pengguna yang suka mengunduh aplikasi game dengan grafis tinggi ataupun aplikasi terbaru yang menarik untuk kamu gunakan.

Solusi yang  bisa dilakukan untuk mengatasi memori internal ponsel yang penuh karena kebanyakan aplikasi adalah dengan memindahkan aplikasi tersebut ke kartu SD. Memindahkan aplikasi ke kartu SD ini bisa kamu lakukan tanpa harus melakukan rooting pada Androidmu loh guys. Sistem operasi Android memang menawarkan fleksibilitas tinggi yang memudahkan penggunanya. Lalu bagaimana ya caranya memindahkan aplikasi ke kartu SD? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Memindahkan aplikasi ke kartu SD harusnya bisa dilakukan di semua merk ponsel selama menggunakan sistem operasi Android. Ada dua tahap yang perlu kamu lakukan untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD ini guys. Tenang saja, caranya tidak terlalu ribet dan sulit untuk dilakukan kok. Selama kamu mau, ya bisa saja.

Cara memindahkan data aplikasi ke kartu SD tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun sebenarnya sudah disediakan oleh Google bagi pengguna Android. Namun cara tersebut hanya bisa dilakukan oleh pengguna Android versi Marshmallow ke atas saja guys. Kamu memerlukan kartu memori yang benar – benar bersih. Jadi tidak perlu ada aplikasi jika OS di ponselmu adalah Marshmallow keatas ya. Pastikan dulu sudah ada kartu SD di ponselmu dan sudah dideteksi oleh sistem ya. 

Tahap 1: memformat kartu memori sebagai penyimpanan internal

Tahap pertama ini bertujuan untuk mengecek apakah kartu SD yang kamu pasang cocok dijadikan memori internal atau tidak. Disebut sebagai tahap persiapan. Ponselmu akan mendeteksi kesesuaian kartu memori yang digunakan pada tahap ini dan melakukan format. Jika tahap ini gagal, maka kamu tidak bisa melanjutkannya guys. Kamu harus mengganti kartu SD tersebut agar cocok. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan:

  1. Bukalah menu settings yang ada di ponselmu, lalu pilih Penyimpanan
  2. Pastikan kartu memori sudah terbaca oleh ponselmu. Lalu pilih pilihan kartu SD yang akan kamu gunakan tersebut.
  3. Tekan logo garis tiga yang terdapat pada bagian kanan atas menu kartu SD tersebut
  4. Pilihlah opsi Setelan Penyimpanan lalu klik opsi Format Kartu SD untuk memulai proses format. Pilih Format sebagai internal. Tunggu sampai proses selesai.

Tahap kedua: memindahkan aplikasi ke kartu memori

Sekarang kamu sudah bisa memindahkan aplikasi ke kartu memori tersebut guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah menu setting  di ponselmu, lalu pilih menu Apps 
  2. Pilihlah aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke memori eksternal
  3. Pilih menu Ganti supaya aplikasi bisa kamu pindahkan, lalu pilihlah ganti penyimpanan di kartu SD
  4. Pilih opsi Pindahkan dan tunggu beberapa saat sampai proses pemindahan ini selesai.

Salam teknologi! Sekarang aplikasi tersebut sudah disimpan di memori eksternal tadi guys. Jadi tidak perlu khawatir lagi kalau memori internalmu akan cepat penuh karena memasang banyak aplikasi. Bebas deh mau pasang aplikasi. Semoga berguna ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.