Cara Mudah Masuk ke Mode Safe Windows 10, Cegah Kerusakan!

Safe Mode Windows sendiri adalah fitur yang disediakan Windows untuk melakukan Troubleshooting secara aman. Kamu bisa memeriksa eror di perangkatmu. Yuk simak cara masuk ke safe mode Windows berikut ini!

0

Hal tersebut mengindikasikan adanya kesalahan pada sistem operasi Windows yang kamu gunakan guys. Hal tersebut bisa membuat laptop atau PC milikmu tersebut mengalami kerusakan permanen jika dibiarkan begitu saja. Namun kamu juga tidak perlu buru – buru langsung pengen ganti RAM atau processor yaa. Masalah laptop lemot atau sering crash karena kesalahan pada Windows bisa kamu atasi dengan cara masuk ke mode safe Windows tersebut guys.

Apakah kamu pernah merasa laptop atau PC yang kamu gunakan menjadi lemot atau sering crash padahal spesifikasinya masih memadai? Hal tersebut mengindikasikan adanya kesalahan pada sistem operasi Windows yang kamu gunakan guys. Hal tersebut bisa membuat laptop atau PC milikmu tersebut mengalami kerusakan permanen jika dibiarkan begitu saja. Namun kamu juga tidak perlu buru – buru langsung pengen ganti RAM atau processor yaa.

Masalah laptop lemot atau sering crash karena kesalahan pada Windows bisa kamu atasi dengan cara masuk ke mode safe Windows tersebut guys. Safe Mode Windows sendiri adalah fitur yang disediakan Windows untuk melakukan Troubleshooting secara aman. Kamu bisa memeriksa eror di perangkatmu. Yuk simak cara masuk ke safe mode Windows berikut ini!

Cara masuk ke safe mode Windows 10 dengan msconfig

Cara pertama masuk ke safe mode Windows 10 adalah melalui Windows Configuration yang disebut juga dengan msconfig. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Ketikkan “msconfig” pada kolom search yang ada di Taskbar untuk masuk ke dalam pengaturan System Configuration
  2. Pilihlah tab Boot dan berikan centang pada pilihan safe mode. Pilihlah salah satu pilihan antara Minimal, Alternate Shell, Active Directory Repair dan Network.
  3. Tekan tombol apply. Kolom baru akan muncul untuk menanyakan apakah kamu ingin melakukan restart pada sistem atau tidak. Pilihlah opsi restart
  4. Selesai deh! Kamu udah dalam safe mode guys. Cara keluarnya juga mudah. Ikuti cara yang sama lalu hilangkan tanda ceklis tadi, lalu restart kembali.

Cara masuk ke safe mode menggunakan tombol F8

Cara kedua untuk masuk ke safe mode yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan tombol F8. Cara ini sebenarnya gampang – gampang sulit guys. Soalnya ada beberapa trik yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Klik Start pada perangkatmu, lalu ketikkan Command Prompt pada taskbar. Klik pada opsi aplikasi yang muncul
  2. Ketikkan bcdedit/set{default}bootmenupolicy legacy pada Command Prompt tersebut, lalu tekan tombol enter
  3. Lakukan restart pada perangkatmu trsebut
  4. Ketika layar laptop masih hitam atau proses booting sedang berjalan, maka tekan tombol F beberapa kali di keyboard laptop sampai muncul menu opti Booting
  5. Pilihlah ops Safe Mode dari beberapa pilihan yang muncul tersebut

Cara masuk ke safe mode melalui Advanced Startup

Cara ketigas masuk ke safe mode adalah melalui Advanced Startup. Caranya tidak ribet namun sedikit panjang guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Klik tombol start, lalu ketikkan Settings. Pilihlah opsi Update and Security pada laman pengaturan
  2. Klik opsi Restart Now di bagian Advanced Startup
  3. Kamu akan masuk ke Recovery Mode. Pilihlah opsi Troubleshoot dan pilih Advanced Option  dan pilih Startup Settings.
  4. Lakukan restart, dan pilih opsi safe mode dengan menekan F4 pada keyboard.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya masuk ke safe mode di Windows 10 yaa guys. Mode ini akan mencegah kerusakan yang lebih parah terhadap perangkatmu. Safe mode sangat berguna untuk membantu software antivirus untuk memindai dan membasmi berbagai virus yang masuk. Yuk hindari kerusakan permanen guys.

READ  Cara Mudah Mengganti Background pada Google Meet, Meeting Lebih Seru!

Leave A Reply

Your email address will not be published.