Cara Mudah Flash HP Samsung untuk Semua Tipe, Bisa Lakukan di Rumah!

Akan lebih hemat jika kamu bisa memperbaikinya sendiri. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk masalah seperti bootloop, layar menghitam, banyak bug, adanya virus serta sering nge-hang adalah dengan melakukan flash pada ponselmu tersebut. Proses flash atau flashing adalah proses menginstall ulang semua sistem operasi Android pada ponselmu agar kembali seperti semula. Prosesnya berbeda setiap merk supaya bisa berhasil guys. Yuk simak cara melakukan flash pada HP Samsung berikut ini!

0

Kualitas yang diberikan oleh Samsung ini sangat memuaskan penggunanya dan membuat banyak orang ingin mengantonginya. Tentu saja HP Samsung terbaru dengan kualitas tingkat dewa sekalipun yang harganya juga terbilang sangat mahal tidak selamanya mempunyai peforma yang baik guys. Ada kalanya juga smartphone Samsung miliku tersebut harus dibawa ke tukang servis karena masalah yang dialaminya sudah tergolong berat. Sayangnya biaya yang harus kamu keluarkan untuk servis HP Samsung ini tidaklah murah guys.

Samsung adalah salah satu brand smartphone berkualitas yang dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Kualitas yang diberikan oleh Samsung ini sangat memuaskan penggunanya dan membuat banyak orang ingin mengantonginya. Tentu saja HP Samsung terbaru dengan kualitas tingkat dewa sekalipun yang harganya juga terbilang sangat mahal tidak selamanya mempunyai peforma yang baik guys. Ada kalanya juga smartphone Samsung miliku tersebut harus dibawa ke tukang servis karena masalah yang dialaminya sudah tergolong berat.

Sayangnya biaya yang harus kamu keluarkan untuk servis HP Samsung ini tidaklah murah guys. Akan lebih hemat jika kamu bisa memperbaikinya sendiri. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk masalah seperti bootloop, layar menghitam, banyak bug, adanya virus serta sering nge-hang adalah dengan melakukan flash pada ponselmu tersebut. Proses flash atau flashing adalah proses menginstall ulang semua sistem operasi Android pada ponselmu agar kembali seperti semula. Prosesnya berbeda setiap merk supaya bisa berhasil guys. Yuk simak cara melakukan flash pada HP Samsung berikut ini!

Cara flash HP Samsung menggunakan PC

Cara flash HP Samsung pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan bantuan PC. Cara ini lebih banyak digunakan dibandingkan tanpa menggunakan PC karena memberikan hasil yang lebih maksimal. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Backup semua data penting yang ada di ponselmu. Pastikan baterai ponselmu minimal 50% dan siapkan laptop dengan sistem operasi Windows dan kabel data. Unduh aplikasi Samsung USB Driver dan firmware yang sesuai degan tipe ponsel Samsung milikmu. Unduh dan pasang juga software Odin.
  2. Matikan ponselmu dan masuk ke Download Mode dengan menekan tombol Power+Home+Volume Down secara bersamaan. Hubungkan HP ke PC dan tekan Volume Up jika sudah terdeteksi. COMX di ID:COM akan muncul jika terdeteksi dan ada notifikasi Added!!
  3. Klik tombol PDA pada software Odin dan cari file firmware one pack dan klik open
  4. Klik tombol Start di bagian bawah
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses flashing selesai, biasanya 5 – 10 menit. Ponselmu akan melakukan restart secara otomatis jika sudah selesai. Tunggu tulisan PASS! muncul, baru cabut kabel data, selesai deh!

Cara melakukan flashing tanpa menggunakan PC

Flashing juga bisa kamu lakukan tanpa menggunakan PC guys. Jadi tak perlu khawatir jika kaumu tidak punya PC yaa. Kamu tidak butuh software Odin kali ini guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Lakukan persiapan seperti poin satu pada cara diatas.
  2. Pindahkan file firmware yang sudah kamu unduh pada memori eksternal. Kamu bisa meletakkannya di luar folder yaa. Biasanya file tersebut memiliki format .rar atau zip. Kamu tidak perlu melakukan ekstrak. Hubungkan memori eksternal dengan ponselmu
  3. Masuk ke Recovery Mode dengan cara menekan tombol Power+Home+Volume Down secara bersamaan. Bisa juga dengan menekan tombol Power+Volume Up+Volume Down. Tombol volume up dan down akan berfungsi untuk navigasi dan Power untuk memilih.
  4. Pilihlah opsi wipe data/factory reset supaya sistem ponselmu kembali seperti semua guys.
  5. Buka menu utama dan pilih opsi Install zip from SD card atau apply update from external storage.
  6. Cari firmware tadi dan klik Yes
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses flashing selesai dan tekan reboot system now. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya melakukan flashing pada ponsel Samsung yaa guys. Proses ini akan membuat peforma ponselmu meningkat. Jadi tak harus ke tempat servis dulu ya kalau ada masalah pada ponsel Samsungmu. Semoga berguna.

Leave A Reply

Your email address will not be published.