Cara Mudah dan Praktis Menghilangkan Background pada Video

Misalnya saja karena kamu ingin mengganti background pada video tersebut dengan background yang lebih menarik atau menggunakan background yang polosan. Ada beberapa cara menghilangkannya tanpa menggunakan green screen. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Mulai dari sosial media, Youtube, platform streaming dan berbagai media lainnya menjadikan video sebagai konten utamanya. Oleh karena itu aktivitas editing video pun semakin berkembang untuk mendapatkan video yang berkualitas dan dapat menyampaikan informasi sesuai keinginan cretornya dengan tepat. Salah satu proses editing pada video yang sering dilakukan oleh cretor serta editor video adalah menghilangkan background yang terdapat pada video tersebut. Background video ini perlu dihilangkan untuk berbagai alasan.

Video kini menjadi salah satu bentuk konten yang paling banyak digunakan dalam menyampaikan suatu informasi. Ada banyak sekali video yang tersebar di internet. Mulai dari sosial media, Youtube, platform streaming dan berbagai media lainnya menjadikan video sebagai konten utamanya.

Oleh karena itu aktivitas editing video pun semakin berkembang untuk mendapatkan video yang berkualitas dan dapat menyampaikan informasi sesuai keinginan cretornya dengan tepat. Salah satu proses editing pada video yang sering dilakukan oleh cretor serta editor video adalah menghilangkan background yang terdapat pada video tersebut. Background video ini perlu dihilangkan untuk berbagai alasan.

Misalnya saja karena kamu ingin mengganti background pada video tersebut dengan background yang lebih menarik atau menggunakan background yang polosan. Ada beberapa cara menghilangkannya tanpa menggunakan green screen. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara menghilangkan background video tanpa green screen

Video yang tidak memiliki green screen masih tetap bisa kamu hilangkan backgroundnya dengan mudah kok guys. Jadi gak perlu panik kalau kamu lupa memakai green screen ini sebelumnya yaa. Proses ini bahkan bisa kamu lakukan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan apapun loh. Pada prinsipnya kamu akan menggunakan situs online yang menyediakan layanan ini. Salah satu situs yang bisa kamu gunakan adalah Unscreen. Unscreen merupakan sebuah situs online untuk mengedit video. Berikut adalah langkah – langkah menghilangkan background pada video menggunakan Unscreen:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi browser yang terdapat di perangkat yang kamu gunakan. Setelah itu kunjungilah situs Unscreen, sehingga kamu akan masuk ke laman utama situs ini. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menekan upload clip untuk mengunggah video yang akan kamu edit.
  2. Klik pada video untuk mengubah background pada video yang akan diedit
  3. Pilihlah opsi transparan untuk menghapus background pada video tersebut
  4. Klik tombol download dan tunggu beberapa saat sampai proses pengunduhan selesai dilakukan.

Cara menghilangkan background video menggunakan KineMaster

Cara diatas memang praktis karena kamu tidak perlu mengunduh dan menginstall aplikasi apapun. Namun cara diatas tentu kurang sesuai jika kamu tidak sedang terhubung ke internet. Nah kamu bisa mengandalkan aplikasi KineMaster untuk menghilangkan background pada video ini. Aplikasi editor yang satu ini banyak digunakan dengan tampilan rapi dan fitur yang ditawarkan pun beragam. Kamu juga bisa menghilangkan background pada video menggunakan aplikasi KineMaster ini guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasang aplikasi KineMaster di perangkat yang kamu gunakan
  2. Pilih opsi Empty project untuk memulai project baru
  3. Pilih media browser dan pilih video untuk background pengganti
  4. Pilih layer, video dan video yang akan kamu ganti backgroundnnya. 
  5. Aktifkan layer video yang akan kamu ubah dan aktifkan fitur Chroma key
  6. Pilih warna yang kamu inginkan di video, atur tingkat transparasi dan selesai deh!

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menghilangkan background pada video yang bisa kamu lakukan. Tinggal pilih saja cara yang sesuai dengan kondisimu. Apakah kamu ingin melakukan editing ini secara online tanpa aplikasi tambahan atau secara online menggunakan aplikasi editor video. Semoga berguna yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.