Cara Mudah Daur Ulang Smartphone yang Tidak Terpakai

0

Kalian pasti punya handphone bekas yang tidak terpakai di rumah kan? Kadang kita juga meras bingung harus diapakan handphone bekas tersebut. Mau dibuang, bingung harus kemana. Kalau asal buang juga berbahaya untuk lingkungan dan bumi.

Sampah elektronik memang tidak bisa dibuang di sembarang tempat. Nah saya punya saran nih buat kalian bagaimana cara daur ulang HP yang tidak terpakai dengan mudah. Penasaran? Mari simak sampai akhir, Gaes!

Cara Mudah Daur Ulang Handphone yang Tidak Terpakai

Ada beberapa langkah mudah yang bisa kalian lakukan daripada membiarkan begitu saja handphone bekas yang kalian punya.

Berikut ini beberapa saran saya untuk kalian membuat handphone bekas kalian lebih bermanfaat.

Menjual Handphone Bekas

Jika handphone bekas kalian masih bisa bekerja dengan baik, kalian bisa menjualnya. Harganya memang pasti akan turun, tapi itu lebih baik daripada didiamkan dan rusak termakan waktu. Lebih baik jual dan dapat uang. 

Tukar Tambah Handphone

Selain dijual, handphone kalian juga bisa dipakai untuk mendapat handphone baru. Caranya dengan melakukan tukar tambah. Coba cari toko yang menerima tukar tambah handphone. Dengan cara ini kalian bisa mendapat handphone baru dengan harga yang lebih murah.

Manfaatkan jadi CCTV

Kalian bisa memanfaatkan handphone kalian yang sudah tidak terpakai, tapi masih berfungsi dengan baik untuk dijadikan CCTV. Cukup pasangkan dengan smartphone lain yang juga masih berfungsi dan saling terkoneksi, kalian bisa memantau keadaan di tempat kalian tanpa harus membeli CCTV yang asli.

Sumbangkan ke Drop Box Daur Ulang

Kalian juga bisa menyumbangkan handphone bekas kalian loh. Kalian bisa menyumbangkan handphone bekas kalian ke drop box Nokia Care Center terdekat. Mereka menerima semua jenis merek handphone untuk nantinya didaur ulang. Dengan cara ini kamu sudah ikut dalam program menjaga lingkungan.

Jual Handphone yang Rusak ke Tukang Service

Jika handphone kalian sudah dalam kondisi rusak, coba datang ke tukang service handphone. Biasanya tukang servis mau menerima handphone dalam kondisi rusak. Mereka akan memperbaikinya untuk dijual kembali. Kalau pun tidak bisa diperbaiki, mereka akan memanfaatkan komponen yang ada di dalam handphone bekas kalian.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memanfaatkan kembali handphone kalian yang tidak terpakai lagi. Intinya jangan buah sampah elektronik sembarangan karena akan merusak lingkungan. 

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian ya, Gaes. Jangan lupa untuk terus update info dan berita terbaru tentang semua yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang hadir setiap harinya di website techjak.com. 

Ada juga tips keren yang jadi pemecah setiap masalah yang kalian alami, khususnya di dunia teknologi. Ada pula review game dan produk perangkat elektronik yang bisa jadi referensi kalian sebelum membeli perangkat elektronik baru sesuai budget dan kebutuhan kalian.

Jangan pernah berhenti untuk berkreasi dan membuat perubahan untuk dunia yang lebih baik ya, Gaes. Manfaatkan semua barang dengan baik, dan mari jaga bumi kita dnegan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi sampah elektronik yang sangat sulit terurai oleh bumi.

Karena bumi yang kita tinggali, maka sebaiknya pula kita tidak merusak bumi untuk kebaikan sampai generasi masa depan nanti.

Semoga bisa memberikan wawasan dan pengetahuan untuk kalian. Dan sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.