Cara Mudah dan Praktis Sharing Printer Melalui WiFi, LAN dan IP Address

Caranya adalah dengan menghubungkan satu printer dengan beberapa komputer dalam satu jaringan. Biasanya diterapkan ketika membuka warnet, rental komputer dan di perkantoran. Kamu tak perlu menyediakan printer dalam jumlah banyak ataupun memindahkan posisinya. Yuk simak cara sharing printer berikut ini guys!

0

Printer sendiri berguna untuk mencetak dokumen baik yang berupa tulisan maupun mencetak foto. Hasil cetakan yang dihasilkan akan semakin tajam jika kualitas printer yang digunakan lebih bagus. Sekarang ada banyak sekali printer yang bisa didapatkan dengan harga yang murah. Namun tentu kita tetap saja ingin hemat ketika ingin mencetak dokumen. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya saja mencetak file dalam bentuk bolak – balik. Cara lain menghemat printer adalah dengan berbagi printer dengan banyak komputer guys. Cara ini dikenal dengan istilah sharing printer.

Printer merupakan salah satu perangkat penting dari seluruh rangkaian CP yang sering kita gunakan. Printer sendiri berguna untuk mencetak dokumen baik yang berupa tulisan maupun mencetak foto. Hasil cetakan yang dihasilkan akan semakin tajam jika kualitas printer yang digunakan lebih bagus. Sekarang ada banyak sekali printer yang bisa didapatkan dengan harga yang murah. Namun tentu kita tetap saja ingin hemat ketika ingin mencetak dokumen. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya saja mencetak file dalam bentuk bolak – balik.

Cara lain menghemat printer adalah dengan berbagi printer dengan banyak komputer guys. Cara ini dikenal dengan istilah sharing printer. Jadi satu printer bisa digunakan oleh beberapa komputer deh guys. Caranya adalah dengan menghubungkan satu printer dengan beberapa komputer dalam satu jaringan. Biasanya diterapkan ketika membuka warnet, rental komputer dan di perkantoran. Kamu tak perlu menyediakan printer dalam jumlah banyak ataupun memindahkan posisinya. Yuk simak cara sharing printer berikut ini guys!

Cara sharing printer menggunakan WiFi dan LAN

Cara sharing printer pertama adalah dengan menggunakan jaringan WiFi dan LAN. Kamu perlu mengatur beberapa hal pada PC yang sudah terhubung dengan printer yang akan di-share. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah menu control panel dengan cara emnekan tombol Windows + R. Setelah itu ketikkan control panel di kolom pencarian dan tekan enter, klik OK. Pilihlah menu Network and Internet yang terdapat di laman Control Panel tersebut. Pilihlah menu Network and Sharing Center
  2. Langkah selanjutnya adalah masuk ke Change Advanced Sharing Settings
  3. Aktifkan file dan printer sharing dengan cara menekan pilihan Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing
  4. Sebaiknya kamu juga menonaktfikan password yang ada dengan cara membuka menu All Networks supaya komputer bisa mengakses printer dengan langsung. Klik pilihan Turn off password protected sharing
  5. Klik Save Changes untuk menyimpan semua pengaturan yang sudah kamu buat. 
  6. Lakukan sharing printer dengan komputer lain dengan memilih view devices and printers di kategori Hardware and Sound. Klik kanan pada nama printer yang akan dibagikan dan pilih properties. 
  7. Klik tab sharing dan centang pada bagian share this printer, Klik Ok dan selesai!

Cara sharing printer menggunakan IP Address

Cara ini membutuhkan alamat IP komputer utama guys. Jadi pastikan kamu sudah mengetahui alamat IP nya yaa. Berikut adalah langkah – langkah sharing printer menggunakan IP Address:

  1. Cari tau alamat IP komputer utama dengan menekan WindowsR, ketikkan CMD dan tekan enter.
  2. Ketik ipconfig di samping jendela cmd, maka alamat IP akan muncul.
  3. Akses printer yang sudah dibagikan dengan cara masuk ke file explorer dan ketikkan alamat IP pada address bar
  4. Klik kanan pada nama printer dan klik connect, tunggu sampai proses ini selesai.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya melakukan sharing printer yaa guys. Tidak terlalu ribet kan caranya. Sekarang kamu gak harus punya banyak printer ataupun memindahkan lokasi printer yang digunakan lagi guys. Lakukan saja sharing printer. Kamu bisa menggunakan cara ini di Windows 10, 8 dan juga Windows 7 yaa. Semoga berguna yaa. 

READ  Mengganti Baterai Tanam Smartphone. Bisakah?

Leave A Reply

Your email address will not be published.