Cara Mudah Main Game PS3 di laptop atau PC secara Gratis

Nah saat ini kmau sudah bisa memainkan PS3 ini dari laptop atau PC menggunakan program emulator RPCS3. Emulator ini akan memungkinkan perangkat yang kamu gunakan bisa membaca dan memainkan game PS3. Yuk simak bagaimana cara memainkan PS3 melalui laptop dan PC berikut ini!

0

Apakah kamu salah satu orang yang masih setia dengan PlayStation 3? Sekarang kamu tetap bisa memainkan game yang ada di PlayStation 3 di laptop atau PC dengan menggunakan emulator. Ada banyak sekali game yang bisa kamu mainkan dengan menggunakan emulator ini. Jadi kamu pun tidak akan bosan dengan game yang itu – itu saja guys. Jika kamu ingin memainkan PS3 tanpa konsol, kamu perlu mencari alternatif yang terbaik jika tidak memiliki PS3 ini guys.

Era PlayStation kini memang sudah beranjak ke era PlayStation 5. Meskipun demikian konsol sebelumnya seperti PlayStation 3 juga masih banyak memiliki pemain yang setia loh. Apakah kamu salah satu orang yang masih setia dengan PlayStation 3? Sekarang kamu tetap bisa memainkan game yang ada di PlayStation 3 di laptop atau PC dengan menggunakan emulator.

Ada banyak sekali game yang bisa kamu mainkan dengan menggunakan emulator ini. Jadi kamu pun tidak akan bosan dengan game yang itu – itu saja guys. Jika kamu ingin memainkan PS3 tanpa konsol, kamu perlu mencari alternatif yang terbaik jika tidak memiliki PS3 ini guys.

Nah saat ini kmau sudah bisa memainkan PS3 ini dari laptop atau PC menggunakan program emulator RPCS3. Emulator ini akan memungkinkan perangkat yang kamu gunakan bisa membaca dan memainkan game PS3. Yuk simak bagaimana cara memainkan PS3 melalui laptop dan PC berikut ini!

Cara bermain PS3 di laptop atau PC menggunakan emulator RCPS3

Salah satu emulator yang khusus dibuat untuk memainkan game PS3 adalah RPCS3. Emulator yang satu ini sudah dirilis sejak tahun 2012 lalu guys dan masih selalu dikembangkan sampai sekarang. Kamu bisa mengunduh dan menggunakannya secara gratis guys. Sama halnya dengan emulator yang digunakan untuk PS2, PSP maupun PS1. Sebelum menggunakannya, perlu dilakukan beberapa penyesuaian terlebih dahulu. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan install aplikasi RPCS3 pada laptop atau PC yang akan kamu gunakan untuk bermain game PS3. 
  2. Kamu juga membutuhkan firmware supaya bisa menjalankan game PS3 sesuai dengan perkembangan yang terbaru. Kamu bisa mengunduhnya melalui alamat website https://www.playstation.com/en-us/support/system-updates/ps3
  3. Klik tombol Agree and Download yang terdapat di laman utama situs tersebut untuk memulai proses pengunduhan firmware tersebut
  4. Lakukan ekstrak pada program PRPCS3 jika semua file sudah dikumpulkan. Klik kanan pada bagian file excel dan pilihlah opsi run as administrator.
  5. Install firmware yang sudah kamu unduh tadi dengan cara memilih menu File  dan menekan opsi Install Firmware jika program sudah berhasil dijalankan
  6. Carilah file firmware yang sudah diunduh tadi dan tekan opsi Open. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

Sekarang kamu sudah selesai melakukan settings pada emulator PS3 yang kmau unduh guys. Nah sekarang kamu perlu memastikan bahwa kamu sudah mengunduh file yang ingin kamu mainkan. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama. Game PS3 berbeda dari konsol lain dimana formatnya adalah .pkg karena file tersebut dimigrasi langsung dari konsolnya. Namun cara menginstallnya sama saja kok. Berikut adalah cara menginstallnya:

  1. Buka RPCS3 dan pilih File, lalu pilih opsi Install .pkg
  2. Bukalah file game tersebut yang sudah diunduh
  3. Game akan terlihat di menu utama emulator jika sudah diinstall
  4. Klik dua kali pada game tersebut jika ingin memainkannya

Salam teknologi! Nah begitulah caranya memainkan game yang ada di PS3 melalui laptop atau PC yaa guys. Caranya tidak terlalu sulit yaa untuk dilakukan. Beberapa game clasic masterpiece yang dimiliki oleh PS3 adalah The Last of Us, Demon Souls, dan juga ada Red Dead Redemption yang sangat menarik untuk dimainkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.