Cara Mudah dan Praktis Mengunci Galeri di Android

Sebagian besar smartphone keluaran terbaru sudah menyediakan fitur yang membuatmu bisa menjaga privasi dari galeri. Namun masih banyak juga smartphone yang belum menyediakan fitur ini. Lalu bagaimana caranya mengunci galeri tanpa fitur bawaan? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Sama halnya dengan aplikasi chat, tentu saja aplikasi galeri ini membutuhkan privasi mengingat data yang terdapat di dalamnya bersifat personal. Smartphone yang canggih sekalipun tetap saja tidak bisa membuat penggunanya merasa aman dan tenang akan data yang ada di dalamnya. Makanya mengunci galeri adalah langkah yang diperlukan untuk menjaga privasimu guys. Banyak pengguna smartphone yang menjaga privasinya dengan cara mengunci aplikasi galeri yang ada di ponselnya.

Data media berupa foto dan video semuanya disimpan di dalam aplikasi galeri yang ada di ponselmu. Sama halnya dengan aplikasi chat, tentu saja aplikasi galeri ini membutuhkan privasi mengingat data yang terdapat di dalamnya bersifat personal. Smartphone yang canggih sekalipun tetap saja tidak bisa membuat penggunanya merasa aman dan tenang akan data yang ada di dalamnya. Makanya mengunci galeri adalah langkah yang diperlukan untuk menjaga privasimu guys.

Banyak pengguna smartphone yang menjaga privasinya dengan cara mengunci aplikasi galeri yang ada di ponselnya. Sebagian besar smartphone keluaran terbaru sudah menyediakan fitur yang membuatmu bisa menjaga privasi dari galeri. Namun masih banyak juga smartphone yang belum menyediakan fitur ini. Lalu bagaimana caranya mengunci galeri tanpa fitur bawaan? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara mengunci galeri HP menggunakan aplikasi tambahan

Cara pertama mengunci galeri HP yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang menawarkan fitur sejenis. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan guys. Salah satunya adalah AppLock. Aplikasi ini dikembangkan oleh DoMobile Lab. Applock memungkinkan kamu untuk mengunci galeri menggunakan berbagai bentuk kata sandi, yaitu kode PIN, Pattern dan juga fingerprint. Ohya kalau kamu lupa dengan kata sandi yang sudah kamu buat, maka kamu bisa mengembalikannya lagi dengan cara menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh AppLock ini guys. Jadi tak perlu khawatir jika kamu termasuk orang yang pelupa ya. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengunci aplikasi lain yang ada di ponselmu.

Cara mengunci galeri di HP tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun

Mengunci galeri juga bisa kamu lakukan tanpa perlu mengunduh dan menginstall aplikasi apapun ke ponselmu guys. Cara ini tentu lebih praktis dan cocok sekali buat kamu yang tidak ingin memasang aplikasi apapun. Apalagi jika memori internalmu sudah hampir penuh guys. Cara yang satu ini sangat cocok dan bisa menjadi pilihanmu dalam mengunci aplikasi galeri di ponselmu. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan (untuk HP Xiaomi):

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka menu settings yang ada di ponselmu. Setelah itu, pilihlah menu Apps dan tekanlah opsi App Lock
  2. Kamu akan dibawa ke halaman baru, tekan tombol Turn On yang ada di bagian bawah
  3. Masukkan kode pattern yang akan kamu gunakan sebagai pasword galerimu
  4. Ulangi lagi pattern yang sudah kamu masukkan tadi untuk melakukan konfirmasi
  5. Kamu juga akan diminta masuk ke akun Mi, tekan pilih nanti jika tidak punya
  6. Kamu akan masuk ke halaman kunci aplikasi, lakukan verifikasi sidik jari
  7. Pilih aplikasi yang akan kamu kunci
  8. Kamu bisa mengatur lebih lanjut, misalnya saja ingin mengganti password atau pengaturan lainnya dengan cara menekan ikon gerigi di bagian kanan atas. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengunci aplikasi galeri yang ada di ponselmu yaa guys. Cara pertama bisa kamu terapkan pada semua brand Android yaa guys. Hanya saja kamu perlu menginstall aplikasi tambahan. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur bawaan dengan fungsi yang sama di ponselmu. Caranya berbeda pada setiap brand smartphone yaa. Semoga berguna guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.