Cara Mudah Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Akibatnya kamu tidak bisa menyimpan video dengan jumlah yang banyak, namun harus terbatas sesuai dengan ukuran media penyimpanan yang tersedia. Rasanya tidak bebas sekali kan kalau harus dibatasi dengan ukuran ini. Nah solusinya adalah kamu bisa memperkecil ukuran video ini dengan melakukan kompres sebelum kamu simpan guys. Jadi ukuran videonya akan lebih kecil. Lalu bagaimana sih caranya mengompres ukuran video ini namun kualitasnya tidak menurun? Yuk simak ulasan berikut ini guys!

0

Mulai dari video untuk hiburan, edukasi dan sebagainya. Ukuran file video pada umumnya sangat besar. Ukuran yang terlalu besar ini membuat hardisk sebagai media penyimpanan yang digunakan akan cepat penuh. Apalagi jika kamu suka sekali mengoleksi film serta TV series. Video dengan ukuran yang terlalu besar tentu akan membuat hardisk cepat penuh. Akibatnya kamu tidak bisa menyimpan video dengan jumlah yang banyak, namun harus terbatas sesuai dengan ukuran media penyimpanan yang tersedia.

Video adalah salah satu bentuk media yang banyak digunakan untuk menyebarkan berbagai informasi saat ini. Ada banyak sekali platform yang berisikan video yang bisa kamu akses secara bebas. Mulai dari video untuk hiburan, edukasi dan sebagainya. Ukuran file video pada umumnya sangat besar. Ukuran yang terlalu besar ini membuat hardisk sebagai media penyimpanan yang digunakan akan cepat penuh.

Apalagi jika kamu suka sekali mengoleksi film serta TV series. Video dengan ukuran yang terlalu besar tentu akan membuat hardisk cepat penuh. Akibatnya kamu tidak bisa menyimpan video dengan jumlah yang banyak, namun harus terbatas sesuai dengan ukuran media penyimpanan yang tersedia.

Rasanya tidak bebas sekali kan kalau harus dibatasi dengan ukuran ini. Nah solusinya adalah kamu bisa memperkecil ukuran video ini dengan melakukan kompres sebelum kamu simpan guys. Jadi ukuran videonya akan lebih kecil. Lalu bagaimana sih caranya mengompres ukuran video ini namun kualitasnya tidak menurun? Yuk simak ulasan berikut ini guys!

Cara mengompres video di Android menggunakan aplikasi

Memperkecil ukuran video biasanya memang menurunkan kualitas dari video tersebut. Namun ada juga cara memperkecil ukuran video tanpa harus menurunkan kualitasnya guys. Sekarang ada banyak sekali aplikasi canggih yang memungkinkan kamu untuk melakukan hal ini. Kamu bisa memperkecil ukuran video dengan kualitas tidak menurun melalui Android. Salah satu aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya adalah Panda Video Compressor. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh aplikasi Panda Video Compressor melalui Google Play Store. Setelah itu, pasanglah aplikasi tersebut di Androidmu seperti biasanya
  2. Bukalah aplikasi Panda Video Compressor yang sudah terpasang di ponselmu dan pilihlah video yang akan kamu perkecil ukurannya
  3. Atur ukuran video sesuai dengan keinginanmu dan bukalah meu compres
  4. Sekarang pilihlah opsi Simpan yang terdapat pada bagian kanan bawah layar untuk menyimpan video hasil kompres tersebut
  5. Selesai deh! kamu berhasil memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya guys. Aplikasi ini akan memberitahu video sebelum dan sesudah kamu kompres.

Cara memperkecil ukuran video melalui laptop

Proses kompres video juga bisa kamu lakukan melalui laptop tanpa menggunakan software tambahan apapun guys. Ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya. Salah satu situs yang menyediakan layanan ini adalah VideoSmaller. Tentu saja cara ini lebih praktis dimana kamu tidak harus mengunduh dan juga memasang aplikasi tambahan apapun. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah situs VideoSmaller dengan mengunjungi situs https://videosmaller.com/ melalui browser pada laptop atau PC
  2. Upload video yang akan kamu perkecil dan atur kualitas hasil kompres yang kamu inginkan
  3. Sekarang tekan tombol upload video
  4. Simpan video hasil kompres dengan menekan tombol download file 
  5. Selesai deh! videomu berhasil diperkecil guys.

Salam teknologi!Nah begitulah caranya memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya. Kamu bisa melakukan kompres video ini melalui laptop, PC maupun ponsel. Tinggal pilih saja cara yang sesuai kebutuhan kamu guys. Kamu bisa juga menggunakan software HandBrake di laptop atau PC jika tidak bisa melakukannya secara online. Semoga berguna yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.